SITE STATUS
Jumlah Member :
499.996 member
user online :
498 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


Janin
Pagi. Dok, saya mau, tanya, apakah, pil kesehatan, kulit, mengganggu, pertumbuhan, janin? Mksh
06 Aug 2018, 9:46
Dari : Yati Yati

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Rawat Kulit Bunda Selama Hamil " :Meskipun tengah hamil, Bunda pasti ingin tetap terlihat cantik dan terawat. Karenanya, wajar bila Bunda tetap memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, berhati-hatilah dalam memilih kosmetik dan produk perawatan kulit. Pasalnya, beberapa jenis kosmetik mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi perkembangan janin.

Bagaimana cara perawatan kulit yang aman bagi ibu hamil? Berikut tipsnya:
1.Banyak konsumsi air putih agar kelembaban kulit tetap terjaga. Minumlah air putih 6-8 gelas sehari.

2.Bunda bisa melakukan spa khusus ibu hamil. Saat ini banyak tempat spa yang khusus ibu hamil dan pasca melahirkan.

3.Gunakan body butter atau minyak zaitun untuk mengurangi stretch mark. Pilih yang free Parabens.

4.Perbanyak juga konsumsi buah-buahan dan sayuran. Terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, karena dapat meningkatkan produksi kolagen.

5.Bunda dapat membuat masker wajah sendiri. Gunakan buah-buahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya buah irisan lemon untuk kulit wajah yang cenderung berminyak.

6.Kebersihan tubuh juga perlu dijaga. Mandilah 2-3 kali sehari karena tubuh ibu hamil lebih mudah berkeringat dan berminyak. Pastikan juga untuk rajin mengganti baju.

7.Bunda dapat menjaga pH kulit selama hamil. Gunakan pelembab ekstra dengan pH seimbang. Hal ini dapat menjaga kecerahan kulit semasa kehamilan.

8.Kulit kering dan gatal umum terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, gunakan pelembab saat mencuci wajah. Hindari produk anti gatal yang mengandung kartison atau hidrokartison.

Hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan seperti:1.Mercury
Produk kecantikan yang mengandung mercury biasanya lebih cepat bekerja. Dalam waktu yang singkat kulit Bunda akan terlihat lebih putih cerah. Namun, zat ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Bagi janin yang dikandung, zat ini dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan pada pencernaan, dan ginjal.

2.Ftalatat (Phthalases)
Zat ini biasanya ada pada produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma wangi yang cukup kencang. Contohnya body lotion, parfum, deodoran, cat kuku. Sebaiknya gunakan produk alami tanpa aroma pewangi.

3.Retonoid
Zat ini merupakan turunan dari vitamin A yang berfungsi mempercepat regenerasi sel. Penggunaan dalam dosis tinggi dapat menyebabkan cacat pada janin.

4.Accutane
Hindari obat jerawat yang mengandung accutane. Pemakaian produk yang mengandung zat ini dapat menyebabkan keguguran.

5.Parabens
Hindari menggunakan produk kecantikan yang mengandung pengawet parabens. Meskipun masih dalam perdebatan kebenarannya bahwa senyawa ini dapat menyebabkan gangguan pada alat reproduksi janin laki-laki.

Catatan:
-Perhatikan label kandungan produk kecantikan sebelum memakainya. Pastikan produk tersebut tidak mengandung zat-zat yang berbahaya bagi janin yang Bunda kandung. Konsultasikan pula pada dokter mengenai produk perawatan kecantikan yang aman untuk digunakan.



Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Feranda" dengan judul pertanyaan "Mo tanya,,klo Natur-E" pada Tanya Apoteker:Mo tanya,,klo Natur-E aman ga buat ibu yg sedang menyusui. Soalnya 3 bln sesudah melahirkan ini kulitku agak kering gitu. Udah pake Body lotion masih sama. Aku biasa konsumsi Natur-E sebelumnya. Mohon infonya ya??? Makasih,,,,,

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Feranda,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Natur-E mengandung vitamin E aktif dan alami, dari ekstrak biji bunga matahari. Dalam satu butir Natur E mengandung, 100 IU d-alfa-tokoferol (vitamin E).Penggunaan Natur E aman ibu hamil dan menyusui.Nutrisi yang Bunda konsumsi saat menyusui akan didapatkan oleh si bayi, Makanan pertama yang bayi dapatkan dari ASI adalah Kolostrum yang sangat kaya akan vitamin E. Seiring dengan pertumbuhan bayi, dia akan membutuhkan dosis yang cukup melalui ASI. Selain untuk kulit dan rambut, masih banyak manfaat dari vitamin E.

Manfaat vitamin E untuk ibu menyusui adalah :
1.Membantu mencegah anemia
Vitamin E adalah nitrisi penting yang dapat mencegah bayi dalam terkena anemia setelah kelahiran. Anemia adalah penurunan sel darah merah yang membawa oksigen ke tubuh bayi. Perkembangan dari anemia dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan organ. Jikan tubuh bunda kekutrangan vitamin E, akan menyulitkan bayi untuk mendapatkan vitamin e yang dibutuhkan untuk mencegah anemia.

2.Melidungi Mata dan Paru - paru
Vitamin E merupakan anti oksidan, dan pada jumlah yang cukup dapat membantu untuk melindungi retina dan paru-paru bayi. Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan sulitnya oksigen mencapai retina dan paru-paru.

3.Membantu perkembangan otot
Vitamn E dapat mermbantu menjaga kesehatan otot bayi, sistem kardiovaskular dan syaraf. Vitamin E sangat penting untuk metabolisme yang baik dan jika kekurangan maka akan menyebabkan degenerasi atau kelemahan pada otot.

Note : mohon perhatikan body lotion yang bunda pakai. Hindari yang mengandung bleaching/pemutih.
Demikian jawaban saya, semoga membantu.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Forum
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :