SITE STATUS
Jumlah Member :
495.983 member
user online :
3511 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Positif negatif


Positif negatif
Dok saya mau tanya, haid trakhir 22 maret, tespek pertama kali positif kedua negatif ketiga positif lagi, dan sampai skrg selalu begitu kalo di tespek, itu knp ya dok?sudah cek ke bidan hanya dikasih asam folat, dan usg blm terlihat dan dsuruh balik sebulan lagi, saya hamil tidak ya dok? Tidak pernah telat haid saya selama ini, Terima kasih
11 Jul 2018, 17:10
Dari : shinta.i.permatasari.7

Jawaban

Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " USG di Awal Kehamilan " : Saat mengetahui Bunda hamil pasti Bunda tak sabar ingin melihatnya melalui Ultra Sonografi (USG). Tapi apakah USG sudah perlu di awal kehamilan? Berikut informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai USG di awal kehamilan:

1.USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan resiko keguguran sejak dini. Sehingga bila kandungan terjadi masalah dapat dicarikan solusi secepatnya.

2.Melalui USG dokter akan melihat ukuran berat dan besar janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin dan tanggal kelahiran bayi (Due Date).

3.Usia kehamilan 6-7 minggu, Bunda sudah bisa melihat detak jantungnya. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala baru akan terlihat pada usia kehamilan 12 minggu.

4.Resiko janin down syndrome dapat diketahui pada usia kehamilan 12-14 minggu dengan mengetahui tulang hidung dan ketebalan tengkuk janin.

5.Melalui USG dokter juga bisa mengetahui apakah kehamilan Bunda termasuk kehamilan normal atau kehamilan kosong (Blighted Ovum). Jika terbukti kehamilan kosong mungkin Bunda memerlukan pemeriksaan tambahan dan tindakan untuk mengakhiri kehamilan kosong.

6.Meski tidak berbahaya, tetapi apabila janin Bunda tidak bermasalah, Bunda tidak perlu sering-sering melakukan USG.

7.Bila tidak ada kelainan janin, Bunda cukup melakukan USG 2 Dimensi. Pemeriksaan USG 4 Dimensi bisa saja dilakukan, namun biayanya lebih besar dan USG ini sebenarnya diperuntukkan untuk pemeriksaan yang lebih khusus.

Nah, Bunda! Bila Bunda melakukan USG di bawah usia 6 minggu Bunda jangan kaget bila belum terlihat apa-apa. Tanyakan selalu bagaimana kondisi janin Bunda setiap kali berkunjung ke dokter.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Angel " dengan judul pertanyaan " Testpack positif tapi samar lalu berubah jadi negatif " pada Tanya Bidan:selamat pagi bu bidan
saya sudah menikah 6 bulan
ada beberapa pertanyaan yang mau saya tanyakan
HPHT saya 29 Januari 2016
menurut kalender perhitungan masa subur,masa ovulasi saya sekitar tgl 18/19 februari dan saya rutin berhubungan
sekitar tanggal 22 PD mulai kencang,bengkak,dan sakit,
sekitar tanggal 26 feb saya TP hasilnya 2 garis,1 garis samar sekali
tanggal 28 Feb saya TP lgi hasilnya masih sama
untuk memastikan tadi pagi saya TP lagi namun hasilnya hanya 1 garis
mens saya belum telat,mengingat waktunya 35 hari,sesuai perhitungan seharusnya baru akan mens di tanggal 3/4 maret besok
mohon pencerahannya bu,kira-kira saya hamil tidak ya?
kenapa hasil TP sangat membingungkan ya?

Bidan menjawab
Dear bunda Angel,
Tespack (TP) adalah alat untuk mendeteksi kehamilan dengan mendeteksi hormon b-HCH di air seni. Hormon akan semakin meningkat seiring dengan semakin besarnya usia kehamilan. Penggunaan TP yang tidak sesuai prosedur dapat menurunkan keakuratannya. Untuk mendapatkan hasil TP yang akurat, gunakan urine pertama pagi hari, lalu hasil TP dibaca segera dalam waktu 30 detik sampai 60 detik. Hasil TP 2 garis samar setelah berulang-ulang pemeriksaan, sebaiknya harus diperiksakan langsung ke dokter. Jadi untuk memastikan keadaan bunda, sebaiknya periksakan langsung dengan dokter kandungan, tindakan USG diperlukan untuk memastikan adanya kehamilan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Lee Da Yoo " dengan judul pertanyaan " Testpack positif tapi USG kosong " pada Tanya Dokter:Dear Dokter Tanti, beberapa hari yang lalu saya melakukan testpack 4x di hari yang berbeda dan merk berbeda , semuanya memberikan hasil positif. Namun setelah saya bawa usg ke obgyn , kantung janin pun belum terbentuk. apakah saya hamil atau tidak? apa penyebab hasil yang berbeda tersebut? Reagrds, dayu

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk memakai urine HCG test pack di sarankan pada waktu pagi hari (kadar urine terkonsentrasi) ,2 minggu setelah hubungan intim atau setelah tidak datang menstruasi dengan harapan apabila terjadi pembuahan pada saat itu, kadar HCG telah dapat di deteksi dengan urine test pack. Meskipun tergolong akurat, test pack urine HCG dapat memberikan hasil positif palsu apabila penggunaannya tidak sesuai dengan petunjuk pemakaian atau Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Pemeriksaan test kehamilan yang terlalu dini juga dapat menghasilkan kesimpulan positif palsu atau negatif palsu meskipun hal ini jarang terjadi.
USG juga dapat dipakai untuk mendeteksi kehamilan. Kedua metode ini termasuk akurat dalam menentukan kehamilan, namun dengan menggunakan urine test akan mempermudah test awal yang dapat anda lakukan sendiri.
Bila ada keraguan, pada umumnya dokter akan menyarankan pemeriksaan ulangan, baik test kehamilan dengan urin ataupun USG di kemudian hari.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :