SITE STATUS
Jumlah Member :
506.355 member
user online :
309 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


Dokter
Dokter, saya mau tanya. istri saya hamil 3 bulan. akhir-akhir ini telapak tangan saya sering berkeringat. tapi tidak banyak. hanya sekedar sering berkeringat. kenapa ya, Dok?
18 Jun 2018, 0:18
Dari : Sy Azhary

Jawaban
Hi Bunda,

Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari berita yang berjudul " Keringat Berlebih Saat Hamil, Wajarkah? " :Ternyata, rasa panas dan keringat berlebih merupakan suatu hal yang wajar dan biasa terjadi pada ibu hamil. Berkeringat merupakan reaksi tubuh yang berupaya untuk mendinginkan tubuh dengan memberikan hidrasi pada kulit agar terasa dingin.

Lalu, apa saja penyebab keringat berlebih pada ibu hamil? Berikut penjelasannya.

- Terjadi peningkatan aliran darah ke dalam kulit sehingga ibu hamil merasa lebih hangat sehingga kelenjar keringat akan terangsang untuk mendinginkan tubuh.
- Meningkatnya hormon progesteron. Hormon ini sendiri memiliki sifat thermogenik, sehingga bisa menyebabkan terjadinya hawa yang panas. Ketika hormon ini meningkat, maka pembuluh darah pada kulit Bunda akan terbuka lebar sehingga membuat Bunda kepanasan dan mengeluarkan keringat berlebih.
- Usia kehamilan yang semakin besar, bukan hanya berat badan yang meningkat, tetapi lemak juga meningkat sehingga membuat Bunda merasa lebih panas. Meskipun Bunda menggunakan AC, tubuh Bunda tetap akan merasa kepanasan.
Setiap ibu hamil memiliki keluhan berbeda-beda, sebagian besar ibu hamil merasakan keluhan ini pada akhir trimester kedua dan sepanjang trimester ketiga. Jika terjadi sejak awal kehamilan kemungkinan besar disebabkan oleh berbagai perubahan pada kehamilan. Meski berkeringat saat hamil merupakan hal yang wajar, penting untuk diperhatikan apabila keluhan tersebut disertai gejala lain seperti saat berkeringat frekuensi denyut jantung Bunda mengalami peningkatan hingga lebih dari 90–100 kali per menit. Atau berkeringat disertai dengan berkemih yang berlebihan, yaitu jika Bunda berkemih pada malam hari lebih dari tiga sampai empat kali. Hal ini bisa saja terjadi pada gestational diabetes (diabetes kehamilan) yaitu terjadinya peningkatan kadar gula darah karena kehamilan. Kadar gula yang rendah dalam sel juga menimbulkan rasa lelah yang berlebihan dan disertai dengan keringat yang berlebih. Ibu hamil sebaiknya perbanyak minum air putih untuk mengurangi dehidrasi, dan gunakan pakaian yang longgar dan nyaman serta bisa menyerap keringat. Salah satu bahan pakaian yang bisa Anda gunakan adalah yang terbuat dari katun.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Lien Jolien " dengan judul pertanyaan " perut Terasa Panas dan Berkeringat Saat Hamil 5 minggu" pada Tanya Bidan:"ibu bidan saya mau tanya.. Usia kandungan saya baru 5 minggu.. Kenapa perut saya terasa panas sekali dan mengeluarkan banyak keringat, sehingga setiap malam saya tidak bisa tidur. Apakah ini gejala yang normal untuk kehamilan saya.. Mohon penjelasannya.. Terimakasih.."

Bidan menjawab
Dear bunda Lien Jolien,
Selamat atas kehamilannya, untuk keluhan yang bunda rasakan yaitu perut terasa panas dan mengeluarkan keringat yg banyak adalah keluhan yg banyak dirasakan oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Hal ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon. Bila kehamilan memasuki trimester 2 biasanya akan terasa lebih nyaman, karena tubuh sudah melakukan penyesuaian terhadap perubahan yg terjadi.Hal ini merupakan pertanda bahwa tubuh menunjang pertumbuhan & perkembangan janin, jika bunda cukup istirahat dan melakukan apa saja yg membuat bunda merasa nyaman, maka bunda dan janin akan baik - baik saja sampai akhir masa kehamilan.
Demikian penjelasan dari saya, semoga membantu.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :