SITE STATUS
Jumlah Member :
497.461 member
user online :
1096 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - sendiri


sendiri
amankah bayi di.ayun.listrik
12 May 2018, 16:08
Dari : Yaumil

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Tips Menghadapi si kecil yang Rewel " :Menghadapi perilaku bayi memang menyenangkan tetapi terkadang juga membuat lelah, terutama bila bayi rewel dan menangis sepanjang waktu. Sebenarnya wajar saja bila bayi menangis, karena menangis adalah satu-satunya cara ia untuk berkomunikasi. Tugas Bunda adalah mencari tahu mengapa bayi Bunda rewel, supaya ia bisa tenang kembali. Tetapi sepertinya Bunda sudah melakukan segala cara untuk menenangkannya namun ia masih saja menangis. Bila begitu Bunda pun bisa ikut menangis dan stress. Tenang, Bun! Tidak hanya Bunda yang mengalaminya. Hampir semua Bunda apalagi Bunda baru akan mengalami hal ini. Yuk, intip tipsnya bagaimana menghadapi si kecil di saat ia rewel.

Perlu Bunda ketahui bahwa bayi menangis pasti ada sebabnya, misalnya saja diapersnya terlalu basah, lapar, mengantuk, bosan, dll. Jadi bila Bunda melihat si kecil menangis terus menerus, cobalah untuk memeriksa tubuhnya kira-kira apa yang membuatnya menangis. Bila ia masih saja rewel, berikut beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menenangkannya.
1.Bedong
Jangan berpikir bedong adalah membungkus bayi dengan kuat sampai ia tidak bisa bergerak. Tujuan membedong bayi yaitu untuk membuatnya hangat, merasa terlindungi dan nyaman seperti saat ia berada di rahim Bunda. Pastikan saat dibedong tangan dan kaki bayi masih dapat bergerak.

2.Menggendong telungkup
Bila biasanya Bunda menggendong bayi dengan kepala menghadap ke atas, cobalah dengan cara sebaliknya. Gendonglah bayi dengan cara menelungkupkannya. Biarkan ia melihat ke arah bawah. Saat tangan Bunda menyanggah perutnya, tekanan lengan Bunda dapat membantu melepaskan gas di perut yang bisa membuatnya tidak nyaman.

3.Bunyian lembut
Putar bunyi-bunyian lembut untuk membantu menenangkannya. Musik atau lagu lembut dapat membuatnya tidur lebih nyenyak dan lama. Bunyi-bunyian lembut ini bahkan bisa tetap membuatnya terlelap meski lingkungan sekitarnya sedikit berisik.

4.Diayun-ayun
Bayi senang sekali diayun-ayun. Ia akan cepat tidur pulas saat diayun. Bila tidak memiliki ayunan di rumah, Bunda bisa menggendong dan mengayun-ayunnya atau letakkan bayi di car seat dan bawalah bayi keliling perumahan sebentar dengan mobil. Tetapi bila Bunda mengantuk sebaiknya cukup ditimang-timang saja.

5.Pijat
Pijat adalah cara yang paling menyenangkan dan tepat membuat si kecil nyaman. Memijat bayi menumbuhkan bonding antara bayi dan Bunda. Perhatikan bagaimana nyamannya si kecil saat Bunda pijat. Lihat wajahnya yang senang, gerakannya yang riang, menandakan bahwa ia begitu menikmati pijatan Bunda.

6.Sendawakan
Beberapa bayi yang rewel karena tidak bisa bersendawa setelah minum susu. Sendawakanlah terlebih dahulu sebelum membawanya tidur.

7.Ke dokter
Bila si kecil masih terus rewel bahkan menangis seharian, sebaiknya Bunda temui dokter anaknya. Periksakan apakah si kecil merasakan tidak nyaman dari hal lain.

Nah, Bun! Itulah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan. Jangan stress lagi ya, Bunda. Bila ragu Bunda jangan segan untuk menghubungi dokter anaknya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Shinta Tri " dengan judul pertanyaan " Bayi tiudr menggunakan ayunan listrik " pada Tanya Dokter: Dok, emang benar ya kalau anak yang di pakekan ayunan listrik katanya, otaknya ngak bisa tidur dengan tenang,? Krn ayunan nya goyang terus ? Trus bisa menimbulkan penyakit saraf dan anak cacat?

dr. Tanti menjawab
Dear bunda Shinta Tri,
Bayi memang memiliki waktu tidur lebih lama terutama pada bayi baru lahir sampai 3 bulan dapat tidur 14-17 per hari. Oleh sebab itu dimanapun baik itu diayun, kasur, stroller, sebenarnya bayi dapat tetap tertidur terlebih bila ia merasakan tempat yang nyaman. Tertidur ditempat ayunan seperti kain, aman asalkan bayi tetap merasa nyaman, namun yang terpenting ayunan tidak terlampau kencang karena berisiko terjadinya gangguan otak pada bayi. Selain itu pastikan ayunan tersebut aman sehingga bayi terhidari dari terjatuh. Sampai saat ini belum ada penelitian mengenai dampak pada otak bayi dari penggunaan ayunan listrik, namun memang sebaiknya hindari bayi kontak dengan gelombang listrik ataupun radiasi. Dikarenakan sebagian waktu bayi lebih banyak tertidur, sebenarnya tanpa ayunan pun seperti di kasur biasa, bayi tetap dapat tertidur, yang terpenting ia dalam keadaan sehat, tidak lapar, dan nyaman. Tidur yang cukup sangat penting bagi perkembangan otak serta kekebalan tubuh si buah hati.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita