SITE STATUS
Jumlah Member :
470.188 member
user online :
1960 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenali Fakta Bayi Baru Lahir

   

Kenali Fakta Bayi Baru Lahir

Posted:2016-04-13 15:18:22


Menjadi Bunda baru selain merasakan kebahagiaan terkadang juga menimbulkan kebingungan. Tak sedikit Bunda baru yang merasa stress dengan bayinya. Belum lagi saran keluarga atau teman yang seringkali membuat Bunda cemas. Ketahui 10 fakta bayi baru lahir, seperti: 
1. Tidur pulas dan lama. Jangan kuatir bila si kecil lebih banyak tidur daripada terbangun. Bayi baru lahir tidur 18-22 jam sehari. Pola tidurnya pun tidak beraturan. Tidur sepanjang siang dan bangun di malam hari saat Bunda perlu istirahat.
2. Lapar terus. Bayi baru lahir akan minta menyusu 2-3 jam sekali. Lambungnya yang kecil mampu menampung Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula sebanyak 100ml. Bila bayi sudah kenyang biasanya ia akan melepaskan puting dan memalingkan wajahnya.
3. Berat badan turun. Jangan panik saat berat si kecil turun. Hal itu normal. Berat badan bayi akan turun 5-10% dari berat lahir. Tetapi tidak boleh lebih dari itu. Konsultasi pada dokter bila berat bayi turun terlalu banyak. Bisa jadi cara menyusui yang tidak tepat sehingga ia kurang mendapat nutrisi.
4. Tantrum. Bayi seringkali menangis dan membuat Bunda stress. Sudah disusui ia masih saja menangis. Tenang, Bun! Tarik napas dan buang napas pelan. Bayi menangis bukan hanya karena lapar. Bisa saja ia bosan. Bunda bisa mengajaknya jalan-jalan ke luar dengan stroller.
5. Berhenti napas beberapa detik. Bunda baru serigkali kaget melihat bayinya berhenti bernapas beberapa detik. Memang bayi baru lahir mengambil jeda napas sampai beberapa detik. Kondisi ini disebut Periodic Breathing atau napas periodik. Selama bibir bayi tidak biru dan kejang, berhentinya napas beberapa detik ini normal. Kebiasaan ini akan hilang saat bayi berusia 2 bulan.
6. Sering kaget. Bayi memiliki beberapa refleks. Salah satunya refleks moro atau refleks terkejut. Jangan heran bila tiba-tiba bayi terkejut padahal tidak suasana sedang sunyi senyap. Refleks ini bagus untuk kemampuannya beradaptasi dengan lingkunga.

Masih ada beberapa fakta lain mengenai bayi baru lahir. Minggu depan situs kesayangan Bunda ini akan membahasnya lebih lanjut. Jadi, jangan kuatir lagi ya, Bun!

Artikel Terkait :
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman