SITE STATUS
Jumlah Member :
500.929 member
user online :
616 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - anak yg ga mau minum susu botol


anak yg ga mau minum susu botol
dok saya mau tanya anak saya sejak usia 4 bln mulai susah minum susu botol dan sekarang sudah mau menginjak usia 6 bln dia malah sama sekali ga minum susu botol setiap saya kasih susu botol mlah dilepehin sama dia dia hanya mau minum asi sementara asi saya kurang saya sudah ganti dengan dot yg berbeda dan merk susu yg berbedapun hasil nya tetap nihil. terima kasih
18 Apr 2018, 11:05
Dari : Adi2

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.



Kutipan dari artikel yang berjudul " Memilih Susu Formula yang Tepat " :Beberapa Bunda merasa putus asa karena tak mampu memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada anaknya. Dengan terpaksa Bunda memberikannya susu formula. Bunda harus memilih susu formula yang tepat untuknya. Berikut cara memilihnya :

1.Konsultasikan pada dokter mengapa si kecil perlu susu formula. Dengan mengetahui alasannya Bunda bisa memilih kandungan susu formula yang paling tepat.

2.Jangan tergoda iklan. Belum tentu susu formula yang mahal cocok untuknya. Cocok tidaknya susu formula tergantung dari kandungannya. Pilih kandungan yang paling mirip dengan ASI.

3.Sesuaikan susu formula dengan usianya. Jangan memberikan susu sapi segar pada bayi di bawah 1 tahun. Kandungan natrium, protein dan elektrolit susu sapi masih tinggi yang dapat merusak ginjal bayi di bawah 1 tahun.

4.Beli susu formula pada kemasan paling kecil terlebih dahulu. Perhatikan apakah bayi cocok dengan susu formula tersebut. Bila si kecil diare, sembelit atau muntah bisa jadi ia alergi susu sapi.

Tips :
-Bila si kecil alergi susu sapi, konsultasikan pada dokter. Biasanya dokter akan meresepkan susu formula dengan protein yang terhidrolisis sehingga lebih mudah dicerna bayi.

-Jangan paksakan bayi harus minum satu botol susu formula. Bila ia hanya minum sedikit mungkin ia tidak suka atau sudah kenyang.

-Kenali takarannya sekali minum. Jangan memberikan susu formula yang sudah dilarutkan lebih dari 2 jam


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " DianPutriAr " dengan judul pertanyaan " Anak Tidak mau ngedot " pada Tanya Bidan:Dok, saya mau tanya, saya dengan suami saya sangat binggung, tidak ada apa2, anak saya tidak mau minum susu dari dot, tapi makan, minum dari gelas, atau sedotan mau dok, udah periksa dikasih amoxilin dan obat bubuk kurang tau namanya, tapi tetap aja gak mau, rasa susu juga sudah Dok, saya mau tanya, saya dengan suami saya sangat binggung, tidak ada apa2, anak saya tidak mau minum susu dari dot, tapi makan, minum dari gelas, atau sedotan mau dok, udah periksa dikasih amoxilin dan obat bubuk kurang tau namanya, tapi tetap aja gak mau, rasa susu juga sudah saya ganti, tapi tetap tidak mau. ganti, tapi tetap tidak mau.

Bidan menjawab
Dear bunda DianPutri,
Apakah saat ini ananda dalam keadaan kurang sehat ?? Bunda serta ayah tidak perlu merasa bingung bila ananda tidak mau menyusu menggunakan dot, apabila memang anada dapat minum melalui gelas ataupun menggunakan sedotan. Yang perlu dikhawatir adalah apabila ananda sama sekali tidak mau makan dan minum atau tidak ada sama sekali asupan makanan dan minuman yang dapat masuk. Cari penyebab ananda tidak mau menggunakan dot, cobalah ganti dot dengan dot yang lebih nyaman, pilih yang kualitasnya bagus dan perhatikan kebersihannya. Pemilihan susu formula haruslah tepat dan disukai ananda, walaupun ananda tetap susah untuk diberikan susu formula, namun bunda harus tetap berusaha, secara perlahan mungkin ananda akan mau minum susu dengan dot.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " sajid " dengan judul pertanyaan " Bayi 4 bulan dan susu formula " pada Tanya Dokter:Dokter saya mau tanya : Saya punya bayi usia 4 bulan susah untuk menyusu di botol,asi saya tidak keluar lagi jd nya saya kasih susu formula tp knp bayi saya tidak mau mengisap dot susu tapi klau saya kasih air putih dot nya langsung di isap.bagai mana cara nya agar bayi saya mau isap botol susu ? vitamin apa yg bisa membantu saya agar bayi saya mau mengisap botol susu dan badan nya menjadi keras dan sekel. tolong di balas secepat nya ya dokter dan saya ucapkan terima kasih banyak.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Bayi berumur 0-6 bulan hanya diperbolehkan untuk meminum Air Susu Ibu (ASI), apabila karena suatu hal terpaksa untuk meminum susu formula, maka dapat diberikan susu formula berdasarkan usia bayi tersebut. Mintalah rekomendasi jenis susu formula yang tepat pada dokter Spesialis Anak . Apabila anak Anda tidak mau menyusu menggunakan dot dan botol, dapat menggunakan sendok, suapi anak Anda secara perlahan , berhati-hatilah agar tidak tersedak. Jangan memberikan air putih sebelum bayi berusia 6 bulan. Vitamin sebaiknya diberikan untuk anak diatas 1 tahun. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter