SITE STATUS
Jumlah Member :
496.005 member
user online :
3987 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Sehabis melahirkan cs


Sehabis melahirkan cs
Slmt malam dok saya habis melahirkan cs anak pertama tgl 23 februari 2018, boleh atau tidak saya mengkonsumsi natur-e??
12 Apr 2018, 21:12
Dari : Bella.Shalsa

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Kapan Pulih dari Luka Melahirkan SC dan Normal? " :Proses persalinan merupakan peristiwa yang menegangkan sekaligus membahagiakan bagi Bunda dan keluarga, disatu sisi Bunda harus mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk membantu si kecil melihat dunia. Disisi lain, kelahiran si kecil sangat dinantikan dan memberikan kebahagiaan bagi Bunda dan keluarga.

Umumnya, proses persalinan terbagi menjadi dua cara, yang pertama dengan proses persalinan secara normal. Dimana si kecil dapat terlahir dengan cara alami dengan adanya kontraksi dari rahim Bunda. Setelah melahirkan, biasanya Bunda akan merasakan ketidaknyaman pada area genital, terlebih jika Bunda mendapatkan beberapa jahitan pasca persalinan. Namun, proses penyembuhannya tentu lebih cepat, aman dan alami untuk Bunda. Tentu saja, jika diikuti dengan terjaganya kebersihan pada area genital.

Yang kedua adalah proses persalinan melalui tindakan SC (section caesarean). Pada cara SC, upaya yang dilakukan untuk keselamatan ibu dan bayi adalah dengan melakukan tindakan operasi. Tentu tindakan ini dapat dilakukan dengan beberapa syarat, semisal: jika persalinan normal dapat membahayakan nyawa Bunda atau si kecil, maka SC dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Bunda. Jika tidak ditemukan komplikasi pada kehamilan, sebaiknya persalinan normal tetap menjadi pilihan utama bagi Bunda.

Dalam proses ini, Bunda tidak akan merasakan sakit pada saat melahirkan si kecil. Rasa sakit tersebut baru dapat dirasakan setelah operasi selesai dan efek dari bius yang digunakan mulai menghilang , dimana luka jahitan akan mulai terasa nyeri. Pemberian obat pereda nyeri dan antibiotik merupakan hal yang umum diberikan pada Bunda untuk meredakan rasa nyeri tersebut. Penyembuhan pada SC lebih lama ketimbang melahirkan secara normal, selain Bunda harus menunggu luka jahitan tersebut mengering, pembatasan ruang gerak juga perlu diperhatikan oleh Bunda, agar proses penyembuhan berjalan baik.

Selain itu, kontrol ulang ke dokter kandungan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Bunda. Umumnya, seminggu setelah melahirkan Bunda diwajibkan agar melakukan kontrol ulang agar dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan pada luka bekas operasi tersebut. Proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama lagi jika ditemukan komplikasi yang timbul.

Pada kedua proses tersebut, pemenuhan nutrisi yang baik sangat dibutuhkan dalam masa-masa pemulihan. Jadi, demi mempercepat proses penyembuhan, Bunda diharapkan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, selain dapat mempercepat proses penyembuhan, nutrisi tersebut juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas ASI Bunda.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda
nawa_mse@yahoo.com " dengan judul pertanyaan "pengaruh kb apabila mengkonsumsi natur e " pada Tanya Bidan:saya mau tanya, saya kb suntik 3 bulan sekali, saya juga mengkonsumsi natur e supaya kulit saya halus dan cerah, apakah ada pengaruhnya minum natur e dengan kb saya

Bidan menjawab
Dear bunda Nawa MSE,
Natur E adalah vitamin anti oksidan yang mengandung minyak biji gandum dan minyak bunga matahari. Penggunaanya tidak mempengaruhi alat kontrasepsi yang sedang bunda gunakan saat ini.



Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Feranda " dengan judul pertanyaan " Mo tanya,,klo Natur-E " pada Tanya Apoteker:Mo tanya,,klo Natur-E aman ga buat ibu yg sedang menyusui. Soalnya 3 bln sesudah melahirkan ini kulitku agak kering gitu. Udah pake Body lotion masih sama. Aku biasa konsumsi Natur-E sebelumnya. Mohon infonya ya??? Makasih,,,,,

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Feranda,
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Natur-E mengandung vitamin E aktif dan alami, dari ekstrak biji bunga matahari. Dalam satu butir Natur E mengandung, 100 IU d-alfa-tokoferol (vitamin E).Penggunaan Natur E aman ibu hamil dan menyusui.Nutrisi yang Bunda konsumsi saat menyusui akan didapatkan oleh si bayi, Makanan pertama yang bayi dapatkan dari ASI adalah Kolostrum yang sangat kaya akan vitamin E. Seiring dengan pertumbuhan bayi, dia akan membutuhkan dosis yang cukup melalui ASI. Selain untuk kulit dan rambut, masih banyak manfaat dari vitamin E.

Manfaat vitamin E untuk ibu menyusui adalah :
1. Membantu mencegah anemia
Vitamin E adalah nitrisi penting yang dapat mencegah bayi dalam terkena anemia setelah kelahiran. Anemia adalah penurunan sel darah merah yang membawa oksigen ke tubuh bayi. Perkembangan dari anemia dapat menyebabkan kelelahan dan gangguan organ. Jikan tubuh bunda kekutrangan vitamin E, akan menyulitkan bayi untuk mendapatkan vitamin e yang dibutuhkan untuk mencegah anemia.

2. Melidungi Mata dan Paru - paru
Vitamin E merupakan anti oksidan, dan pada jumlah yang cukup dapat membantu untuk melindungi retina dan paru-paru bayi. Kekurangan vitamin E dapat mengakibatkan sulitnya oksigen mencapai retina dan paru-paru.

3. Membantu perkembangan otot
Vitamn E dapat mermbantu menjaga kesehatan otot bayi, sistem kardiovaskular dan syaraf. Vitamin E sangat penting untuk metabolisme yang baik dan jika kekurangan maka akan menyebabkan degenerasi atau kelemahan pada otot.

Note : mohon perhatikan body lotion yang bunda pakai. Hindari yang mengandung bleaching/pemutih.
Demikian jawaban saya, semoga membantu.





Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter