SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
4428 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kembali Olahraga Pasca Caesar

   

Kembali Olahraga Pasca Caesar



Pasca melahirkan terutama secara operasi Caesar, banyak Bunda lebih memilih tidak berolahraga, karena kuatir akan berdampak pada jahitan di perut. Padahal olahraga tetap diperlukan, karena kalau tidak, Bunda akan tampak lesu, tak bertenaga, otot-otot tubuh pun mengendur. Tetapi tentu Bunda harus berhati-hati pada luka bekas jahitan. Sebenarnya bolehkah berolahraga pasca operasi Caesar? Dan kapan boleh kembali berolahraga?

Ada beberapa info yang menyebutkan, aman untuk kembali berolahraga 1-2 minggu pasca operasi Caesar, tetapi ada juga yang mengatakan 4-6 minggu pasca operasi Caesar.

Sebenarnya aman atau tidaknya kembali berolahraga Bunda sendiri yang tahu. Bila jahitan sudah kering dan sudah tidak ada keluhan dengan jahitan di perut, Bunda sudah bisa melakukan latihan ringan. Latihan ringan artinya latihan yang tidak banyak menggunakan otot perut. Latihan yang cukup berat baru aman dilakukan setelah 3 bulan.

Yoga, Berenang, Bersepeda

Bila Bunda telah beberapa bulan berhenti berolahraga, mulailah dengan olahraga low impact, seperti Yoga, berenang dan bersepeda. Latihan Yoga, berenang dan bersepeda ringan bisa dilakukan 1-2 minggu pasca melahirkan, baik secara normal maupun Caesar (tanpa keluhan bekas jahitan).

Yoga untuk pasca melahirkan umumnya fokus pada latihan kegel atau Yoni Exercise, latihan pernapasan, latihan memanjangkan tulang belakang dan rileksasi. Jangan dulu melakukan posisi yang mengaktifkan otot perut.

Berenang juga dapat dijadikan pilihan sebagai olahraga ringan. Dengan berenang akan melatih otot-otot tubuh sehingga kembali lentur. Berenang juga melatih pernapasan yang membuat Bunda tidak mudah lelah. Gaya katak sangat ringan dan mudah dilakukan.

Jika Bunda ingin bersepeda, lakukanlah dengan santai. Bersepeda terlalu cepat bisa membuat otot perut bekerja lebih aktif. Jangan lupa untuk memilih jalan yang bebas lubang dan tidak licin. Pastikan tubuh tegak pada saat bersepeda sehingga tidak menekan bagian perut.

 

Lari

Lari adalah olahraga strong effect karena melibatkan seluruh otot tubuh. Olahraga lari baru dapat dilakukan kembali bila Bunda benar-benar pulih pasca operasi Caesar dan tanpa keluhan di bekas jahitan. Bila sudah pulih dan tanpa keluhan, dalam 4 minggu Bunda bisa melakukan lari-lari ringan dengan jarak tidak cukup jauh. Normalnya dalam 3 bulan pasca Caesar Bunda dapat kembali latihan berlari dengan normal.

Tips:

-       konsultasikan dengan dokter Bunda apakah olahraga yang akan Bunda pilih cukup aman.

-       Selalu lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

-       Bila setelah olahraga terasa nyeri di sekitar bekas jahitan segera konsultasi ke dokter.

 

Artikel Terkait :
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman