SITE STATUS
Jumlah Member :
496.005 member
user online :
3979 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - seperti masuk angin saat hamil muda


seperti masuk angin saat hamil muda
malam dok, sudah tiga hari ini saya merasakan kembung, mual dan sendawa terus menerus. sebelumnya diare 1 hari tapi reda sendiri tanpa mengonsumsi obat apapun. saya sedang hamil 8 minggu. jadi malas makan nasi, tapi sekalinya makan byk perut selalu terasa penuh, kembung, sebah sepperti masuk angin. sendawa dan ingin kentut. tidak sampai muntah tapi hanya mual dan enek. apakah gejala ini berbahaya? atau adakah solusinya.
11 Apr 2018, 20:33
Dari : Risky Wulan

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Umum pada Awal Kehamilan " :Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mrs.Rachman " dengan judul pertanyaan " Sering masuk angin saat hamil " pada Tanya Bidan:Permisi bu bidan ,saya mau nanya,saya sebelum hamil gampang masuk angin ,kena kipas angin sedikit saja lgsg bersendawa dan merasa perut berangin.. Kini saya sdgn hamil uk 37 week dan dr awal hamil setiap mlm selalu merasa masuk angin dan perut tidak enak ,apa yah yg aman saya konsumsi untuk bikin perut saya mendingan atw tidak masuk angin lagi ? Trims..

Bidan menjawab
Dear bunda Rachman,
Saat hamil karena meningkatnya hormon progesteron, yang berakibat membuat jaringan otot menjadi rileks, demikian pula dengan saluran pencernaan bunda. Akibat dari rileksasi adalah melambatnya proses pencernaan sehingga gas bertambah, diperparah dengan adanya perkembangan rahim yang semakin membesar menimbulkan banyak rongga yang menyebabkan proses pencernaan melambat. Untuk mengatasi perut kembung, disarankan untuk mengunyah makanan dengan baik dan tidak berbicara saat makan karena dapat menyebabkan udara masuk kedalam perut, konsumsi makanan sebaiknya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hindari makanan yang banyak mengandung gas, gunakan pakaian yang longgar, dan lakukan olah raga ringan seperti jalan pagi. Apabila keluhan dirasakan sangat mengganggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan bidan atau dokter yang menangani kehamilan bunda, agar terapi dan tindakan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Rahma "amenx" Rahmansyah " dengan judul pertanyaan " Perut terasa penuh dan sulit buang angin saat hamil " pada Tanya Dokter:Dok, sy sdng hamil 11 minggu. Sy skrg tdk bisa kentut dok. Perut sy sakit banget. Ga bisa ngapa2in. Angin_y ga keluar2. Apa solusi_y ya dok? Sy ga tahan dok. Tolong Bantu saya.. Terima kasih dok

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Saat hamil terjadi perubahan hormonal pada tubuh Bunda. Salah satunya adalah pengaruh hormon progesteron terhadap otot polos pada saluran pencernaan. Hormon tersebut membuat otot-otot tubuh tremasuk saluran pencernaan menjadi lebih rileks dan gerakan usus berkurang. Hal ini dapat menyebabkan konstipasi dan perut kembung yang umum di rasakan oleh ibu hamil serta tidak berbahaya, namun bila tidak dapat buang air besar berhari-hari Bunda harus waspada karena kotoran harus dibuang secara rutin. Untuk mencegah hal ini maka Bunda dapat merubah porsi makan menjadi lebih kecil dan lebih sering misalnya menjadi 6 kali sehari porsi kecil daripada 3 kali sehari porsi normal, Kunyahlah makanan dengan lebih pelan agar mengurangi tertelannya udara serta mencerna makanan dengan baik, hindari makanan tertentu yang seringkali membuat Bunda merasa kembung ( minuman bersoda, makanan yang pedas, kol atau kacang-kacangan pada beberapa orang menyebabkan kembung), makanlah dalam posisi tegak dan menunggu sampai setidaknya setengah jam sebelum berbaring setelah makan serta perbanyak asupan serat misalnya di dalam sayur-sayuran. Bila perut kembung, Bunda dapat mencoba berjalan-jalan atau olahraga ringan, mengusap perut Bunda dengan gerakan sirkular atau memutar, meminum air hangat dan BAB dengan rutin setiap harinya.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :