SITE STATUS
Jumlah Member :
506.495 member
user online :
490 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


hamil
dok aku mau tanya,, kenpa ya aku udah hamil 16 minggu tp perut ku blm kliatan sama sekli,, kmarin aku usg kata dr spog bayi ku sehat aku di tunjukin kepla dan jantung tapi gg jlas dok,,, pas aku tanya bayi ku lengkap semua atu enggk,, enggk di jawab juga,, aku takut dok klo bayi ku cacat 😭😭😭😭😭
11 Apr 2018, 11:09
Dari : Anadiya Vica Audiina

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hal-hal Penting di Trimester Pertama " :Pada trimester pertama kehamilan, belum terlihat perubahan fisik yang signifikan. Tetapi hormon yang berubah mulai mempengaruhi aktivitas Bunda. Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui selama trimester pertama:

1.Trimester pertama ada dalam rentang 0-13 minggu kehamilan. Bunda menjadi mudah lelah, mual, tidak nafsu makan, rasa sedih yang tiba-tiba datang tanpa alasan yang jelas.

2.Keluhan mual (morning sickness) terjadi karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang meningkat. Kondisi ini mempengaruhi fungsi-fungsi organ tubuh Bunda. Minum rebusan jahe dapat mengurangi rasa mual.

3.Pada trimester pertama organ-organ janin yang mengatur seluruh sistem tubuh akan terbentuk. Rangka janin juga akan lengkap secara keseluruhan pada trimester ini. Konsumsi asam folat untuk membantu penyempurnaan organ-organ janin Bunda.

4.Selama kehamilan terutama di trimester pertama jangan mengonsumsi daging mentah termasuk daging setengah matang seperti sate atau steak.

5.Beberapa wanita mengalami 'mens' saat trimester pertama. Sebenarnya ini bukanlah darah menstruasi. Terkadang darah keluar saat proses penempelan janin ke dinding rahim. Hal ini normal selama darah tidak terlalu banyak. Jika ragu, hubungi dokter Bunda.

6.Mendekati akhir trimester pertama seluruh jemari tangan dan sudah terbentuk. Plasenta sudah mulai berfungsi meski belum sempurna. Dokter dapat mendeteksi apakah ada kelainan atau tidak mulai dari trimester pertama.

Masih ada info lain tentang trimester pertama kehamilan Bunda. Minggu depan Infobunda masih akan membahasnya. Semoga kehamilan Bunda sehat terus ya!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Miftahul Jannah Ar-royya " dengan judul pertanyaan " Perut tidak terlihat besar pada kehamilan " pada Tanya Bidan:bu dokter waktu usg 23w bb baby saya 560gram, tapi bb saya ga naik dan perut saya belum kelihatan besar, kenapa ya bisa begitu? kebutulan pas cek gula darah dan kolesterol hasilnya gula darah 141, kolesterol 271,
dan jenis kelamin bayi saya perempuan, itu sudah paten atau bisa berubah ya bu bidan? konon belum paten

Bidan menjawab
Dear bunda Miftahul Jannah Ar-royya,
Seberapa terlihatnya kehamilan tergantung pada beberapa faktor, diantaranya tinggi badan, berat badan sebelum hamil, serta gaya berpakaian. Bila saat dilakukan pengukuran berat janin sesuai dengan usia kehamilan, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Untuk hasil laboratorium, hasil gula darah masih dalam batas normal, tetapi untuk kolesterol agak tinggi, disarankan untuk melakukan cek ulang setelah persalinan. Untuk jenis kelamin disarankan melakukan pemeriksaan ulang saat akhir kehamilan.



Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " emainayatusdzilhijah. " dengan judul pertanyaan " Perut tidak terlihat besar pada kehamilan " pada Tanya Dokter: dok,,saya hamil sudah memasuki minggu ke 21 tapi kenapa perut saya masih kecil,,belum begitu terlihat besar,,,apakah saya harus melakukan USG agar tahu kondisi bayi dalam perut saya,,???kata bidan saya kurang makan padahal saya makan sudah banyak,,,

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk mengetahui perkembangan kehamilan Bunda, dapat di ukur Tinggi Fundus Uteri sehingga dapat juga diperkirakan usia kehamilan dan taksiran berat janin yang Bunda kandung. Bila pengukuran sesuai dengan usia kehamilan Bunda, maka tidak perlu khawatir. Pemeriksaan USG juga dapat diusulkan sebagai pemeriksaan penunjang untuk melihat keadaan kehamilan Bunda bila perlu. Kenaikan berat badan Bunda juga bisa menjadi monitor perkembangan kehamilan Bunda.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :