SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
1022 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - garis samar


garis samar
dok, kalau pake tespek trs garis keduanya samar warnanya artinya apa ya?
09 Apr 2018, 20:54
Dari : Soecy Holy

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " USG di Awal Kehamilan " :Saat mengetahui Bunda hamil pasti Bunda tak sabar ingin melihatnya melalui Ultra Sonografi (USG). Tapi apakah USG sudah perlu di awal kehamilan? Berikut informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai USG di awal kehamilan:

1.USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan resiko keguguran sejak dini. Sehingga bila kandungan terjadi masalah dapat dicarikan solusi secepatnya.

2.Melalui USG dokter akan melihat ukuran berat dan besar janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin dan tanggal kelahiran bayi (Due Date).

3.Usia kehamilan 6-7 minggu, Bunda sudah bisa melihat detak jantungnya. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala baru akan terlihat pada usia kehamilan 12 minggu.

4.Resiko janin down syndrome dapat diketahui pada usia kehamilan 12-14 minggu dengan mengetahui tulang hidung dan ketebalan tengkuk janin.

5.Melalui USG dokter juga bisa mengetahui apakah kehamilan Bunda termasuk kehamilan normal atau kehamilan kosong (Blighted Ovum). Jika terbukti kehamilan kosong mungkin Bunda memerlukan pemeriksaan tambahan dan tindakan untuk mengakhiri kehamilan kosong.

6.Meski tidak berbahaya, tetapi apabila janin Bunda tidak bermasalah, Bunda tidak perlu sering-sering melakukan USG.

7.Bila tidak ada kelainan janin, Bunda cukup melakukan USG 2 Dimensi. Pemeriksaan USG 4 Dimensi bisa saja dilakukan, namun biayanya lebih besar dan USG ini sebenarnya diperuntukkan untuk pemeriksaan yang lebih khusus.

Nah, Bunda! Bila Bunda melakukan USG di bawah usia 6 minggu Bunda jangan kaget bila belum terlihat apa-apa. Tanyakan selalu bagaimana kondisi janin Bunda setiap kali berkunjung ke dokter.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " dzikri " dengan judul pertanyaan " Tespack samar " pada Tanya Bidan:Assalamu'alaikum...
Dok saya mau tanya, terakhir haid tgl 7 juli, tgl 15 di TP hasilnya yg garis ke 2 samar, pas kemarin malam keluar darah segar seperti haid sampe sekarang, tadi pagi di TP lagi hasilnya masih sama garis k 2 tetep samar, apa saya hamil dok ? kalo saya hamil, bahaya gak dengan darah yang keluar tsb ?

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Dzikri,
Dari hasil tes yang bunda lakukan menunjukkan adanya kehamilan. Untuk keluhan keluarnya darah dapat disebabkan oleh banyak faktor antara lain akibat dari menempelnya kantong kehamilan pada dinding rahim, adanya iritasi pada vagina, atau adanya tanda keguguran mengancam. Sebaiknya segera periksakan keadaan bunda dengan bidan atau dokter, pemeriksaan USG serta inspekulo diperlukan untuk mencari penyebabnya, sehingga terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " fraskasih " dengan judul pertanyaan " Hasil tespek 2 garis namun kabur " pada Tanya Dokter:Dok sy mau tanya, kalau hasil tespek nya.muncul 2garis namun kabur apa itu hamil?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apabila urine test pack positif samar, maka dapat berarti bahwa anda sedang hamil namun hormone yang terdeteksi belum cukup banyak, atau positif palsu (hasil menunjukkan positif namun tidak hamil) dikarenakan pengaruh-pengaruh lain misalnya hormonal, obat-an dan lainnya. Anda dapat mengulang pemeriksaan 1 minggu kemudian untuk melihat hasil test urine anda kembali. Saat ini perhatikan asupan nutrisi anda, dapat juga meminum susu untuk kehamilan maupun suplemen kehamilan untuk persiapan nutrisi kehamilan anda. Demikian jawaban saya,semoga dapat membantu.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel