SITE STATUS
Jumlah Member :
506.368 member
user online :
422 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - marista


marista
hamil 6 minggu perut sebelah kanan sering berasa panas kenapa yaa,,
09 Apr 2018, 12:42
Dari : Ista Pane

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Pirosis (Heartburn) Selama Kehamilan " :Apakah Bunda sedang hamil dan sering mengeluhkan rasa panas di dada? Mungkin Bunda terserang pirosis. Pirosis atau biasa juga dikenal dengan heartburn adalah salah satu keluhan yang terjadi saat kehamilan dengan gejala rasa terbakar, tercekam atau teriris di dada. Sebagian penderita juga merasakan nyeri saat menelan. Gelaja-gejala di atas bisa juga disertai dengan bersendawa, mulut terasa asam dan pahit, dan cepat sekali terasa kenyang.
Pirosis ini munculnya bervariasi, ada yang di awal kehamilan ada juga yang di akhir kehamilan, atau bisa juga di awal dan bertambah parah sesuai bertambahnya usia kehamilan. Umumnya rasa tidak nyaman ini akan muncul setelah makan dan saat melakukan gerakan membungkuk, berbaring dan mengejan.

Penyebab
Penyebab terjadinya pirosis adalah karena meluapkan isi lambung (asam klorida, pepsin dan makanan) dan isi usus dua belas jari ke arah kerongkongan. Prosesnya terjadi saat makanan bergerak secara perlahan dari usus halus dan lambung lalu ditekan oleh rahim. Saat rahim semakin membesar maka tekanan semakin ke atas, inilah yang membuat gejala semakin kuat terasa.

Pencegahan
Sebelum Bunda mengalami pirosis, lakukan upaya pencegahan berikut ini :
-Hindari makan dan minum terlalu banyak sehingga berat badan tetap dalam kondisi normal. Sebaiknya tidak makan 3 jam sebelum tidur.
-Tidurlah dalam posisi miring. Posisi tubuh yang rata merangsang terjadinya pirosis.

Pengobatan :
Mengobati pirosis tidak terlalu sulit, cukup berikan antasid dalam dosis tepat. Beberapa antasid dapat mengurangi gejala dan memberikan rasa lega. Namun, jika Bunda ragu mengenai dosis, efek samping dan hal lain tanyakan pada dokter terlebih dahulu.
Pada penderita yang lebih berat bisa sampai terjadi pendarahan dan sulit menelan.

Tips :
-Hindari mengonsumsi antasid secara berlebih. Konsultasikan pada dokter tentang keluhan dan obat-obatan yang bunda minum.
-Jangan tengkurap atau berbaring setelah makan. Hal ini baik dilakukan pada saat hamil atau pun tidak.



Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Lien Jolien " dengan judul pertanyaan " perut Terasa Panas dan Berkeringat Saat Hamil 5 minggu " pada Tanya Bidan:"ibu bidan saya mau tanya.. Usia kandungan saya baru 5 minggu.. Kenapa perut saya terasa panas sekali dan mengeluarkan banyak keringat, sehingga setiap malam saya tidak bisa tidur. Apakah ini gejala yang normal untuk kehamilan saya.. Mohon penjelasannya.. Terimakasih.."


Bidan menjawab
Dear bunda Lien Jolien,
Selamat atas kehamilannya, untuk keluhan yang bunda rasakan yaitu perut terasa panas dan mengeluarkan keringat yg banyak adalah keluhan yg banyak dirasakan oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Hal ini disebabkan karena pengaruh perubahan hormon. Bila kehamilan memasuki trimester 2 biasanya akan terasa lebih nyaman, karena tubuh sudah melakukan penyesuaian terhadap perubahan yg terjadi.Hal ini merupakan pertanda bahwa tubuh menunjang pertumbuhan & perkembangan janin, jika bunda cukup istirahat dan melakukan apa saja yg membuat bunda merasa nyaman, maka bunda dan janin akan baik - baik saja sampai akhir masa kehamilan.
Demikian penjelasan dari saya, semoga membantu.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Phoem Phoem Gommezz " dengan judul pertanyaan " Hamil perut terasa panas setelah makan " pada Tanya Bidan:bun .. kadang kalo habis makan perut terasa panas n mual itu kenapa yaa ...
padahal makan cuma pakek telur dadar aja ... tapi rasanya panas n mual ... susah bedain mana maag mana bukan .. takut juga kalo ada masalah sama si debay :-( tolong penjelasannya yaa ...

Bidan menjawab
Dear bunda Phoem Phoem Gommezz,
Umumnya bunda dengan riwayat sakit maag sebelum hamil, lebih beresiko mengalami heartburn ( kondisi dimana bunda merasakan panas / terbakar didaerah sekitar dada, dan rasa seperti tertusuk didaerah ulu hatinya saat hamil ). Penyebabnya makanan yg sudah masuk kedalam lambung terdesak naik kearah kerongkongan atau lebih dikenal naiknya asam lambung akibat rahim yang membesar. Hal ini dapat pula disebabkan dari meningkatnya hormon progesteron yang mempengaruhi sistem alat pencernaan. Untuk mengatasi keluhan disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi sering, menghindari makanan yang berlemak, terlalu berbumbu, terlalu asam dan pedas, kafein serta mengandung soda, menghindari berbaring / tidur sesaat setelah makan, menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat terutama dibagian perut dan pinggang. Saat heartburn melanda, cobalah mengunyah permen karet karena permen karet mampu meningkatkan produksi air liur yang mampu menetralkan asam lambung dikerongkongan, berbaring dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan, konsumsi obat maag yang biasa dikonsumsi saat maag melanda, namun meski demikian sebaiknya periksakan keadaan bunda langsung dengan bidan atau dokter yang menangani kehamilan bunda untuk terapi terbaik.

Link yang disarankan :
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel