SITE STATUS
Jumlah Member :
500.005 member
user online :
778 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Hamil berapa minggu?


Hamil berapa minggu?
Saya Nina 25thn sdh memiliki 1 anak usia 2tahun, Skg lagi hamil anak ke 2 InsyaAllah. Tp saya bingung dgn kehamilan ke 2 saya.
Sya berhubungan badan ditanggal 2maret seminggu kemudian sya tespek hasil positif.
Ditanggal 15maret sya ke dr kandungan USG, ga dpt jwaban apa2 sih ga terlihat kantong sedikitpun.
2mg disuruh balik lg. sebenernya sya hamil apa ga ya? Dan brapa usia kandungannya?
*Info: Saya dan Suami LDR, jd baru ketemu tgl 02maret
24 Mar 2018, 16:30
Dari : Sakinah Aljufri

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Metode Hitung Usia Kehamilan " :Mengetahui usia kehamilan merupakan salah satu hal yang penting selama menjalani masa kehamilan. Selain kita dapat memperkirakan tanggal kelahiran nanti, mengetahui usia kehamilan dapat membantu pemberian treatment yang tepat sesuai usia janin. Bunda juga dapat memantau tumbuh kembang janin selama dalam kandungan dan perubahan apa saja yang terjadi pada Bunda sesuai usia kehamilan.

Pada umumnya, dokter kandungan ataupun bidan menggunakan hitungan dalam minggu yang didapat dari hitungan HPHT (Haid Pertama Haid Terakhir). Maka tidak heran saat pertama kali Bunda memeriksakan kehamilan, Bunda akan ditanya kapan hari terakhir menstruasi. Usia kehamilan dapat diketahui melalui hitungan hari, bulan dan trimester.

Ada beberapa metode yang bisa Bunda gunakan untuk mengetahui usia kehamilan. Mulai dari perhitungan menggunakan rumus ataupun melalui kalkulator online untuk mengetahui usia kehamilan. Metode menghitung usia kehamilan yang bisa digunakan, yaitu:

1.Pengukuran TFU (Tinggi Fundus Uteri)
Pengukuran ini biasa dilakukan oleh dokter kandungan maupun bidan dengan cara mengukur kehamilan dari tulang kemaluan sampai ke bagian fundus uteri atau pundak rahim, misalnya bila dilakukan pengukuran dan ditemukan TFU adalah 30cm, maka usia kehamilan diperkirakan 30 minggu.

2.HPHT (Haid Pertama Haid Terakhir)
HPHT merupakan salah satu cara untuk menghitung usia kehamilan yang paling sering digunakan oleh dokter kandungan maupun bidan. Rumus Neagle biasa digunakan untuk menghitung HPHT. Bunda juga bisa menghitung sendiri, caranya: untuk Bunda yang siklus haidnya jatuh pada bulan Januari – Maret, rumusnya adalah (Tanggal + 7), (Bulan-3), (Tahun + 0). Sedangkan untuk Bunda yang siklusnya jatuh pada bulan April-Desember rumusnya adalah (Tanggal + 7), (Bulan – 3), (Tahun + 1).

Contoh: HPHT Bunda adalah 10 Mei 2015, maka perkiraan tanggal persalinan adalah 17 Februari 2016. Namun, cara ini hanya akurat jika diterapkan pada Bunda yang memiliki siklus haid normal dan teratur yaitu 28-30 hari.

Bagi Bunda yang siklusnya haidnya tidak teratur, memerlukan beberapa penyesuaian dalam metode perhitungannya.

3.Ultrasonografi (USG)
Melalui ultrasonografi (USG). Cara ini bisa dikatakan adalah cara yang paling akurat untuk mengetahui usia kehamilan. Ketepatannya mencapai angka 95%. Bukan hanya berat dan panjang janin saja yang dapat terdeteksi melalui USG, tetapi kadang anggota tubuh janin pun dapat terlihat. Waktu terbaik menggunakan metode ini untuk menghitung usia janin adalah usia 8 – 18 minggu.

4.Deteksi Gerakan Janin dan DJJ (Denyut Jantung Janin)
Cara ini seringkali dikatakan kurang akurat untuk mengetahui usia kehamilan pada trimester awal, namun cukup akurat jika kehamilan telah menginjak trimester ke dua dan ke tiga. Hal ini dikarena DJJ dan Gerakan Janin sangat lemah pada masa awal kehamilan. Cara penghitungannya adalah dengan menentukan kapan Gerakan Janin dirasakan, misalnya, ketika Bunda merasakan gerakan janin pertama kali, maka diperkirakan usia janin adalah 16-18 minggu. Umumnya gerakan janin mulai terasa pada usia kehamilan 18-20 minggu, begitupula DJJnya. Sedangkan pada Bunda yang mengalami kehamilan kedua dan seterusnya, dapat dirasakan ketika kehamilan menginjak 16-18 minggu. Untuk mengetahui DJJ janin, Bunda dapat melakukannya dengan bantuan dokter kandungan atau bidan.

5. Kalkulator Usia Kehamilan
Untuk menghitung usia kehamilan secara praktis, Bunda bisa menggunakan kalkulator usia kehamilan online yang tersedia di situs kesayangan Bunda ini. Silahkan klik disini untuk mencobanya.

Nah, sekarang Bunda pun bisa menghitung usia kehamilan Bunda. Tetapi untuk lebih jelasnya, Bunda dapat memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan dan bidan yang Bunda percayai.

Tips:
- penuhi kebutuhan asupan nutrisi janin tiap minggunya. Terutama asam folat pada awal kehamilan Bunda untuk menghindari terjadinya kecacatan janin.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Parmith " dengan judul pertanyaan " USG Kantung Janin 4w belum terlihat" pada Tanya Bidan:Bu, saya mau tanya, haid saya biasanya maju 1-2 hari, karena sudah telat saya TP dan hasilnya (+) , 2 hari setelah tp saya ke spog, saya usg transvaginal, kata dokter gs nya masih sangat kecil hanya 3,6 mm padahal di usg uk 4w5d , kata dokter mungkin uk saya belum sebulan. Itu bagaimana ya bu? Apa masih bisa dikatakan normal? Saya disuruh kembali 2 minggu lagi

Bidan menjawab
Dear bunda Parmith,
Memang pada usia kehamilan muda ( 4-6 minggu ) kadang kehamilan sudah dapat dilihat dengan menggunakan USG, dimana yang dapat dilihat awalnya adalah kantong kehamilan ( Gestational Sac ) dimana untuk menilai kantung kehamilan ini juga dipengaruhi oleh persiapan dan jenis pemeriksaan USG yang dilakukan. Ada 2 macam USG yang dapat dilakukan yaitu, USG transvaginal dimana USG dilakukan melalui jalan lahir ( dapat menilai kehamilan di usia awal ), USG transabdominal dimana pemeriksaan dilakukan melalui dinding perut ( hasil akan lebih jelas sat kandung kemih terisi atau menahan untuk berkemih ). Selain itu kemampuan alat USG yang digunakan juga menentukan hasil gambaran yang didapatkan. Pada usia kehamilan muda, normal apa bila hasil USG yang didapat kantong kehamilan masih sangat kecil. Untuk melihat perkembangan kehamilan, sebaiknya USG di ulang 2 minggu kemudian.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mama Frida M " dengan judul pertanyaan " Usia kehamilan dengan HPHT " pada Tanya Dokter:Dok, Mohon bantuannya.. Jadi begini.. Saya mmg akhir2 ini punya siklus yg kurang teratur. Nah HPHT saya 28 januari. Tapi, saat 17 maret, TP saya baru positif. itupun masih samar. sehingga besoknya saya TP tiap hari dan baru terlihat jelas. Pada saat tgl 30 Maret, saya USG dan UK nya baru 5W 4D. Masih terlihat kantong dan belum terlihat janin. Pdhl kalau dihitung dari HPHT sdh sekitar 8W seharusnya. Aapakah ini normal? Kata2 dokter yg agak tidak mengenakkan adalah ketika dy blg "wah kyknya gak berkembang ini" , tapi dy blg tunggu 2 minggu lagi. Kok bisa ya dokternya blg begitu? Saya jd galau. Apa mungkin memang UK saya mmg masih kecil, jadi janin belum terlihat. Kan mungkin karena siklus saya panjang, jadi konsepsinya agak telat? untuk yg sudah pengalaman mohon masukannya dok. Agar saya bisa tenang. krn ini kehamilan pertama saya. jd saya kurang begitu paham.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Menghitung usia kehamilan menggunakan HPHT (Hari pertama haid terakhir) memang akan lebih tepat bila menstruasi terjadi secara teratur. Dengan menggunakan USG juga dapat membantu memeriksa kehamilan awal serta menilai usia kehamilan. Menilai usia kehamilan dapat diperkirakan dengan baik pada usia kehamilan trimester pertama dengan menggunakan USG. Kandungan yang tidak berkembang memang sulit diketahui tanpa adanya pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG karena tanda kehamilan yang terjadi layaknya kehamilan pada umumnya. Oleh karena itu bila ditemukan keraguan maka akan dilakukan monitoring untuk beberapa pekan kedepan dan dilakukan pemeriksaan ulangan. Sementara itu, tetaplah berdoa dan berusaha dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang sehat serta istirahat yang cukup. Minumlah tambahan suplemen asam folat untuk membantu kesehatan kehamilan Bunda dan kesehatan janin Bunda. Semoga kehamilan Bunda tetap sehat dan berkembang sesuai harapan.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :