SITE STATUS
Jumlah Member :
494.723 member
user online :
3674 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - gatal divagina saat hamil


gatal divagina saat hamil
dok selamat pagi,,saya alvi usia kehamilan 7 bulan...
dok saya mau tanya...kok 3 hari ini vagina saya bagian tengah gatal sekali ...seperti digigit semut n bengkak gtu dok....kenapa ya dok...?? dan bagaimana solusinya dok...sementara ini saya basuh dengan rebusan air daun sirih dan bedak antiseptik detoll...apakah aman dok??...mohon dibalas ya dok...terimakasih
12 Mar 2018, 7:16
Dari : Alvi Muzib

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Jangan Sepelekan Keputihan! " :Kita perempuan seringkali direpotkan dengan masalah keputihan. Rasa tidak nyaman kerap kali timbul menjelang atau sesudah haid. Meski demikian, bukan berarti Bunda yang sedang hamil tidak bisa mengalami keputihan, lho.

Tenang, jangan lantas panik mendengarnya, lebih baik Bunda kenali dulu macam-macam keputihan.

Jenis Keputihan :
dr. R. Muharam, SpOG (K) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menjelaskan beberapa jenis keputihan :
Keputihan normal
terjadi pada saat ovulasi, pre dan pasca haid, saat terangsang mau pun saat kehamilan
Keputihan patologis
disebabkan oleh jamur, bakteri dan benda asing. Ciri-cirinya berbau, gatal dan warna kekuningan
Keputihan ganas
keputihan yang mengakibatkan kanker serviks (leher rahim)
“keputihan pada wanita hamil umumnya disebabkan meningkatnya kadar hormon yang mempengaruhi kelenjar-kelenjar sekitar kelamin sehingga lebih banyak mengeluarkan cairan.” paparnya.

Beberapa jenis buah-buahan juga dikatakan dapat merangsang timbulnya keputihan seperti ketimun dan semangka, tetapi menurut dr. Muharam belum ada penelitian yang mengaitkan kadar lendir serviks dengan buah-buahan.

Efek pada janin :
Pada keputihan yang bersifat patologis bila terjadi infeksi bisa menimbulkan kontraksi dan penipisan selaput lendir rahim yang mengakibatkan pecahnya ketuban, infeksi intra uterin hingga kelahiran premature. Bahkan bisa berujung pada kesakitan dan kematian bayi.

Untuk pengobatan dilihat dari jenis keputihannya. Kalau disebabkan oleh jamur diobati dengan obat jamur, kalau bakteri digunakan obat-obatan yang aman bagi janin. Sebaiknya selalu konsultasikan ke dokter kandungan Bunda.

Tips :
Jangan menggunakan obat-obatan antiseptik secara rutin. Hal ini dapat mengganggu ekosistem pada vagina yang justru merangsang terjadinya keputihan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " heni.jha " dengan judul pertanyaan " bengkak mulut vagina " pada Tanya Bidan:saat ini sy lg hmil 8bln.,,pi di mulut vagina saya ada bengkak(tdk berisi cairan).tdk sakit.hnya ngilu klo pas HB..sy cri2 d internet,ktnya bngkak sprt itu adlh infeksi kalejar bartolini..
apakah bengkak tsb beresiko kanker jka dibiarkan?
apakah bisa diangkat ketika melahirkan ,klo bsa dengan cara apa dan apakah bidan bisa melakukannya ?

Bidan menjawab
Dear bunda Heni.Jha,
Kista bartolini terbentuk apabila kelenjar bartolini tersumbat dan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Pada kehamilan, bila tidak menimbulkan keluhan, maka tidak perlu diterapi, cukup diobservasi, hal tersebut dikarenakan aliran pembuluh darah didaerah kemaluan meningkat ( karena kehamilan ) sehingga dikhawatirkan terjadi pendarahan yang berlebih. Apabila menimbulkan keluhan, kista dapat dikeluarkan absesnya ( nanah ) dan menggunakan antibiotik, namun saat hamil, pengeluaran cairan kista terkadang dapat menimbulkan infeksi tambahan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mardew " dengan judul pertanyaan " Gatal di bagian kewanitaan " pada Tanya Dokter: Dokter saya sedang hamil 15w 1d dri minggu ke 13 saya mengalami gatel di bagian kewanitaan saya . Di pinggir sebelah kiri . Gatelnya itu luar biasa .. Pdahal saya ga keputihan . Bagaimana cara mengatasinya dok ?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada wanita hamil terjadi perubahan hormon dan kadar PH (keasaman) daerah vagina yang dapat menyebabkan rasa gatal. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menurunkan PH daerah kewanitaan Anda dengan cara membasuh daerah kewanitaan Anda dengan air. Hindari penggunaan sabun yang wangi. Anda dapat menggunakan kompres air dingin pada daerah kewanitaan anda untuk mengurangi rasa panas dan gatal tersebut. Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat tidak terlalu ketat. Demikian jawaban saya.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :