SITE STATUS
Jumlah Member :
501.843 member
user online :
504 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


Febby
Pago dok...saya mau tanya dok...saya hamil uda masuk 9 bulan tapi bb saya malah turun 1,5 kg...kemarin belum.boleh usg karena minggu kemarin uda usg...penyebab nya apa yaaa dok...bahayakah buat bayi sayaa...mohon penjelasannya...terimakasih banyak
10 Mar 2018, 9:02
Dari : Diah Permata

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Berat Badan Ideal Ibu Hamil " :Satu hal yang pasti dialami Bunda ketika menjalani masa kehamilan adalah berat badan yang bertambah. Berita baiknya, kenaikan berat badan tersebut bukan merupakan suatu masalah, malah merupakan salah satu indikator yang baik untuk memantau tumbuh kembang janin.

Namun, bila Bunda mengalami kenaikan berat badan yang terlalu berlebihan pada masa kehamilan, hal tersebut tentu dapat meningkatkan resiko hipertensi serta diabetes. Sebaliknya, berat badan dibawah rata-rata dapat meningkatkan resiko persalinan prematur, berat bayi lahir rendah dan komplikasi lainnya. Jadi, bagaimanakah pertambahan berat badan yang ideal untuk ibu hamil?

Pertambahan berat badan tiap Bunda pastilah berbeda satu dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan kalori yang berbeda-beda, kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh jumlah berat badan Bunda sebelum masa kehamilan. Bagi Bunda yang mengalami kehamilan kembar, tentu memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih banyak. Sebagai acuan angka rata-rata berat bada ideal pada masa kehamilan, Bunda dapat melihat Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil.

Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi sangat dianjurkan bagi Bunda, semisal: gandum, kacang hijau, beras merah, dsb. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka diharapkan janin akan memperoleh nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Hindarilah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tapi minim nutrisi.

Dan jangan lupa, kunjungi dokter untuk mengetahui seberapa banyak kenaikan berat badan yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selamat menjalani masa kehamilan, Bunda!
Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Bhilabhiliey " dengan judul pertanyaan " Berat badan Janin 35w " pada Tanya Bidan:Bun saya mau tanya uk 35 bjj 2010 apa masih bisa kekejar yah ???

Bidan menjawab
Dear bunda Bhilabhiliey,
Perkembangan janin dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain nutrisi bunda, hormon pertumbuhan janin, penyakit metabolik bunda, faktor genetik, serta sistem transfer nutrisi dari ibu ke janin. Perkiraan berat janin usia kehamilan 35 minggu adalah 2400 gram, berat janin akan bertambah kira-kira 250 gram per minggu. Disarankan untuk makan dengan teratur, cukup asupan gizi, menambah asupan protein dan kalori.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Retha Verra " dengan judul pertanyaan " Berat badan malah berkurang " pada Tanya Dokter:Dok.. Saya skarang lagi hamil 25minggu tapi berat badan saya ko ga naik2 yaa semenjak hamil di ninggu pertama sampai skrg. Malah saya yg sebelum hamil itu bb nya 74 skrg Malah 70kg. Apakah itu baik dok atau gimana?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apakah berat badan janin Bunda menurut dokter masih dalam batas normal? Bila berat badan janin dan berat badan Bunda belum sesuai dengan berat badan yang dianjurkan maka Bunda masih memiliki waktu untuk menambah berat badan tersebut. Untuk menambah bobot janin pada umumnya dokter akan menyarankan untuk memakan es krim sebagai selingan atau kudapan. Sebenarnya tidak hanya es krim, menambah bobot janin harus mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang juga. Idealnya asupan makanan mengandung 50% karbohidrat, 30% lemak dan 20% protein. Untuk menambah bobot janin maka Bunda dapat menambah jumlah kudapan atau makanan dengan lebih sering. Es krim, yoghurt ataupun keju tinggi lemak merupakan beberapa pilihan sumber bahan makanan yang bernutrisi juga sumber karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Hindari memakan junk food atau makanan yang kurang sehat sebagai sumber nutrisi, meskipun jenis makanan tersebut dengan mudah menambah bobot badan namun kurang sehat dari kandungan nutrisinya. Bunda dapat menggunakan sumber-sumber karbohidrat lainnya untuk menambah bobot janin, namun berhati-hati untuk tidak memakan bahan makanan dengan kandungan gula yang terlalu tinggi untuk menghindari terjadinya diabetes pada kehamilan.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :