SITE STATUS
Jumlah Member :
506.489 member
user online :
418 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - hamil 20 minggu


hamil 20 minggu
dok mw nanya dong... obat asma saat hamil apa yaa? hamil saya sdh 20minggu baru merasakan sesak nafas... apakah tdk membahayakan janin saat sesak nafas....? makasih.
25 Feb 2018, 13:59
Dari : Shakila1

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Penggunaan Inhaler pada Wanita Hamil, Berbahayakah? " :Bunda penderita asma? Kalau ya, tentu Bunda bisa merasakan betapa sulitnya menghirup oksigen saat asma menyerang.

Penyebab asma bisa melalui gen bisa juga dari alergi seperti debu, udara dingin, asap rokok, dsb. Asma timbul karena adanya penyempitan saluran napas bagian bawah, biasanya diikuti dengan batuk dan mengi. Penyempitan ini terjadi disebabkan otot polos pada saluran napas berkerut, selaput lendir membengkak dan adanya lendir yang berlebihan pada rongga saluran napas.

Umumnya penderita asma menggunakan beberapa jenis obat dan inhaler untuk membuka otot polos dari saluran nafas sehingga oksigen bisa masuk. Namun, apakah penggunaan hal tersebut aman bagi Bunda yang sedang hamil?

Menurut dr. Nugroho Kampono SpOG (K) dari RS Asih, Jakarta penggunaan inhaler hanya menimbulkan efek lokal karena hanya sampai ke saluran pernafasan. “Tidak ada efek samping pada janin.” tambahnya.

Namun pemakaian obat alergi yang mengandung antihistamine sangat tidak dianjurkan terutama pada kehamilan trimester pertama. Efek antihistamine dapat menekan anak ginjal yang dapat menghambat pertumbuhan janin dan menyebabkan kelainan saat lahir. Baiknya mintalah pentunjuk dokter secara jelas sebelum mengonsumsi suatu obat.

Lalu Bagaimana dengan persalinan nanti?
Banyak yang bilang bahwa perempuan hamil penderita asma kemungkinan besar harus melewati proses kelahiran caesar. Siapa bilang?

Hal itu disanggah dr. Nugroho, beliau menyatakan bahwa proses kontraksi bisa meningkatkan hormon adrenalin yang mampu mengobati asma. “Kalau hormon adrenalin meningkat malah bagus untuk penderita asma,” jelasnya. Intinya perempuan penderita asma yang sedang hamil pun dapat melakukan persalinan secara normal.

Tips :
Hindari pencetus asma sebisa mungkin
Lakukan olahraga. Jalan kaki pagi baik untuk ibu hamil


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rizkie " dengan judul pertanyaan " Efek Asma pada kehamilan " pada Tanya Bidan:Sore dok,aku sdg hamil 21 weeks
Aku ada riwayat asma, akhir2 i+
Ini sering kambuh dok. Kira2 efeknya apapa ya bagi janinnya? Trus penyakitnya diturunkan ke janinnya kelak?

Bidan menjawab
Dear bunda Rizkie,
Secara umum gejala asma adalah sesak nafas, batuk berdahak, serta suara nafas berbunyi ngik-ngik. Apabila terjadi serangan asma berat,maka efek samping yang berdampak ke janin adalah kurangnya asupan Oksigen. Faktor resiko terbesar asma adalah genetik. Karena Asma berdasarkan pada suatu proses alergi, maka orang tua yang mengidap asma dapat menurunkan gen alergi kepada anaknya, tidak selalu dalam bentuk asma, dapat juga berbentuk sering bersin dipagi hari, alergi dingin, sering gatal-gatal dan macam-macam alergi lainnya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " menixgirl " dengan judul pertanyaan " Asma dan kehamilan " pada Tanya Dokter: Dok,saat ini umur kehamilan saya memasuki minggu ke 23.selama ini sejak umur kehamilan +- 13 minggu tiap malam saya selalu asthma n selalu konsumsi obat teosal setengah.yg ingin saya tanyakan,berbahayakah hal itu bagi janin saya.obat ato cara aman agar tidak konsumsi obat terus,gimana dok?terima kasih atas jawabany

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Pada keadaan kehamilan dapat terjadi keadaan tidak nyaman dada terasa penuh seperti sesak nafas dikarenakan semakin terdesaknya rongga dada oleh rahim yang membesar, hal ini sering di salah artikan dengan keadaan asma oleh para ibu hamil. Apabila anda memang memiliki riwayat penyakit asma, sebaiknya anda memberitahukan kepada dokter kandungan anda mengenai hal ini dan serta berkonsultasi mengenai penangannya bila asma anda menyerang.Pada umumnya digunakan obat asma inhaler yang bersifat topical hanya bekerja pada daerah saluran nafas yang terpapar obat tersebut, namun sekali lagi sebaiknay anda memastikan apakah sesak nafas anda benar dikarenakan asma atau tidak.Demikian jawaban saya.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :