SITE STATUS
Jumlah Member :
500.077 member
user online :
1346 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - susah minum susu ibu hamil karna mual


susah minum susu ibu hamil karna mual
ass. ini kehamilan anak kedua saya dan usia kandungan saya 13 week 3day 😊 sejak minggu awal kehamilan saya memang susah masuk makanan ataupun susu bumil karna tidak kuat dengan rasa mual dan aroma yg menyengat 😔 apakah tidak akan menganggu perkembangan janin sayak dok karna saya tidak meminum susu bumil? tapi saya selalu memaksakan meminum obat asam folat yg diberikan oleh bidan . mohon jawaban nya dok dan terimakasih
Hidden Image
17 Dec 2017, 8:42
Dari : Gilang Pujawati

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari berita yang berjudul " Cara Mengatasi Morning Sickness " :Mual dan muntah di pagi hari alias morning sickness kerap dialami Bunda yang tengah hamil trimester pertama. Faktor pemicunya antara lain karena meningkatnya hormon progesterone maupun serum hcG (human chorionic gonadotropin) di dalam tubuh. Morning sickness merupakan hal yang wajar dialami dalam kehamilan. Malah, beberapa pakar mengatakan semakin Bunda merasa mual, maka semakin kecil risiko Bunda mengalami keguguran atau kelahiran bayi prematur.

Bagaimana Mengatasinya?
Ada beberapa cara untuk menyiasati morning sickness ini, antara lain:
-Konsumsilah makanan sedikit demi sedikit, makan dengan porsi kecil asal sering. Hal ini dapat meminimalisir rasa mual apalagi saat perut Bunda kosong.

-Bunda dapat mencium aroma wewangian seperti minyak lavender atau wewangiaan apapun yang Bunda suka. Hiruplah saat Bunda merasa mual sehingga membuat Bunda lebih rileks.

-Hindari minum saat Bunda tengah makan. Sebaiknya minum satu jam sebelum atau sesudah makan.

-Jahe memiliki rasa pedas yang dapat mengurangi rasa mual. Untuk itu Bunda dapat memasukkan jahe sebagai bahan pembuat makanan atau mengunyah permen jahe dapat dilakukan.

-Mintalah resep vitamin B6 pada dokter kandungan Bunda. Vitamin ini biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil trimester awal.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mey Celalutralalatrilili Lutcu " dengan judul pertanyaan " Nafsu makan berkurang saat hamil " pada Tanya Bidan:ass bu bidan.bu saya mau tanya kenapa ya d usia 11minggu kehamilan saya menjadi kurang nafsu mkan!pdahal pas 6-8bulan saya laper mulu.bagaimana masukan nya bu ?apa ini berdampak buruk pda byi d dlam perut saya!

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Mey Celalutralalatrilili Lutcu,
Pada saat trimester awal kehamilan memang pada beberapa bunda akan mengalami keluhan nafsu makan berkurang bahkan tidak ada sama sekali, hal ini disebabkan karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang sedang terjadi. Sedangkan pada saat kehamilan memasuki trimester 2 & 3 nafsu makan akan kembali normal, bahkan berlebih, hal ini disebabkan karena tubuh telah beradaptasi dengan kadar hormon yang ada. Kehilangan nafsu makan pada awal kehamilan jika dibiarkan berlarut dapat menyebabkan kurangnya nutrisi untuk janin sehingga pertumbuhan janin menjadi terhambat dan akan mempengaruhi kekebalan tubuh setelah janin lahir.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " titiksetiyawan " dengan judul pertanyaan " Selalu Muntah Saat Mengkonsumsi Susu untuk Ibu Hamil " pada Tanya Dokter:dok..saya mau tanya seberapa penting susu kehamilan? saya tidak suka susu, kira2 kalau secara alami bisa diganti dengan makanan apa gak ya dok? kehamilan pertama dulu saya bisa sedikit memaksa tapi sekarang saya gak bisa sama sekali dan selalu muntah...sekarang hamil 10 minggu...thx

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Apabila anda tidak dapat meminum susu nutrisi untuk ibu hamil, Anda dapat mengkonsumsi suplement ibu hamil dalam bentuk tablet misalnya. Telah tersedia tablet suplemen untuk ibu hamil di pasaran dengan bermacam-macam kandungan di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi dari makanan alami yang bergizi seperti sayur-sayuran dan lauk pauk pada makanan anda.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :