SITE STATUS
Jumlah Member :
505.854 member
user online :
445 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - sel telur


sel telur
brp lama masa sel telur yg matang itu pecah....saya usg internal di hari ke 14 pertama haid. ada sel telur di kanan ukuran 22 yg sdh matang. dan bertahan brp lama sel telur tsbt
02 Dec 2017, 8:59
Dari : Vica Rita Sari

Jawaban

Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Sel Telur Kecil dan Tidak Matang " :Beberapa pasangan akhirnya berkonsultasi ke dokter karena belum mendapatkan momongan meski usia pernikahan sudah lama. Salah satunya yang sering terjadi karena sel telur Bunda yang berukuran kecil. Mengapa sel telur bisa kecil dan bagaimana cara mengembalikannya ke ukuran normal? Berikut poin-poin yang harus Bunda perhatikan:

1. Sel telur yang kecil dan tidak berkembang atau istilah medisnya disebut Ovarium Polikistik dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon-hormon reproduksi seperti Estrogen, Testosteron, Prolaktin.

2. Sel telur yang kecil menyebabkan sel telur tidak matang sehingga tidak dapat dibuahi sperma.

3. Jika tidak segera diobati kualitas sel telur bisa semakin menurun. Konsultasikan pada dokter tahapan apa yang harus Bunda lakukan untuk mengobatinya.

4. Biasanya dokter akan melakukan terapi kesuburan melalui obat-obatan, seperti Metformin, Clomiphene Citrate, Gonadotropin Korionik (HCG).

5. Gejala Ovarium Polikistik yang sering muncul yaitu mens yang tidak teratur. Bila mens Bunda tidak teratur meski tidak sedang program hamil, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan Bunda.

6. Terapi kesuburan dapat berhasil dalam beberapa bulan, tetapi ada juga yang bertahun-tahun. Jangan membandingkan kasus Bunda dengan wanita lain, karena kondisi ketidakseimbangan hormon seseorang berbeda-beda.

7. Pasien Ovarium Polikistik biasanya bertubuh gemuk sehingga keseimbangan hormon terganggu. Jaga berat badan Bunda. Ikut diet seimbang yang sehat. Bila perlu konsultasikan dengan ahli gizi.

8. Terapi kesuburan akan maksimal jika Bunda mengubah pola hidup Bunda. Konsumsilah makanan yang lebih sehat, hindari makanan instant, hindari asap rokok dan alkohol, serta berolahraga secara teratur. Hal-hal di atas dapat membantu terapi kesuburan yang Bunda lakukan.

9. Penderita sel telur kecil bukan tidak mungkin hamil. Kehamilan bisa saja terjadi, terlebih lagi bila terapi kesuburan dijalani dengan baik dan ukuran sel telur mulai membesar. Jadi jangan patah semangat ya, Bun!

10. Untuk memeriksa apakah terapi kesuburan berhasil membuat sel telur membesar, dilakukan USG Transvaginal. Bila besar sel telur belum cukup besar, jangan putus asa, teruslah berusaha dan berdoa.

Nah, Bunda. Lakukan terapi kesuburannya dengan baik ya dan semoga si kecil segera hadir ke tengah keluarga Bunda.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " rita nita " dengan judul pertanyaan " sel telur kecil " pada Tanya Bidan:Apakah sel telur kecil bisa menjadi besar di terapi pakai obat profertil

Bidan menjawab
Dear bunda Rita Nita,
Profertil berfungsi memicu ovulasi ( proses pecahnya folikel yang matang dan mengeluarkan sel telur ). Sebaiknya pemakaian profertil harus dengan petunjuk dokter, karena diberikan sesuai dengan indikasinya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nadina Bunga " dengan judul pertanyaan " SEL TELUR KECIL DAN TIDAK MATANG " pada Tanya Dokter:Saya sudah menikah 2 tahun tetapi blm memiliki momongan, hasil cek dokter katanya sel telur saya kecil dan tidak matang sehingga tidak bisa dibuahi, padahal sudah diberikan profertil..bulan depan akan dicoba diberikan obat lagi dengan dosis 2x lipat,klo masih blm berhasil mau disuntik hormon.. Yang mau saya tanyakan, apa penyebab sel telur itu ukurannya tidak cukup besar untuk dibuahi dan tidak matang?? apakah krn faktor bawaan,stress,kelelahan,atau pola makan? dan apakah ada obat yg bisa membuat ukuran sel telur lebih besar? Dan apakah madu penyubur kandungan dan juga glukogen aman utk dikonsumsi dan bisa memperbesar ukuran sel telur?

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Perkembangan dan pelepasan sel telur di pengaruhi oleh faktor hormonal. Pada keadaan tertentu terjadi pelepasan sel telur yang masih muda atau belum siap maupun dengan kualitas sel telur yang kurang baik. Untuk mengatasi hal ini, dokter akan memberikan terapi hormon yang berhubungan dengan pematangan sel telur. Selain itu Bunda dapat mengkonsumsi makanan ataupun suplemen yang mengandung vitamin E. Vitamin E dipercaya dapat membantu faktor kesuburan bagi pria dan wanita. Sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter Bunda sebelum meminum jenis-jenis suplemen yang Bunda maksudkan. Menjaga kesehatan tentu sangat penting. Bila keseimbangan nutrisi , olahraga dan istirahat terjadi dengan baik, maka keseimbangan hormonalpun diharapkan akan terjadi. Jagalah asupan nutrisi Bunda dengan memakan bahan makanan yang segar (sayur-mayur, buah-buahan dan lain-lain) , rajin dan rutin berolahraga serta istirahat yang cukup.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita