SITE STATUS
Jumlah Member :
506.524 member
user online :
1044 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - perkembangan anak


perkembangan anak
dok, gimana cara mengatasi anak nafsu makannya menurun? BB bisa naik?
susu formula apa yang cocok?
09 Nov 2017, 9:58
Dari : Risha Ayu Zafran

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Memilih Susu Formula yang Tepat " :Beberapa Bunda merasa putus asa karena tak mampu memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada anaknya. Dengan terpaksa Bunda memberikannya susu formula. Bunda harus memilih susu formula yang tepat untuknya. Berikut cara memilihnya :

1.Konsultasikan pada dokter mengapa si kecil perlu susu formula. Dengan mengetahui alasannya Bunda bisa memilih kandungan susu formula yang paling tepat.

2.Jangan tergoda iklan. Belum tentu susu formula yang mahal cocok untuknya. Cocok tidaknya susu formula tergantung dari kandungannya. Pilih kandungan yang paling mirip dengan ASI.

3.Sesuaikan susu formula dengan usianya. Jangan memberikan susu sapi segar pada bayi di bawah 1 tahun. Kandungan natrium, protein dan elektrolit susu sapi masih tinggi yang dapat merusak ginjal bayi di bawah 1 tahun.

4.Beli susu formula pada kemasan paling kecil terlebih dahulu. Perhatikan apakah bayi cocok dengan susu formula tersebut. Bila si kecil diare, sembelit atau muntah bisa jadi ia alergi susu sapi.

Tips :
-Bila si kecil alergi susu sapi, konsultasikan pada dokter. Biasanya dokter akan meresepkan susu formula dengan protein yang terhidrolisis sehingga lebih mudah dicerna bayi.

-Jangan paksakan bayi harus minum satu botol susu formula. Bila ia hanya minum sedikit mungkin ia tidak suka atau sudah kenyang.

-Kenali takarannya sekali minum. Jangan memberikan susu formula yang sudah dilarutkan lebih dari 2 jam


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "ChelsieCynkDiktazelaloe " dengan judul pertanyaan " Menaikkan Berat Badan Anak" pada Tanya Bidan:Bagaimana cara menAikkan BB ank sy pdhl mkn ny byk.tp ssh naik timbgnny.

Bidan menjawab
Dear bunda ChelsieCynkDiktazelaloe,
Banyak faktor yang dapat menyebabkan berat badan anak tak kunjung bertambah, antara lain faktor genetik, pola aktivitas ( asupan makanan tidak sesuai dengan energi yang dikeluarkan ), pencernaan yang kurang sempurna, serta adanya cacingan ataupun flek paru. Disarankan untuk menambahkan makanan bernutrisi tinggi kalori, beri camilan bergizi sebagai selingan diantara waktu makan, beri tambahan zat besi, pastikan anak memiliki cukup waktu untuk menikmati makanannya, usahan tidak memberikan minum terlalu banyak saat makan. Sebaiknya lakukan pemantauan tumbuh kembang anak secara rutin, sehingga dapat segera ditangani bila terjadi keadaan yang abnormal.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ekapratika " dengan judul pertanyaan " SUSAH MAKAN DAN MINUM SUSU " pada Tanya Dokter:Dear dr.Tanti Dok, usia anak saya sekarang 9 bulan, 2 hari yang lalu dia demam,sejak saat itu dia susah makan dan gk mau minum susu, mulut nya jg sekarang sering keluarin air liurnya ,padahal biasa nya kalau di beri makan selalu lahap, dan jika di beri susu langsung mau minum, Itu kenapa y dok, tolong penjelasan dan solusinya

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Dalam hal pemberian makanan, kita tidak dapat memaksa anak. Dengan cara mencoba lagi memberikan walau hanya sedikit akan melatih anak mengenal jenis makanan tersebut, carilah variasi menu dan tampilan makanan yang menarik, rasa yang sedap serta bau yang mengundang selera. Makan bersama dengan keluarga juga dapat membantu melatih makan anak Anda. Perhatikan apakah anak Anda tidak menyukai makanan karena ada masalah setelah memakannya, misalnya apakah ada keluhan pencernaan dan lain-lain. Bila tidak ada keluhan yang timbul, maka kemungkinan masih belum terbiasa dengan makanan tersebut. Setelah mengalami sakit, nafsu makan dan kondisi kebugaran anak mungkin masih perlahan pulih, semangati anak dengan memberikan kasih sayang dan perhatian di samping memberikan asupan nutrisi yang baik. Bila anak tidak mau makan atau kesulitan makan, maka sebaiknya Bunda memeriksakan kembali kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " bahiya" dengan judul pertanyaan " agar nafsu makan dan berat badan bertambah " pada Tanya Apoteker:Dok,anak sy umur 2thn,gmna caranya agar nafsu makan,susah klau diksh makan inginnya minum trus klau g susu,air putih.bbnya jg hnya 8kg.
Jenis makanan apa yg hrus sy berikan,agar bb anak sy bertambah sesuai dgn umurny.
Mhon infonya dok

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Bahiya,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Peningkat nafsu makan yang natural seperti fenugreek (klabet), kunyit, jahe dan ginseng dapat diberikan pada anak. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anak. Berikan vitamin khusus anak seperti vitamin C, D, zink, kalsium dan B12. Suplemen yang dapat diberikan untuk peningkat nafsu makan seperti minyak ikan serta madu dapat meningkatkan nafsu makan.

Pemberian makanan yang tinggi nutrisi juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak, karena tinggi vitamin dan mineral. Buah-buahan yang mengandung vitamin A, C dan serat dapat membantu meningkatkan nafsu makan seperti mangga, pisang, jeruk dan blueberi. Buat makanan tampil semenarik mungkin. Pemberian makanan berbasis susu seperti smoothies dan yoghurt yang kaya akan serat, kalsium serta vitamin B12. Sayuran hijau seperti bayam dan selada juga dapat meningkatkan nafsu makan. Buatlah jadwal makan yang teratur untuk anak.
Demikian jawaban dari saya, semoga dapat membantu bunda. Terima kasih.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :