SITE STATUS
Jumlah Member :
506.417 member
user online :
394 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi


sore
hay bunda.
sy hamil udh 16 minggu
sy mau tanya nih. pa kah umur kandungan segitu wajar mengalami gatel* d paha?
kira* kenapa yah ko air kencing brubah jadi kunging pekat hampir nyerupai orenj
17 Oct 2017, 16:42
Dari : Adhe Yg Merindukn"mu

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Waspadai Infeksi Saluran Kemih Sejak Dini " :Bunda mungkin pernah mendengar istilah dari "anyang-anyangan". Dalam dunia kedokteran, anyang-anyangan disebut istilah penyakit infeksi saluran kemih (ISK).Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, wanita lebih rentan mengalami infeksi saluran kemih karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek.

Penyebab
Saluran kencing/urin adalah istilah kolektif untuk beberapa bagian tubuh yang bertugas membuang urin, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra.

Infeksi saluran kencing disebabkan oleh bakteri yang menyerang uretra dari lingkungan. Pada beberapa kasus, bakteri ini bisa masuk melalui pembuluh darah. Infeksi pada kandung kemih disebut sebagai Cystitis, infeksi pada uretra disebut urethritis.

Gejala Infeksi Saluran Kemih
Gejala-gejala infeksi pada saluran kemih bagian atas (ginjal dan ureter) akan berbeda dengan gejala infeksi saluran kemih bagian bawah (kandung kemih dan uretra). Seseorang bisa saja mengalami gejala keduanya yang menandakan bahwa infeksi sudah menyebar; saluran kemih bagian atas dan bawah sudah terkena infeksi.

A. Gejala Infeksi Saluran Kemih Bagian Bawah
- Sindrom uretra:
* Sering buang air kecil atau dorongan ingin selalu buang air kecil.
* Rasa nyeri tumpul yang konstan pada daerah kemaluan.
* Nyeri saat buang air kecil (disuria).
- Air seni berawan atau bahkan ada darah dalam urin (hematuria).
- Air seni berbau tak sedap.
- Sakit punggung.
- Secara umum merasa tidak sehat.

B. Gejala Infeksi Saluran Kemih Bagian Atas
- Demam dengan suhu tinggi lebih dari 38ยบ C.
- Menggigil tak terkendali.
- Rasa mual ingin muntah.
- Bahkan sampai muntah.
- Buang air besar encer (diare).

Pada ISK bagian atas seseorang juga bisa merasakan sakit pada punggung yang menjalar sampai perut dan pangkal paha. Rasa sakit dapat berkisar dari sedang sampai berat, dan sering lebih buruk ketika buang air kecil.

Ingatlah bahwa, gejala ISK yang telah disebutkan di atas bisa mirip dengan gejala penyakit lainnya dan itu artinya bahwa ketika seseorang mengalami beberapa gejala di atas, maka belum tentu terkena infeksi saluran kemih. Namun ia harus waspada karena saat itu kondisinya masih diduga sehingga harus dicari kebenarannya melalui pemeriksaan oleh dokter.

Efek Infeksi Saluran Kemih terhadap Ibu Hamil
Ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kemih atau infeksi apa saja itu juga mempengaruhi kandungan. Tentu seseorang yang sedang mengalami infeksi memerlukan asupan nutrisi lebih banyak, sementara sang ibu sedang mengandung. Kondisi ini menyebabkan ibu dan si jabang bayi rebutan nutrisi. Sehingga kandungannya juga menjadi kurang kuat sekalipun kandungannya sudah cukup bulan.

Menurut dokter kebidanan dan kandungan RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Julianto Witjaksono, saat ibu hamil mengalami ISK, membuat tubuh mengalami inflamasi atau peradangan penyebab tubuh memproduksi zat-zat yang bisa memengaruhi kehamilan seperti senyawa prostaglandin yang membuat rahim berkontraksi kuat, sehingga menimbulkan rangsangan seperti proses persalinan seperti mulas dan mulut leher rahim mulai terbuka dan hal itu bisa memicu kelahiran sebelum waktunya atau bayi lahir prematur, akan tetapi jikalau cepat diatasi ISK tidak akan membahayakan kehamilan.

Kapan Harus ke Dokter?
Meskipun pada banyak kasus infeksi saluran kemih bagian bawah terasa ringan dan akan membaik dalam beberapa hari, namun tetaplah berkonsultasi dengan dokter jika gejala ISK menyebabkan banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan atau jika tak kunjung sembuh lebih dari lima hari. Beda halnya ketika Bunda mengalami gejala infeksi saluran kemih bagian atas, maka tanpa kompromi harus segera berobat ke dokter.
Semoga sehat selalu ya Bunda...


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ndha.fankha " dengan judul pertanyaan " gatal saat hamil " pada Tanya Bidan:dok sya sekarang sedang hamil 25 minggu, sya sering merasakan gatal pd tubuh sya, apakah itu normal? bagaimana solusinya dok krn sangat mengganggu aktivitas sya

Bidan menjawab
Dear bunda Ndha.Fankha,
Keluhan yang bunda rasakan diakibatkan adanya perubahan hormon ( hormon esterogen & HCG ), selain itu kulit yang kering juga dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal. Pada dasarnya keluhan ini masih dianggap wajar, keluhan akan menghilang dengan sendirinya setelah masa kehamilan selesai. Untuk meringankan keluhan disarankan untuk mandi dengan air dingin, menggunakan sabun dengan ph rendah, mengoleskan minyak zaitun pada seluruh tubuh sesuai mandi, menggunakan pakaian longgar dan berbahan katun, hindari menggaruk kulit.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " izweet " dengan judul pertanyaan " Gatal-gatal di kelipatan paha " pada Tanya Dokter:Dok.... saya mau bertanya, saya sedang hamil 12 minggu, karena sejak hamil sering buang air kecil dan mungkin krn kelebihan berat badan, saya mengalami gatal2 diselangkangan (mgkn akibat jamur)obat apa yang seharusnya saya pergunakan ya dok, soalnya saya takut kalo saya mempergunakan obat yang dijual bebas akan mempengaruhi tumbuh kembang janin saya. Mohon informasinya dok.. terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda Ursula Setiawan (izweet), Untuk mencegah terjadinya jamur di daerah selangkangan, biasakan untuk menjaga daerah tersebut agar tetap kering dan tidak lembab. Bila sehabis buang air kecil keringkan dengan baik, dan sebaiknya mengganti pakaian dalam bila terasa lembab. Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan terbuat dari bahan katun sehingga sirkulasi udara baik dan kulit tidak mudah menjadi lembab. Jangan gunakan bedak atau cream pada daerah tersebut tanpa pemeriksaan dokter. Untuk memastikan bahwa rasa gatal itu disebabkan oleh jamur atau alergi, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, karena rasa gatal dapat disebabkan oleh jamur ataupun alergi yang tentunya memiliki perbedaan dalam pengobatannya. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " charirohbundanemoza " dengan judul pertanyaan " gatal gatal " pada Tanya Apoteker:saya mo tanya,.aq sering gatal gatal terutama di area lipatan..obatnya apa ya??

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Siti,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Beberapa wanita hamil merasa gatal pada telapak tangan atau kaki dan lipatan tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan esterogen.

1.Atasi dengan menghindari mandi air panas yang menyebabkan kulit kering dan memperparah rasa gatal. Gunakan sabun yang lembut (seperti sabun bayi) dan bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

2.Gunakan body lotion setelah mandi. Gunakan body lotion yang lembut dan hypoalergenic.

3.Penggunaan krim bayi untuk gata-gatal dapat membantu (seperti yang mengandung zinc oxide)

4.Gatal pada lipatan tubuh terasa karena suasana yang lembab, sehingga menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Pastikan bunda menggunakan pakaian yang menyerap keringat, terutama pakaian dalam.

Jika ada reaksi pada kulit, seperti berwarna merah, bentol-bentol dan adanya ruam, segera hubungin dokter.
Terima kasih.

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :