SITE STATUS
Jumlah Member :
506.405 member
user online :
704 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Kehamilan


Kehamilan
Dok.. Saya mau tanya.. Saat ini sya hamil 8 minggu stelah saya usg ternyata keadaannya baru kecil sekali seperti gumpalan darah, sehiingga dokter menyarankan sya utk datang kembali 2 mingu lgi, karena masih ragu antara haid yang kurang lancar atau janin yang tidak berkembang.. Apa yang harus saya lakukan??
02 Oct 2017, 14:50
Dari : Aiyyu Pink

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " USG di Awal Kehamilan " :
Saat mengetahui Bunda hamil pasti Bunda tak sabar ingin melihatnya melalui Ultra Sonografi (USG). Tapi apakah USG sudah perlu di awal kehamilan? Berikut informasi yang perlu Bunda ketahui mengenai USG di awal kehamilan:

1.USG bertujuan untuk mengetahui perkembangan, pertumbuhan dan resiko keguguran sejak dini. Sehingga bila kandungan terjadi masalah dapat dicarikan solusi secepatnya.

2.Melalui USG dokter akan melihat ukuran berat dan besar janin sehingga dokter dapat memperkirakan usia janin dan tanggal kelahiran bayi (Due Date).

3.Usia kehamilan 6-7 minggu, Bunda sudah bisa melihat detak jantungnya. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, kepala baru akan terlihat pada usia kehamilan 12 minggu.

4.Resiko janin down syndrome dapat diketahui pada usia kehamilan 12-14 minggu dengan mengetahui tulang hidung dan ketebalan tengkuk janin.

5.Melalui USG dokter juga bisa mengetahui apakah kehamilan Bunda termasuk kehamilan normal atau kehamilan kosong (Blighted Ovum). Jika terbukti kehamilan kosong mungkin Bunda memerlukan pemeriksaan tambahan dan tindakan untuk mengakhiri kehamilan kosong.

6.Meski tidak berbahaya, tetapi apabila janin Bunda tidak bermasalah, Bunda tidak perlu sering-sering melakukan USG.

7.Bila tidak ada kelainan janin, Bunda cukup melakukan USG 2 Dimensi. Pemeriksaan USG 4 Dimensi bisa saja dilakukan, namun biayanya lebih besar dan USG ini sebenarnya diperuntukkan untuk pemeriksaan yang lebih khusus.

Nah, Bunda! Bila Bunda melakukan USG di bawah usia 6 minggu Bunda jangan kaget bila belum terlihat apa-apa. Tanyakan selalu bagaimana kondisi janin Bunda setiap kali berkunjung ke dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Mama Frida M " dengan judul pertanyaan " Kantong Kehamilan 8 minggu " pada Tanya Bidan:bu bidan, Mohon bantuannya.. Jadi begini.. Saya mmg akhir2 ini punya siklus yg kurang teratur. Nah HPHT saya 28 januari. Tapi, saat 17 maret, TP saya baru positif. itupun masih samar. sehingga besoknya saya TP tiap hari dan baru terlihat jelas. Pada saat tgl 30 Maret, saya USG dan UK nya baru 5W 4D. Masih terlihat kantong dan belum terlihat janin. Pdhl kalau dihitung dari HPHT sdh sekitar 8W seharusnya. Aapakah ini normal? Kata2 dokter yg agak tidak mengenakkan adalah ketika dy blg "wah kyknya gak berkembang ini" , tapi dy blg tunggu 2 minggu lagi. Kok bisa ya dokternya blg begitu? Saya jd galau. Apa mungkin memang UK saya mmg masih kecil, jadi janin belum terlihat. Kan mungkin karena siklus saya panjang, jadi konsepsinya agak telat? untuk yg sudah pengalaman mohon masukannya bu. Agar saya bisa tenang. krn ini kehamilan pertama saya. jd saya kurang begitu paham.

Bidan menjawab
Dear Mama Frida M,
Usia kehamilan 8 minggu normalnya kehamilan sudah lengkap, sudah tampak janin dan Yolk Sac (Kantong Kehamilan). Pada kasus bunda, bisa saja pertumbuhannya lambat, bisa terjadi karena menstruasi yang tidak lancar. Untuk memastikannya disarankan untuk melakukan USG ulang 2 minggu pasca USG pertama untuk melihat perkembangan serta pertumbuhan janin, ataupun bunda dapat berkonsultasi dengan dokter lain guna Second Opinion. Hal ini dilakukan bukan berarti kita tidak percaya dengan dokter pertama, tetapi pendapat dokter lain diperlukan untuk kepastian.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mikomala " dengan judul pertanyaan " Janin yang tidak terlihat dalam kantung janin " pada Tanya Dokter:Siang dok sy beumur 26th mens teakhr 29April'15 seharusnya kehamilan sy memasuki 10minggu kmrn diperiksa ada 2 kantung janin tp tdk berkembang krna tdk telihat ddlm kantung janin,sy dsuruh utk kuret tp sy tdk mau krna tdk merasa ada keluhan sperti flek,akhrnya sy pilih second opinion ke ahli obgyn di RS yg berbeda dokter yg kedua hny menemukan 1 kantung saja tp sm dblng krng bagus tdk terlihat ada janin ddlm kantung,dsuruh tunggu 2minggu lg dan dscan lg nanti,apakah ada harapan janin sy berkembang dok?apa yg sy lakukan?trima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada Blighted Ovum memang biasanya tidak dapat diketahui dan baru terdeteksi setelah pemeriksaan USG karena tanda dan perkembangannya seperti layaknya kehamilan pada umumnya namun janin tidak berkembang. Setelah sekitar minggu ke 5-7 kehamilan, pada kehamilan yang normal akan di temukan kantong dan janin di dalam rahim dengan pemeriksaan USG. Terkadang dokter akan menunggu sampai beberapa minggu untuk pemeriksaan USG ulangan. Bila setelah USG ulangan tetap tidak di temukan janin di dalam kantung kehamilan, maka tidak ada janin yang berkembang dan harus di kuretase. BO juga biasanya akan mengalami keguguran secara alami, meskipun tidak semua mengalaminya. Tetap berdoa dan berusaha adalah jalan terbaik, demikian jawaban saya semoga dapat membantu.






Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel