SITE STATUS
Jumlah Member :
506.394 member
user online :
325 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kram perut


kram perut
selamat malam Dr. saya sdg hmil usia 4 minggu, akhir akhir ini perut sering kram, pinggang sbelah kiri jga sering terasa sakit, bhkan kpla jga ikut ikutan sakit, kira kira knpa ya Dr. apa ada mslah dgn kandungan saya ?
terima kasih.
30 Sep 2017, 1:59
Dari : RisthaWati Puspita Dhewi

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Umum pada Awal Kehamilan " :Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "devina.fani " dengan judul pertanyaan " Nyeri Pinggang kiri " pada Tanya Bidan:pagi bu bidan, saya mau tanya kenapa ya udah beberapa hari ini pinggang sebelah kiri saya sakit setiap harinya?

Bidan menjawab
Dear bunda Devina.Fani,
Apakah saat bunda sedang dalam keadaan hamil ? Keluhan nyeri pada daerah pinggang dapat dirasakan pada sebelah kanan ataupun kiri pada saat hamil kemungkinan dapat dipicu oleh aktifitas sehari-hari seperti berjalan, naik tangga, mengangkat, duduk. Saat hamil membesarnya rahim berpengaruh pada pusat gravitasi, melemahkan otot perut, mengubah postur tubuh bunda serta memberikan tekanan, sehingga menimbulkan keluhan nyeri pada punggung / pinggang. Begitu pula perubahan hormon kehamilan dapat melonggarkan sendi dan ligament pada tulang panggul ke tulang belakang. Disarankan untuk melakukan olah raga ringan, rileksasi, perbanyak konsumsi air putih, serta mengurangi aktifitas yang terlalu aktif.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " itsme_isty " dengan judul pertanyaan " Kram perut bawah saat hamil " pada Tanya Dokter: dok, sy mau tanya saat ini usia kehamilan sy 12w,, sy sering mengalami kram di perut sebelah kiri bawah.. kira2 kenapa yaa dok? pernah periksa ke bidan, katanya tdk boleh kecape'an.. trus, boleh ndak di usia kehamilan ini, sy mengkonsumsi air kelapa? mohon bantuannya.. terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Air kelapa merupakan cairan isotonik alami, efeknya pada kehamilan dan ibu menyusui tidak banyak diteliti. Apabila Bunda ingin meminum air kepala, maka sebaiknya meminum dalam jumlah yang wajar serta tidak berlebihan.
Pada kehamilan awal kedutan atau kram pada kandungan merupakan hal normal yang disebabkan oleh perubahan hormon. Pada tahap usia kehamilan berikutnya, kedutan pada kehamilan mengindikasikan pertumbuhan kandungan. Kedutan yang dianggap tidak normal (bertambah parah) atau diikuti pendarahan melalui vagina bisa merupakan tanda-tanda kehamilan di luar kandungan, ancaman aborsi, atau aborsi yang tidak diketahui. Jadi apabila kedutan yang bunda alami intensitasnya sering dan amat kencang terutama disrtai pendarahan melalui vagina, segeralah mengunjungi dokter


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " salsaafief " dengan judul pertanyaan " obat sakit kepala bagi ibu hamil " pada Tanya Apoteker:salam bu apoteker, sya mw tanya,, obat pusing bagi ibu hamil yg aman apa ya?
dan obat penambah darah bagi ibu hamil yg aman apa ya?

trimakasih infonya,,
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Salza,
terima kasih atas pertanyaannya.
Obat pusing yang dapat dikonsumsi oleh wanita hamil adalah paracetamol.

Gunakan sesuai aturan pakai dan hanya ketika dibutuhkan.

Penambah darah mengandung zat besi yang banyak terkandung pada supplemen kehamilan.

Pastikan supplemen kehamilan yang digunakan mengandung zat besi.
Terima kasih



Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel