">
 
 



SITE STATUS
Jumlah Member :
506.509 member
user online :
1060 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - jalan santai


jalan santai
bolehkah mengikuti kegiatan jalan santai saat hamil 16 minggu?
15 Aug 2017, 20:20
Dari : Dizah S Anwar

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hamil Bukan Halangan Untuk Berolahraga " :Kebanyakan para wanita jadi ekstra hati-hati beraktifitas setelah tahu dirinya tengah hamil. Hati-hati tentu saja benar, tapi bukan berarti Bunda tidak boleh melakukan apa-apa termasuk berolahraga. Wanita hamil boleh saja kok melakukan olahraga, malah dianjurkan. dr. Martina Claudia, SpOG juga menyetujui pentingnya olahraga untuk wanita hamil. “Dengan berolahraga Bunda akan mendapat banyak keuntungan.” jelas dokter yang praktek di Siloam Hospital dan Eka Hospital.

Keuntungan berolahraga saat hamil :
1.melenturkan otot, melatih pernapasan sehingga memudahkan saat persalinan normal nanti

2.menambah daya tahan dan stamina selama hamil dan terhindar dari diabetes

3.menstabilkan bobot tubuh supaya tidak terlalu banyak naik, bobot tubuh yang berlebihan bisa menyulitkan Bunda saat persalinan nanti

4.menurunkan resiko penyakit jantung di mana kerja jantung dan darah wanita hamil lebih cepat dari biasanya

5.terhindar dari resiko osteoporosis saat kehamilan mau pun menyusui

Dengan banyaknya manfaat berolahraga tentu Bunda rela berpeluh-peluh sedikit. tapi ingat, kondisi yang tengah hamil mengharuskan Bunda memilah-milah mana olahraga yang boleh dilakukan mana yang tidak.

Olahraga yang boleh dilakukan :
Untuk trimester pertama dan kedua Bunda masih boleh melakukan olahraga dengan pembebanan seperti jalan kaki (10-20 menit), senam dan treadmill. Yoga juga bisa jadi pilihan. Memasuki trimester ketiga lakukan olahraga tanpa beban seperti berenang atau sepeda statis. Kalau Bunda tidak bisa berenang cobalah berjalan-jalan di dalam air.

Jenis olahraga yang harus dihindari :
Jangan sekali-sekali bersepeda di ruangan terbuka. Olahraga sepatu roda, ski air, menyelam, beladiri, atletik dan trampolin juga wajib Bunda jauhi untuk menghindari terjadinya cedera pada janin.

Hentikan olahraga bila :
terasa nyeri pada dada, perut dan kepala
detak jantung lebih cepat
tidak terasa gerakan janin
kontraksi


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ngt ngt dech " dengan judul pertanyaan " Senam Kehamilan " pada Tanya Dokter:bu dokter usia kandungan saya 27 minggu apa waktu ini saudah cukup untuk saya melakukan senam hamil ? intensitas nya harus berapakali dalm seminggu ? trims .semoga bisa membantu .

dr. Tanti menjawab
Dear bunda rita utami, Sebelum melakukan senam hamil, konsultasikan dahulu kepada dokter kandungan anda apakah keadaan anda cukup sehat untuk melakukan olahraga dan berapakali olahraga tersebut direkomendasikan dalam satu pekan berdasarkan kondisi yang telah diperiksa oleh dokter anda. Untuk hal-hal yang harus diperhatikan, dapat anda baca dalam artikel Infobunda "Hamil Bukan Halangan untuk Berolahraga" (http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=178&catid=4).


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :