SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
542 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kehamilan 34 minggu


kehamilan 34 minggu
dok saya mau tanya brusan saya hbis plg priksa dr bidan.. uk udh 34mnggu
kata bidannya posisi letak janin udah bgus tp blm msuk spnuhnya k panggul.. dan katnya saya hrua bnyk mkan sayur dan buah krn perut saya katanya kendor dok.. pd hal ini khmilan prtma saya.. knp prt saya kok udh kendor udh gak kenceng ya dok.. dan kata bidan e bnyak air nya tpi katnya gppa.. saya jd kpkrn trs krn prt saya yg kendor itu dok
tlg d blas ya dok saya tunggu blsn dkter
06 Aug 2017, 20:36
Dari : Ivaa

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hal-Hal Penting di Trimester Ketiga kehamilan " :Memasuki trimester ketiga adalah tahap di mana Bunda akan merasakan keajaiban yang luar biasa. Dalam hitungan sekitar tiga bulan ke depan, Bunda akan melihat buah hati yang selama ini selalu terlindungi di dalam rahim Bunda. Berikut info dan tips seputar trimester ketiga kehamilan Bunda:

1. Trimester ketiga adalah rentang kehamilan 29 - 40 minggu. Berat janin usia 29 minggu sekitar 1,2kg dengan panjang 37cm. Janin akan memenuhi seluruh rahim Bunda sehingga Bunda mudah terasa sesak.

2. Pastikan nutrisi Bunda tercukupi mengingat sebentar lagi Bunda akan membutuhkan tenaga yang cukup untuk melalui proses persalinan nanti. Konsumsi omega 3, protein dan vitamin yang dapat membantu daya tahan tubuh sehingga Bunda tetap fit.

3. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan, yoga khusus wanita hamil, berenang yang dapat membantu janin masuk ke dalam posisi melahirkan (tidak sungsang).

4. Jika Bunda mengalami sakit punggung segera periksa posisi berdiri dan duduk Bunda. Biasanya wanita hamil akan cenderung membungkuk karena ingin melindungi perut Bunda yang membesar. Pastikan tulang belakang Bunda tetap tegak dengan cara mendorong dada ke depan. Jangan kuatir, Bun! Mendorong perut sedikit ke depan masih terhitung aman.

5. Untuk beberapa wanita hamil, akan mengalami kesulitan tidur. Bisa jadi dikarenakan perut yang semakin membesar, tetapi bisa juga karena stress yang berlebihan. Minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu Bunda tidur nyenyak.

6. Bila Perlu ikutlah ke dalam kelas yang memberikan pengetahuan tentang persalinan, memberikan Air Susu Ibu (ASI), mengurus bayi baru. Informasi dari kelas tersebut dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri Bunda untuk menghadapi persalinan dan mengurus si kecil nanti.

7. Sebaiknya jangan mengurut perut ke tukang urut untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan janin. Bila janin belum berada dalam posisi melahirkan, konsultasikan pada dokter.

Nah Bunda kini tinggal tunggu moment bahagia itu. Jangan lupa, yang paling penting adalah Bunda menikmati kehamilan Bunda. Bila Bunda bahagia, si kecil pun akan merasakan bahagia.
Sehat selalu ya, Bunda!


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " nadia.rizkiana1 " dengan judul pertanyaan " Air Ketuban terlalu banyak " pada Tanya Bidan:Usia khamilan saya 31w.trakhir USG kmarin trnyta letak bayi sungsang dan air ktuban trlalu bnyak.bb bayi 1,5kg
Apkah bb bayi normal dan apkah air ktuban bsa brkurang??
Ini khamilan sya yg prtma soalny

Bidan menjawab
Dear bunda Nadia Rizkiana,
Pada usia kehamilan 31 minggu perkiraan berat janin lebih kurang 1,6 -1,7 kg. Janin masih dapat bergerak bebas sampai dengan usia kehamilan 34 minggu. Beberapa penyebab air ketuban berkurang, antara lain adanya sobekan kecil pada membran kantung ketuban sehingga menyebabkan kebocoran dan dapat meningkatkan infeksi pada bunda dan janin, adanya kelainan janin, kelainan plasenta, hamil kembar, serta kondisi medis tertentu seperti diabetes, preeklamsi dan lupus. Disarankan untuk banyak konsumsi air putih, agar terpenuhi kebutuhan cairan untuk bunda serta janin.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Charee Karfieanzyah " dengan judul pertanyaan " Perut kelihatan turun " pada Tanya Dokter: sore dok..saya hamil baru masuk 8 bulan tp kata tetangga perut saya sudah terlihat turun seperti 9 bulan...apa itu normal dok??

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Untuk mengetahui keadaan perkembangan kehamilan dan janin Bunda, dapat dilakukan dengan cara memeriksakan kehamilan (ANC/ Antenatal Care) setidaknya 4 kali selama kehamilan. Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan Bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti mengukur tinggi fundus, melakukan timbang berat badan Bunda, memperkirakan berat badan janin, pemeriksaan tensi darah, pemberian suplemen asam folat dan zat besi, pemberian imunisasi Tetanus (TT), USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi.

Pemeriksaan Tinggi Fundus Uteri dan pemeriksaan USG dapat membantu menilai perkembangan kehamilan Bunda salah satunya untuk mengetahui apakah besarnya perkembangan rahim sesuai dengan usia kehamilan Bunda, taksiran berat badan janin dan untuk melihat apakah ada masalah dalam perkembangan kehamilan Bunda. Bila Bunda rutin memeriksakan keadaan Bunda dan dinyatakan sehat maka tidak perlu merasa khawatir. Bentuk tubuh antara bunda yang satu dengan bunda yang lainnya tentu bervariasi dan tidak semata dinilai dari tampak luarnya saja. Rawatlah kehamilan Bunda dengan memenuhi asupan nutrisi yang baik dan cukup serta beraktivitas dan beristirahat yang seimbang.

Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :