SITE STATUS
Jumlah Member :
506.499 member
user online :
527 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Hamil 5 bulan perut masih lembek


Hamil 5 bulan perut masih lembek
Sore dok.. Dok berat badan saya sebelum hamil 52 kg skrng saya sudah hamil 5 bulan dan bert badan saya skrng 59 kg tapi kenapa ya dok perut saya masi lembek.. Klo pagi lembek tapi pas malem kencang begitu seterusnya dok.. Di tunggu jawabannya dok.. Trimakasih
06 Aug 2017, 16:53
Dari : Devi Hadiati

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Berat Badan Ideal Ibu Hamil " :Satu hal yang pasti dialami Bunda ketika menjalani masa kehamilan adalah berat badan yang bertambah. Berita baiknya, kenaikan berat badan tersebut bukan merupakan suatu masalah, malah merupakan salah satu indikator yang baik untuk memantau tumbuh kembang janin.

Namun, bila Bunda mengalami kenaikan berat badan yang terlalu berlebihan pada masa kehamilan, hal tersebut tentu dapat meningkatkan resiko hipertensi serta diabetes. Sebaliknya, berat badan dibawah rata-rata dapat meningkatkan resiko persalinan prematur, berat bayi lahir rendah dan komplikasi lainnya. Jadi, bagaimanakah pertambahan berat badan yang ideal untuk ibu hamil?

Pertambahan berat badan tiap Bunda pastilah berbeda satu dan lainnya. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan kalori yang berbeda-beda, kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh jumlah berat badan Bunda sebelum masa kehamilan. Bagi Bunda yang mengalami kehamilan kembar, tentu memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih banyak. Sebagai acuan angka rata-rata berat bada ideal pada masa kehamilan, Bunda dapat melihat Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil.

Konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi sangat dianjurkan bagi Bunda, semisal: gandum, kacang hijau, beras merah, dsb. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut maka diharapkan janin akan memperoleh nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya. Hindarilah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tapi minim nutrisi.

Dan jangan lupa, kunjungi dokter untuk mengetahui seberapa banyak kenaikan berat badan yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selamat menjalani masa kehamilan, Bunda!

Tabel Perkembangan Janin & Ibu Hamil


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " yuni.margadinata. " dengan judul pertanyaan " berat badan ibu hamil " pada Tanya Bidan:aku mau tanya
bulan kemaren aku periksa ternyata berat badan aku hanya 43kg, dan sekarang usia kandungan ku jalan 7bulan
apa masalah ya jika berat badan hanya 43kg, padahal aku sudah minum susu ibu hamil.
makasih ya bubid sebelumnya

Bidan menjawab
Dear bunda Yuni Margadinata,
Parameter yang sangat penting saat hamil adalah penambahan berat badan bunda, ini dapat menjadi indikator dari perkembangan janin serta kesehatan bunda sendiri. Idealnya bunda mengalami penambahan berat badan sekitar 12-13 kg, dari awal sampai akhir kehamilan. Apabila pertambahan berat badan bunda terlalu rendah, janin juga akan mengalami kekurangan gizi dan beresiko lebih besar untuk melahirkan bayi dengan berat badanlahir rendah ( BBLR ), selain itu resiko anemia yang juga dapat menyebabkan BBLR dan perdarahan saat persalinan. Disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi serta buah-buahan, serta tercukupi kebutuhan cairan, agar bunda serta janin sehat sampai ke persalinan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " deividwidina " dengan judul pertanyaan " Perut terasa lunak " pada Tanya Dokter: sore dok saya deivi ingin menanyakan seputar kehamilan saya yang baru 6bulan tapi kondisi perut bagian atas terasa kosong dan kalo d tekan terasa lembek,itu knp ya dok apa posisi janin saya salah,trims.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Rajinlah memeriksakan kehamilan Anda (ANC/ Ante Natal Care) setidaknya 4 kali dalam periode kehamilan Bunda untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan kehamilan Bunda. Pada ANC dilakukan pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan, juga palpasi atau perabaan untuk menentukan letak janin dan pengukuran tinggi fundus uteri (TFU). Pengukuran TFU dapat membantu menentukan usia kehamilan sesuai ketinggian fundus tersebut juga prediksi berat badan janin. Posisi janin dapat mengarah ke bawah (kepala di bawah) ataupun kepala di atas atau posisi janin melintang. Pada perabaan bokong (kepala di bawah) ataupun letak lintang, pada puncak fundus (bagian atas perut Bunda) akan teraba lebih lunak dibandingkan bila posisi kepala janin berada di atas (perabaan kepala janin akan lebih keras). Posisi janin mungkin masih bisa berubah ataupun berputar, namun di harapkan setelah usia kehamilan 37 minggu posisi janin sudah menetap dengan posisi kepala di bawah.





Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :