SITE STATUS
Jumlah Member :
506.354 member
user online :
326 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - kondisi kehamilan


kondisi kehamilan
dok saya mau tanya. saya hamil jalan 5 bulan. kok kulit terasa kering dan agak mengelupas diseluruh tubuh, apakh itu kejadian yang wajar saja? dan mohon solusi.nya .terimksih
04 Aug 2017, 8:10
Dari : Viviya Prasetyo

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Bagaimana Stretch Mark Terjadi dan Cara Mengatasinya " :Stretch mark atau guratan – guratan putih suka timbul di area kulit yang mudah renggang. Contohnya seperti wilayah perut, betis, perut, paha, bokong, dan lengan atas. Hal ini terkadang suka mengganggu penampilan. Mengapa stretch mark bisa terjadi dan apa upaya untuk mengatasinya?

Stretch mark atau guratan – guratan putih suka timbul di area kulit yang mudah renggang. Contohnya seperti wilayah perut, betis, perut, paha, bokong, dan lengan atas. Hal ini terkadang suka mengganggu penampilan. Mengapa stretch mark bisa terjadi dan apa upaya untuk mengatasinya?

Stretch mark kerapkali terjadi pada wanita yang sedang hamil. Sebenarnya stretch mark bukan hanya terjadi pada wanita yang sedang hamil. Hal ini juga biasa terjadi dikarenakan pemekaran ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan

Stretch mark terjadi pada lapisan dermis, pada lapisan ini dipenuhi dengan pembuluh darah. Sebenarnya lapisan ini terbuat dari jaringan elastis, namun bila tubuh membesar dalam waktu singkat dan drastis, saraf ini akan melemah dan akhirnya pecah akibat kulit yang menipis.

Bagaimana untuk mencegah dan mengatasi guratan putih alias stretch mark? Berikut tipsnya:

1.Hindari kenaikan berat badan yang terlalu drastis.
2.Tingkatkan elastisitas kulit yaitu dengan banyak makan sayuran dan buah-buahan, minum air putih yang cukup dan menjaga kelembaban kulit misalkan dengan pemakaian moisturizer.
3.Bila Anda sedang hamil, oleskan krim anti stretch mark sejak awal kehamilan.
4.Konsumsilah makanan yang mengandung Vitamin C, dan E
5.Cukup hidrasi, karena dengan asupan air yang cukup, resiko stretch mark lebih sedikit.
6.Oleskan krim atau salep yang mengandung turunan asam vitamin A secara rutin, yang bisa menjaga elastisitas jaringan kulit pada dermis.

Bila sudah terjadi, stretch mark sulit dihilangkan. Jadi sebaiknya jagalah berat badan Anda dan cukupin asupan nutrisi untuk kulit.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ndha.fankha " dengan judul pertanyaan " gatal saat hamil " pada Tanya Bidan:dok sya sekarang sedang hamil 25 minggu, sya sering merasakan gatal pd tubuh sya, apakah itu normal? bagaimana solusinya dok krn sangat mengganggu aktivitas sya

Bidan menjawab
Dear bunda Ndha.Fankha,
Keluhan yang bunda rasakan diakibatkan adanya perubahan hormon ( hormon esterogen & HCG ), selain itu kulit yang kering juga dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal. Pada dasarnya keluhan ini masih dianggap wajar, keluhan akan menghilang dengan sendirinya setelah masa kehamilan selesai. Untuk meringankan keluhan disarankan untuk mandi dengan air dingin, menggunakan sabun dengan ph rendah, mengoleskan minyak zaitun pada seluruh tubuh sesuai mandi, menggunakan pakaian longgar dan berbahan katun, hindari menggaruk kulit.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " noeykyna rizky " dengan judul pertanyaan " Gatal pada kulit saat hamil " pada Tanya Dokter:selamat pagi dok,saya sedang hamil 35 mggu,nah pd mggu ni saya merasakan gatal dan kering pada sela sela jari tangan,dan ada garis merah diperut spt bekas karet celana,ini berbahaya g dok?dan bisa hilang g?apa yg hrs dilakukan mohon saran dan penjelasannya.terimakasih

dr. Tanti menjawab
Dear bunda,
pada keadaan hamil akan timbul keluhan seperti kulit kering, terasa gatal pada kulit dan juga adanya stretch mark (garis pada kulit) yang di sebabkan oleh tertariknya kulit Anda seiring bertambah besarnya kandungan Anda. untuk mengetahui secara pasti penyebab gatal pada sela jari anda sebaiknya anda memeriksakan kepada dokter karena gatal dapat juga disebabkan oleh jamur. Anda dapat menggunakan cream pelembab khusus untuk ibu hamil, agar kelembapan dan elastisitas kulit Anda tetap terjaga. Demikian jawaban saya.




Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :