SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
1295 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - imunisasi


imunisasi
dok saya mau nnya, skrg baby saya berumur 1thn 1 bln. tpi belum di sntik campak? apa msih bisa d sntik dok? apa masih Ada manfaatnya
09 Jul 2017, 1:38
Dari : Nanha Andrian

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Virus Campak pada Bayi dan Ibu Hamil " :“Eh anakku sudah bisa berdiri sendiri.”. Apakah Bunda masih ingat dengan kalimat itu? Ya, itu adalah iklan layanan masyarakat yang sangat populer sekitar dua puluh tahun yang lalu yang berisi himbauan dari pemerintah tentang pentingnya imunisasi Campak.
Campak yang biasa dikenal dengan istilah tampek ini adalah penyakit infeksi yang menyerang balita yang disebabkan oleh virus Morbili. Gejala yang tampak sangat mirip dengan influenza, seperti panas tinggi (bisa mencapai 40° Celcius) batuk dan pilek. Tak heran gejala ini sering membuat para Bunda kebingungan. Perhatikan saja! Pada Campak gejala tersebut diikuti juga dengan keluarnya bintik-bintik merah, bintik putih kecil di mulut bagian dalam, mata merah dan berair, sariawan serta diare selama 3-5 hari. Bila suhu tubuh anak terlalu tinggi bisa terjadi kejang atau stuip. Campak juga membuat anak menjadi malas makan sehingga berat badannya bisa menurun. Penyakit ini menular melalui air ludah. Maka dari itu sebaiknya gunakan wadah yang berbeda untuk setiap anak.

Pencegahan & Pengobatan
Sebagai upaya pencegahan, pemerintah mencanangkan pemberian vaksinasi atau imunisasi Campak yang dikenal dengan vaksin MMR (Mumps, Measles dan Rubella).

Imunisasi Campak diberikan dengan tujuan untuk melemahkan virus Campak terutama pada bayi. Meskipun bayi telah mendapat kekebalan Campak pada saat di kandungan, tetapi pada usia 6-9 bulan, kekebalan itu akan menurun dan saat itulah imunisasi Campak bisa diberikan. Imunisasi ini sangat penting supaya tubuh bayi dapat melawan virus Campak yang menyerangnya. Pemberian imunisasi Campak atau MMR ini harus diulang.

Tidak ada pengobatan yang khusus untuk melawan Campak. Balita hanya perlu beristirahat yang banyak. Untuk menurunkan demamnya biasanya dokter akan memberikan asetaminofen atau ibuprofen. Bila terjadi infeksi bakteri maka anak akan diberikan antibiotik.

Campak pada Ibu Hamil
Campak juga bisa menjangkit ibu hamil yang belum kebal terhadap virus Rubella. Bila Bunda terserang Campak pada trimester pertama kehamilan, janin beresiko mengalami berbagai cacat berat. Virus Rubella juga meningkatkan resiko keguguran. Biasanya begitu hamil, dokter akan memberikan anjuran untuk mendeteksi virus TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalo Virus dan Herpes). Tetapi akan lebih baik bila Bunda melakukannya sebelum hamil, sehingga dapat dilakukan tindakan lebih dini.

Notes:
-Bila seseorang pernah terkena Campak, maka seumur hidupnya ia akan kebal terhadap penyakit ini.

-Saat anak panas tinggi, jangan memberikannya pakaian yang terlalu tebal atau menyelimutinya rapat-rapat. Hal ini membuat panasnya sulit keluar sehingga beresiko terjadi kejang.

-Tidak ada korelasi antara imunisasi Campak dengan Autisme.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Nur Jannah1 " dengan judul pertanyaan "Imunisasi polio berbarengan dengan imunisasi campak " pada Tanya Bidan:Siang bu bidan,sy mo tanya apakah imunisasi polio 4 bisa bareng dgn Imunisasi campak bu. Mohon penjelasannya trimakasih.

Bidan menjawab
Dear bunda Nur Jannah,
Vaksin campak dan vaksin polio adalah vaksin yang berisi kuman hidup yang dilemahkan, sebaiknya pemberiannya tidak berbarengan. Untuk imunisasi campak diberikan pada usia 9 bulan, sedangkan polio 4 diberikan pada usia 18 minggu.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " vika alifya " dengan judul pertanyaan " telat imunisasi campak " pada Tanya Dokter: pagi dokter,dok anak saya belum imunisasi campak karena wkt usia 9bln sempat demam sampe skrg usia 1th blm juga di imunisasi campak.kira-kira boleh tidak anak saya di imunisasi di usianya yang 1th????

dr. Tanti menjawab
Apabila anak anda tidak mendapatkan imunisasi campak pada usia 9 bulan, maka pada usia 1 tahun ini dapat mendapatkan imunisasi campak untuk mengejar keterlambatan. Namun bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak anda, karena masing-masing dokter dapat memiliki pendapat yang berbeda. Demikian jawaban saya.
http://www.infobunda.com/dokter/2399-Telat-imunisasi-campak.html




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Berita
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum