SITE STATUS
Jumlah Member :
498.928 member
user online :
930 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - obat dramamine amankah buat bumil?


obat dramamine amankah buat bumil?
dok saya hamil 22 minggu dan ingin melakukan perjalanan jauh naik bus. saya tipe orang yang selalu mabuk perjalanan. dulu sebelum hamil saya selalu minum obat dramamine. pertanyaanya apakah obat dramamine aman untuk bumil? jika aman berapa dosis yang tepat dok? terimakasih.
20 Jun 2017, 12:43
Dari : ninik_nurvia

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Obat yang Aman untuk Ibu Hamil " :Saat hamil Bunda pasti menjadi lebih hati-hati, terutama dalam meminum obat. Karena tidak semua obat-obatan aman untuk ibu hamil. Tapi bagaimana kalau Bunda sakit dan harus minum obat? Berikut tentang obat-obatan yang perlu Bunda perhatikan saat hamil:

1.Hindari mengonsumsi Antibiotik tanpa resep dokter, terutama golongan tetrasiklin. Selain itu hindari juga penggunaan obat-obatan penyakit Diabetes dan Kanker bila tidak disertai resep dokter.

2.Ibu hamil biasanya mengeluh pusing, mual dan sakit kepala. Bila memang harus minum obat,paracetamol adalah obat yang paling aman untuk ibu hamil. Tetapi tentu saja tidak boleh mengonsumsinya setiap hari.

3.Hati-hati dengan penggunaan kodein, aspirin dan ibuprofen karena dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan lahir dengan berat badan rendah.

4.Bila diare, sebaiknya jangan langsung membeli obat diare yang
mengandung Kaolin yang berbahaya untuk janin. minumlah garam Oralit supaya Bunda tidak dehidrasi.

5.Selalu konsultasikan pada dokter setiap obat yang akan Bunda minum.

Selain obat ada cara lain untuk mengatasi keluhan selama hamil terutama sakit kepala, yaitu dengan cara berolahraga ringan. Jalan kaki setiap pagi atau sore hari dapat mengurangi keluhan sakit kepala dan pegal-pegal. Berenang dan Yoga hamil bisa menjadi alternatif lain.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Yunita ababil " dengan judul pertanyaan " Obat mual dan muntah untuk ibu hamil " pada Tanya Dokter: Salam Dokter,, Kehamilan saya sudah masuk bulan ke-5, tetapi saya masih mual & muntah..dan oleh Dokter saya diberi resep obat "NARVOZ". Dan obat tsb benar2 mencegah muntah, tetapi sy bingung Dok, setelah membaca keterangan obat tsb tidak dianjurkan u wanita hamil. Apakah obat yg sudah saya konsumsi itu berbahaya Dok bagi janin saya?,,saya takut ada kelainan dgn bayi sy?...mohon penjelasannya Dokter.. Terima Kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Narfoz (ondansentron) adalah anti emetic (anti muntah) dan dapat digunakan pada kehamilan bila di rasa benar-benar perlu diberikan dan berdasarkan pengawasan dokter. Sebaiknya bunda meminumnya bila benar benar memerlukannya. Bila bunda merasa tidak nyaman menggunakan obat tersebut, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter bunda untuk jenis obat lainnya. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Asyifa Mulyadi " dengan judul pertanyaan " Obat yang aman untuk mabuk perjalanan saat hamil. " pada Tanya Apoteker:Selamat siang, saya mau tanya apakah ada obat yang aman untuk mengatasi mabuk perjalanan?
Mengingat saya sedang hamil muda saat ini.
Apakah obat seperti antimo berbahaya buah ibu hamil??
Mohon bantuan nya, soalnya sebentar lagi saya akan mudik dan pasti saya mabuk meskipun user saya ud dikasih koyo&minyak kayu putih.
Terima ksaih atas jawabanya.

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda Asyifa,
Terima kasih atas pertanyaannya.
Gunakan obat yang mengandung dimenhydrinate yang aman bagi wanita hamil.

Antimo mengandung dimenhydrinate 50 mg. Gunakan sesuai dengan aturan pakai.
Jika ragu, silahkan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.
Terima kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :