SITE STATUS
Jumlah Member :
497.550 member
user online :
785 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - efek samping obat mual dan kacang almond


efek samping obat mual dan kacang almond
Halo Dok, kemarin saya sepertinya salah makan ,, makan kacang almond segenggam tangan padahal harusnya 3-5 butir sehari trs abis itu minum ondansetron buat ga mual. Nah malah pusingnya bukan main... Ondansetron obat temen saya yang sedang hamil juga. sementara obat mual saya dikasih sama dokter anvomer B6. mohon penjelasannya Dok, saya sangat khawatir dengan janin saya yang baru berusia 2 bulan. terimakasih
06 Jun 2017, 10:46
Dari : juwitakh

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Keluhan Umum pada Awal Kehamilan
" :Tanda dan gejala awal yang timbul pada awal kehamilan, terkadang dapat juga menjadi suatu keluhan bagi calon ibu baru. Apa saja tanda dan gejala yang biasanya menjadi keluhan tersebut? Mungkin Bunda juga pernah atau bahkan sedang mengalaminya.

Perdarahan atau flek
Ketika Bunda hamil, Bunda tidak akan mendapatkan menstruasi pada periode berikutnya. Namun banyak wanita yang juga mengalami perdarahan atau flek saat mereka hamil, tetapi biasanya perdarahan akan lebih pendek atau lebih ringan dari periode menstruasi normal.
Apabila Bunda mengalami keluhan perdarahan pada awal kehamilan, sebaiknya segera memeriksakan diri pada bidan atau dokter Anda, meskipun perdarahan atau flek tersebut nantinya tidak berbahaya pada kehamilan Anda.

Payudara bengkak atau nyeri
Gejala lain kehamilan yang mungkin mulai terjadi 1-2 minggu setelah pembuahan. Kadar hormon seorang wanita cepat berubah setelah konsepsi. Karena perubahan, payudara mungkin menjadi perih ketika disentuh, merasa sakit, atau bengkak. Sekitar puting, yang disebut areola, mungkin juga menjadi lebih gelap.

Merasa kelelahan
Keluhan yang juga dapat dimulai pada awal minggu pertama setelah konsepsi. Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan mengurangi aktivitas fisik berlebihan.

Mual / Morning Sickness
Merupakan gejala kehamilan yang sering muncul antara 2-8 minggu setelah pembuahan. Beberapa wanita beruntung untuk tidak berurusan dengan morning sickness sama sekali, sementara yang lain akan merasa mual hampir sepanjang kehamilan mereka.

Nyeri Punggung
Bila biasanya Bunda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Bunda benar hamil, gangguan ini dapat menetap hingga melahirkan nantinya.

Sakit kepala
Kenaikan hormon tiba-tiba dan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh Bunda dapat menyebabkan Bunda memiliki sakit kepala di awal kehamilan.

Sering buang air kecil
Pada sekitar 6-8 minggu setelah pembuahan umumnya menjadi salah satu keluhan pada awal kehamilan, namun Bunda juga harus berhati-hati terhadap kemungkinan iritasi saluran kemih yang mengarah pada infeksi saluran kemih bila timbul gejala lain seperti demam misalnya.

Mengidam makanan tertentu atau keengganan terhadap makanan tertentu
Banyak wanita akan merasa keinginan untuk makanan tertentu ketika mereka hamil. Padahal sebelumnya bunda tidak begitu suka mangga, tiba-tiba bunda ingin sekali memakan mangga. Atau tiba-tiba Bunda menjadi tidak menyukai dan tidak tahan terhadap makanan favorit Bunda.

Tips:
Seorang wanita hamil bisa memiliki semua gejala, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua gejala kehamilan. Yang harus Bunda ketahui adalah gejala-gejala tersebut mungkin saja disebabkan oleh hal-hal selain kehamilan. Jika gejala-gejala tersebut telah sangat mengganggu, periksakan diri Bunda pada Bidan atau Dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Yunita ababil" dengan judul pertanyaan " Obat mual dan muntah untuk ibu hamil" pada Tanya Bidan:Salam Dokter,, Kehamilan saya sudah masuk bulan ke-5, tetapi saya masih mual & muntah..dan oleh Dokter saya diberi resep obat "NARVOZ". Dan obat tsb benar2 mencegah muntah, tetapi sy bingung Dok, setelah membaca keterangan obat tsb tidak dianjurkan u wanita hamil. Apakah obat yg sudah saya konsumsi itu berbahaya Dok bagi janin saya?,,saya takut ada kelainan dgn bayi sy?...mohon penjelasannya Dokter.. Terima Kasih

Bidan menjawab
Dear Bunda, Narfoz (ondansentron) adalah anti emetic (anti muntah) dan dapat digunakan pada kehamilan bila di rasa benar-benar perlu diberikan dan berdasarkan pengawasan dokter. Sebaiknya bunda meminumnya bila benar benar memerlukannya. Bila bunda merasa tidak nyaman menggunakan obat tersebut, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter bunda untuk jenis obat lainnya. Demikian jawaban saya.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " henni01 " dengan judul pertanyaan " Sakit kepala pada kehamilan 17 week " pada Tanya Dokter: dok sy sekang sedang masa kehamilan 17mg..sering sekali sakit kepala?apakah itu normal?kadang smp 2hr sakit gk ilang...solusinya apa ya dok.thx

dr. Tanti menjawab
Dear bunda,
Sakit kepala pada kehamilan seringkali disebabkan karena adanya perubahan hormonal. Selain itu kemungkinan lain penyebabnya adalah stress, kurangnya tidur, kurangnya asupan makanan, kadar gula darah yang rendah ataupun karena perubahan postur tubuh. Untuk mengetahui pasti penyebab sakit kepala dan pengobatannya sebaiknya bunda memeriksakan diri pada dokter kandungan Anda. Posisikan tubuh anda dalam suasana yang relax, berikan pijatan lembut pada kepala dan pundak anda, perhatikan asupan makanan dan pola istirahat Anda. Pada umumnya tidak berdampak secara langsung pada janin, namun bila Bunda menjadi malas makan karena sakit kepala, dapat terjadi kurangnya asupan nutrisi dan dapat berdampak pada kehamilan.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Denok Aja " dengan judul pertanyaan " pengaruh terhadap janin penggunaan Ondansetron " pada Tanya Apoteker:Ada kah pengaruh terhadap janin penggunaan Ondansetron berkepanjangan selama awal kehamilan mengingat mual muntah saya parah dan jika tidak mengkonsuminya mual muntah saya kambuh

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda,
Penggunaan Ondansentron masuk kategori B pada kategori kehamilan FDA. Hal ini berarti obat ini aman untuk wanita hamil. Akan tetapi hanya gunakan obat ini sesuai anjuran dokter.
Terima kasih
Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter