SITE STATUS
Jumlah Member :
506.368 member
user online :
417 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - usg 6w1d. masih kantong


usg 6w1d. masih kantong
dok saya kmren bbrpa hari yg lalu usg 6w1d. masih kantong. normalkah. saya soalnya pnya riwayat bo. kmren sblm tau hamil saya sering mkn sate. trs usia kandungan berapa normalnya mengalami morning sickness??
15 May 2017, 13:46
Dari : Arinii Pramiita

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Normalkah Hamil Tanpa Keluhan?
" :Kehamilan merupakan anugerah yang tak terhingga, khususnya untuk Bunda yang memang mendambakan kehadiran buah hati. Untuk Bunda yang sudah dinyatakan positif hamil, selamat ya!

Umumnya, karena perubahan hormon Bunda hamil akan mengalami masa morning sickness, yaitu masa di mana Bunda akan merasa mual, tidak nafsu makan dan muntah. Biasanya morning sickness terjadi pada trimester pertama.

Selain morning sickness, Bunda hamil akan mengalami beberapa keluhan, seperti: sakit punggung, sakit tulang ekor (skiatika), kulit menjadi hitam di beberapa area terutama payudara, kaki bengkak, dll.

Tetapi bagaimana bila Bunda tidak mengalami keluhan-keluhan ini? Apakah normal?

Tidak Semua Sama
Perubahan kadar hormon setiap bunda hamil berbeda satu dengan lainnya. Tidak heran bila ada Bunda yang tidak mengalami keluhan-keluhan itu.

Bila ditanya apakah normal? jawabannya adalah normal karena kadar hormon yang berbeda. Tetapi ada beberapa pendapat lain yang menjawab iya dan tidak. Tingginya tingkat hormon merupakan penyebab utama dari morning sickness, sekaligus sebagai tanda bahwa kehamilan bergerak ke arah yang baik. Tetapi bukan berarti yang tidak mengalaminya akan mengalami masalah janin.

Cukupi Nutrisi
Jadi Bunda tak perlu kuatir bila tidak mengalami keluhan-keluhan selama kehamilan. Baik atau buruknya pertumbuhan janin ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya nutrisi. Cukupi kebutuhan nutrisi harian Bunda. Jangan lupa untuk melakukan rileksasi dan olahraga rutin setidaknya dua kali seminggu.

A Happy Mommy makes a Happy Baby!

Tips: Walapun tanpa keluhan, Bunda harus tetap secara rutin melakukan ANC (Ante Natal Care) atau pemeriksaan kehamilan. Lakukan minimal empat kali selama masa kehamilan.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " vhedio " dengan judul pertanyaan "hamil 7 minggu baru terlihat gumpalan " pada Tanya Bidan:Siang dok,

sekarang saya sudah telat haid selama 1 bulan, waktu telat 3 minggu saya memutuskan utk USG kedokter kandungan, kalo prediksi dokter tsb kalo saya hamil soalnya sudah ada gumpalan, yg mau saya tanyakan maksud dari gumpalan itu apa ya dok ?? apa itu kantung janin ?? apa normal dok dengan usia kandungan saya yg sudah menginjak 7 minggu namun masih baru terlihat gumpalan saja ??
dan apa prediksi dokter tersebut benar kalo saya hamil, soalnya saya akhir2 ini sering merasakan perut bagian bawah sakit dok, apalagi kalo saya kelelahan, dan nafsu makan saya jga berkurang karena saya sedang radang tenggorokan, saya takut kalo bener saya hamil dan terjadi apa2 sama calon bayi saya karena asupan makanan'a kurang, oia dok obat sakit radang utk ibu hamil apa ya dok ??
thx

Bidan menjawab
Dear bunda Vhedio,
Gumpalan yang di maksud kemungkinan adalah kantong kehamilan. Kantung kehamilan dapat terdeteksi oleh USG transvaginal pada usia kehamilan 4-6 minggu, janin dapat terdeteksi dengan USG transvaginal pada usia kehamilan 7-9 minggu. Disarankan untuk melakukan USG ulang 2 minggu pasca USG terakhir. Untuk terapi sebaiknya diminimalkan, mengingat saat hamil terutama trimester awal, janin sedang dalam masa pembentukan.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " mikomala " dengan judul pertanyaan " Janin yang tidak terlihat dalam kantung janin " pada Tanya Dokter:Siang dok sy beumur 26th mens teakhr 29April'15 seharusnya kehamilan sy memasuki 10minggu kmrn diperiksa ada 2 kantung janin tp tdk berkembang krna tdk telihat ddlm kantung janin,sy dsuruh utk kuret tp sy tdk mau krna tdk merasa ada keluhan sperti flek,akhrnya sy pilih second opinion ke ahli obgyn di RS yg berbeda dokter yg kedua hny menemukan 1 kantung saja tp sm dblng krng bagus tdk terlihat ada janin ddlm kantung,dsuruh tunggu 2minggu lg dan dscan lg nanti,apakah ada harapan janin sy berkembang dok?apa yg sy lakukan?trima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada Blighted Ovum memang biasanya tidak dapat diketahui dan baru terdeteksi setelah pemeriksaan USG karena tanda dan perkembangannya seperti layaknya kehamilan pada umumnya namun janin tidak berkembang. Setelah sekitar minggu ke 5-7 kehamilan, pada kehamilan yang normal akan di temukan kantong dan janin di dalam rahim dengan pemeriksaan USG. Terkadang dokter akan menunggu sampai beberapa minggu untuk pemeriksaan USG ulangan. Bila setelah USG ulangan tetap tidak di temukan janin di dalam kantung kehamilan, maka tidak ada janin yang berkembang dan harus di kuretase. BO juga biasanya akan mengalami keguguran secara alami, meskipun tidak semua mengalaminya. Tetap berdoa dan berusaha adalah jalan terbaik, demikian jawaban saya semoga dapat membantu.


Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :