SITE STATUS
Jumlah Member :
506.393 member
user online :
611 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - obat penurun demam


obat penurun demam
obat untuk penanganan pertama penurun demam bayi usia 3 bln bila suhu diatas 38 derajat lewat supp.. namanya obat apa ya?
12 May 2017, 19:58
Dari : Riska Midyawati

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Demam dan Kejang Demam " :Menjadi Bunda baru tentu banyak tantangannya. Selain fisik yang harus tetap stabil, kesabaran dan ketenangan Bunda perlu diperhatikan juga. Banyak Bunda baru yang panik dengan pertumbuhan dan perkembangan si kecil, terutama bila si kecil sedang sakit. Yang paling sering membuat Bunda panik adalah saat bayi demam. Tetapi apakah demam begitu menakutkan ? Yuk, lihat bagaimana fakta-fakta mengenai demam.
Ibunda tak perlu kuatir, demam tidak mencelakakan. Demam bukanlah suatu penyakit. Demam merupakan suatu reaksi tubuh yang sedang melawan infeksi (umumnya infeksi virus). Bunda tak perlu segera memberi obat penurun panas, pastikan bahwa suhu badannya mengalami kenaikan di atas suhu normal, obat penurun panas membantu menurunkan suhu dan mengurangi nyeri namun tidak mengatasi sumber penyebab demam. Bila anak demam tetapi masih terlihat ceria, mau makan dan minum, tidur cukup dan terlihat nyaman, Bunda tak perlu kuatir.

Kapan ke dokter?
Karena melihat suhu tubuh anak meningkat mungkin Bunda atau suami ingin segera membawanya ke dokter. Sebaiknya kenali tanda kapan si kecil perlu ke dokter. Berikut tanda-tanda bayi harus ke dokter:

-Demam lebih dari 72 jam. Artinya bila si kecil baru demam satu atau dua hari berikan hometreatment saja seperti berendam di air hangat dan berikan minum yang banyak (hanya berikan ASI atau susu formula untuk bayi kurang dari 6 bulan).

-Si kecil terlihat tidak ceria, tidak mau makan/minum, rewel, menangis keras, gelisah, tidur terus menerus, dan membiru.

-American Academy of Pediatric (AAP) menganjurkan bayi segera dibawa ke dokter bila :
- Bayi < 3 bulan dengan suhu 38⁰ Celcius.
- Bayi 3 – 6 bulan dengan suhu 38,5⁰ Celcius.
- Bayi > 6 bulan dengan suhu 39,5⁰ Celcius.

-Kebanyakan demam disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Bila anak demam dan dokter memberikan antibiotik sebaiknya Bunda tanyakan diagnosisnya terlebih dahulu, apakah ada infeksi bakteri.

Kejang Demam
Pada beberapa anak, demam bisa disertai kejang yang biasa disebut kejang demam. Bayi yang suhu tubuhnya sangat tinggi belum tentu terjadi kejang, sebaliknya bayi dengan suhu tubuh tidak terlalu tinggi bisa timbul kejang. Terutama bila ada riwayat kejang pada Bunda atau Ayah pada masa kecil.

Bagaimana menangani kejang demam ?
Jangan panik adalah kunci utama menghadapi kejang demam. Perhatikan napas dan warna kulit si kecil. Segera baringkan ia di alas yang rata dan jauhi dari benda apapun yang bisa melukainya. Jangan masukkan benda seperti sendok ke dalam mulut anak untuk menghindari terjadinya trauma.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Syauqie " dengan judul pertanyaan " Bayi Demam " pada Tanya Bidan:Salam bu, saya punya anak berumuran 4 bulan, kadang badannya sering anget pas sore hari, malam hari, kadang juga pas mau tidur.tapi walaupun badannya anget anak aktif dan bahkan berkeringat. Hal seperti itu karena apa ya bu?
Bolehkah bayi minum milk shake herbalife

Bidan menjawab
Dear bunda Syauqie,
Demam adalah suatu bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh melawan infeksi. Suhu tubuh normal bayi adalah 36,5 sampai 37,5 derajat celcius. Suhu tubuh biasanya paling tinggi pada sore hari. Suhu tubuh dapat meningkat disebabkan oleh aktivitas fisik, emosi yang kuat, makana, obat-obatan, dan kelembaban yang tinggi. Pada bayi kepalanya akan terasa lebih panas dari bagian tubuh lainnya, sebab kulit bagian keoala relatif lebih tipis dari kulit bagian lain, dan juga terdapat banyak pembuluh darah dibawahnya. Sebaiknya lakukan pengukuran suhu tubuh bayi untuk memastikan apakah ada kenaikan suhu tubuhnya dengan menggunakan thermometer.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Anam " dengan judul pertanyaan "Obat demam yang aman bagi bayi " pada Tanya Dokter: Assalamualaikum wr.wb..sore dok..mhn informasinya,sebenarnya obat demam lbh ringan yg mana antara parasetamol dengan ibuprofen untuk diberikan pada bayi usia dibawah 1tahun?ada yg mengatakan parasetamol lebih keras dan ada yg sebaliknya..mohon informasinya untuk smua para bunda agar tidak sembarangan memberi obat demam..tks

dr. Tanti menjawab
Dear bunda, Ibuprofen dan parasetamol, keduanya merupakan anti piretik dan anti inflamasi dari golongan non steroid, digunakan dalam mengurangi gejala nyeri dan demam. Untuk anak di bawah usia 2 tahun sebaiknya menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Ibuprofen maupun paracetamol tergolong aman digunakan untuk menangani nyeri dan demam pada anak selama penggunannya dalam dosis yang di anjurkan. Sampai saat ini masih merupakan perdebatan obat apa yang paling ampuh di antara parasetamol maupun ibuprofen dalam menangani demam dan nyeri pada anak, namun lepas dari itu, keduanya dinyatakan baik di gunakan sebagai pilihan obat untuk demam dan nyeri pada anak. Ketika anak anda demam, pastikan untuk memperbanyak asupan cairan, gunakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat dan tidak terlalu tebal atau ketat, berikan obat demam bila perlu. Bila demam masih berlangsung, segera temui dokter anda.


Berikut ini jawaban Apoteker pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Dewie panz " dengan judul pertanyaan " Bayi Demam " pada Tanya Apoteker:Diskusi ini datang dari pertanyaan Bunda Dewie panz
"mau tanya... saya punya anak umur 4,5 bln skrg sedang demam, dari dokter sdh dikasih obat penurun demam SANMOL, cuma skrg anakku sepertinya mau batuk cuma belum belum keluar batuknya jadi anakku rewel krn batuknya belum jadi, pileknya sih masih ringan cuma tetap mengganggu pernafasan. mohon bantuannya ya..."

Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Terima Kasih atas pertanyaannya.
Jika bayinya masih demam, dapat terus diberikan penurun panasnya.
untuk pileknya, bisa kembali berkonsultasi dengan dokter anak.
Saran saya,
- Pada saat bayi dijemur dipagi hari, tengkurapkan bayi, dan tepuk-tepuk punggungnya.

- Balur badan bayi dengan minyak telon, pijat lembut telapak kakinya.

- Buat inhalasi buatan dikamar, taruh air hangat dalam baskom, dan teteskan minyak kayu putih atau minyak telon. Hal ini dapat membantu mengeluarkan lendir dari bayi.

- Banyak berikan susu hangat
Semoga informasi dari saya dapat membantu.
Terima Kasih.
Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Artikel
Jenis :