SITE STATUS
Jumlah Member :
506.501 member
user online :
1311 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Septium vagina


Septium vagina
bidan / dokter.. saya mau tanya dikehamilan ank yg pertama, saya Caesar Krn sungsang, tapi alasan utamanya TDK hanya Krn sungsang itu melainkan kelainan yg saya punya, septium vagina. apa persalinan anak kedua saya harus Caesar lagi ? dan kalau ia apakah pembedahan dilakukan di bekas luka yg lama ? thnks
09 May 2017, 21:20
Dari : Priska Tangkuman

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " JAGA JARAK AMAN " :Pasti ada, karena... jaga jarak aman yang dimaksud disini ditujukan untuk pertimbangan memiliki tambahan momongan. Melanjutkan artikel sebelumnya, yang membahas mengenai beberapa pertimbangan untuk menambah momongan.

Kali ini topik yang akan dibahas yaitu tentang pertimbangan jarak usia antara anak yang satu dengan yang lain. Berikut ini adalah hasil penelitian yang mendukung pembahasan tersebut :

18 -23 bulan
Menunggu hingga periode waktu tersebut untuk hamil lagi sesudah melahirkan merupakan waktu yang tepat bagi kesehatan bayi yang dikandung.

Hamil kurang dari enam bulan sesudah melahirkan dapat menyebabkan kelahiran prematur (40 persen) atau si bayi kekurangan berat badan. Sementara kehamilan dengan jarak 10 tahun sesudah melahirkan mempunyai risiko dua kali lipat pada masa pra-kelahiran.

24 sampai 35 bulan
Jarak yang termasuk ideal untuk merencanakan kehamilan. Bila kurang dari jarak tersebut, biasanya mempunyai risiko bayi lahir dengan berat badan kurang. Ingat,ibu pun butuh waktu untuk pulih dari stres dan kekurangan gizi sesudah kehamilan terdahulu.

Usia anak sebelumnya berusia di bawah satu tahun atau di atas empat tahun
Merupakan jarak yang tepat bila pertimbangannya didasarkan pada hubungan kakak-beradik dengan orang tua, persaingan saudara sekandung, dan rasa percaya diri mereka. Anak-anak di bawah setahun belum merasakan status istimewa yang mereka miliki, sementara anak di atas empat tahun sudah cukup puas menikmati perhatian dari ayah-ibunya. Ditambah lagi, mereka sudah mempunyai kesibukan sendiri.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " anya_ien " dengan judul pertanyaan "jarak kehamilan " pada Tanya Bidan:hello bu,,,,saat ini saya hamil usia 4bln,,,anak saya yang pertama usia 3,5th,,trus setahun yang lalu saya pernah keguguran,,,apakah kehamilan saya ini beresiko atau tidak,dan berapa jarak kehamilan yang ideal??

Bidan menjawab
Dear bunda Anya_Ien,
Jarak yang disarankan untuk hamil adalah 2-5 tahun setelah kehamilan sebelumnya, hal ini berdasarkan beberapa pertimbangan yang bisa berpengaruh pada bunda dan anak, apalagi bila mengalami operasi caesar pada persalinan sebelumnya, pemulihan pasca operasi sangat penting untuk diperhatikan. Bila terjadi keguguran jarak yang dianjurkan untuk dapat hamil kembali adalah 3 - 6 x siklus haid.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Eny Tjitra " dengan judul pertanyaan " Apakah harus sectio klo dulu pernah sectio? " pada Tanya Dokter: Dok,saya melahirkan anak pertama normal. Dan anak ke 2 saya sectio krn saya terpeleset shg posisi bayi sungsang. Utk kehamilan ke 3 saya berencana normal krn sdh 3thn lalu saya sc. Apakah memungkinkan utk saya melahirkan normal kembali? Saya jg berniat utk steril, apa ada efek samping dr steril? Thanks Salam, Eny

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Apabila pada persalinan sebelumnya menggunakan cara operasi Caesar, maka persalinan berikutnya dapat saja dilakukan “percobaan persalinan normal” dengan syarat tidak ada kendala untuk dilakukan persalinan per vagina. Apabila kehamilan Bunda cukup sehat dan baik, serta memenuhi syarat untuk dilakukan persalinan normal, maka dokter anda dapat melakukan percobaan persalinan normal di rumah sakit yang juga mempunyai fasilitas kamar Operasi, agar apabila mengalami kegagalan pada persalinan percobaan, dapat segera dilakukan operasi Caesar.
Namun harus diingat, bahwa tehnik sayatan dan lokasi sayatan pada operasi Caesar sebelumnya juga sangat penting untuk dijadikan pertimbangan, apakah dapat dilakukan persalinan normal secara aman atau tidak. Sebaiknya bunda berkonsultasi pada dokter OBSGYN yang melakukan operasi Caesar terdahulu mengenai hal ini.
Metode KB steril pada perempuan (tubektomi) adalah dengan mengikat saluran tuba falopi atau dengan memotong saluran tersebut. Pada umumnya kontrasepsi dengan metode ini berefek permanen. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai hal ini

Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Forum
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter