SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
988 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Bapil dan telinga


Bapil dan telinga
Pagi dok, uk sya 16minggu. Akhir2 ini sya mengalami bapil (batuk pilek), hidung tersumbat. Sdah diobatin tpi blm kunjung sembuh. Malahan sekarang telinga jdi mlebeg (seperti kemasukan air) n kepala rasanya seperti berputar. Bgaimana dok... cara mengatasinya? Apa Itu jga termasuk hal yg biasa terjadi pada trimester 1? Trmksh sblmnya
30 Apr 2017, 6:49
Dari : DyanPy Faiqasyahbana

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Meringankan Batuk Saat Hamil" :Batuk yang sering terjadi dan dialami oleh manusia biasanya adalah batuk yang menjadi gejala dari radang tenggorokan. Karena disebabkan oleh kuman, tidak mengherankan jika penularannya begitu cepat. Batuk itu bisa menular kurang dari sehari, sebab media penularannya bisa melalui udara. Orang yang ada di samping orang yang batuk, jika dia memiliki sistem imun yang kurang bagus, kurang dari sehari dia akan mengalami batuk juga.

Bagi Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat karena apa pun yang dimakan dan diminum akan berdampak kepada pertumbuhan janin. Begitu pula ketika sakit, ada kekhawatiran bahwa penyakit ibu hamil akan menulari janin bila tidak diobati. Sehingga, sakit ringan sekalipun seperti batuk dan pilek dapat membuat ibu hamil panik dan bingung bagaimana cara menanganinya.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Terlebih lagi, daya tahan tubuh ibu hamil cenderung melemah.

Beberapa tips berikut dapat membantu meringankan batuk:

1. Mandi dengan air panas. Uap air panas dapat membantu melegakan sesak napas.
2. Berkumur dengan air hangat yang diberi garam untuk meringankan radang tenggorokan atau batuk.
3. Oleskan balsem atau minyak gosok pada dada untuk menghangatkan, serta oleskan juga sedikit di bawah hidung.
4. Makan sup ayam hangat dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan mengurangi peradangan.
5. Minum teh decaffeinated atau rendah kafein, tambahkan dengan lemon atau madu. Minuman ini dipercaya dapat membantu meringankan radang tenggorokan.
6. Gunakan bantal yang ditumpuk cukup tinggi ketika tidur agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi ini berguna karena cairan dahak yang mengalir saat tidur dapat mengiritasi dinding tenggorokan.
7. Letakkan segelas air, balsem, atau obat-obatan lain di dekat tempat tidur ibu hamil agar cepat dijangkau ketika dibutuhkan.
8. Konsumsi obat sesuai resep dokter.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Fitriana Welia " dengan judul pertanyaan " Batuk pilek ibu hamil " pada Tanya Bidan: Assalamualikum,, Selamat sore bu bidan !
saya mau tanya, di kehamilan yang ke 25 minggu, 1 bulan ini saya batuk di sertai flu, sudah minta obat sana bidan setempat tapi belum jga sembuh.
Bgaimana mengatasi nya bu?
Terinakasih !

Bidan menjawab
Wa'alaykumussalam bunda Fitriana Welia,
Konsumsi obat-obatan saat hamil sebaiknya diminimalkan, terlebih obat yang dijual bebas, karena dapat berpotensi membahayakan pertumbuhan janin. Apa bila terserang flu dan batuk saat hamil, sebaiknya istirahat yang cukup, banyak konsumsi air putih, dan konsumsi makanan dan buah yang banyak mengandung vitamin C. Apabila bunda sudah mengkonsumsi obat dari bidan, namun belum juga ada tanda kesembuhan, sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter, karena kemungkinan pemberian obat jenis lain dan antibiotik perlu ditambah pada penyakit yang tidak kunjung sembuh.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " shika23 " dengan judul pertanyaan " Batuk dan Flu Saat Hamil " pada Tanya Dokter: Selamat Pagi Dok, Saya sedang hamil 9 minggu, tetapi saya terkena batuk dan flu. Apakah ada obat untuk menyembuhkan batuk dan flu saya? Atau obat alami yang harus digunakan? Dan pengaruh ke calon bayi saya bagaimana? Terima Kasih atas jawabannya.

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya batuk disebabkan oleh virus yang dapat sembuh sendiri. Namun bila berkelanjutan dapat juga mengalami komplikasi yang disebabkan oleh bakteri dan harus di tindak lanjuti dengan obat-obatan yang aman untuk ibu hamil sesuai nasihat dokter yang memeriksa keadaan Bunda karena tidak semua obat-obatan aman untuk di konsumsi oleh ibu hamil. Coba anda tingkatkan lagi nutrisi anda, jauhi barang-barang dan lingkungan yang dapat menyebabkan allergy karena kemungkinan batuk yang disebabkan oleh allergen juga dapat terjadi. Cobalah berkumur dengan air garam untuk membersihkan tenggorokan anda. Apabila dalam waktu 2 minggu batuk anda belum sembuh, atapun sebelum mencapai 2 minggu batuk anda bertambah parah, silahkan untuk memeriksakan diri kembali kepada dokter anda.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :