SITE STATUS
Jumlah Member :
506.511 member
user online :
1195 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - dr tanti


dr tanti
sebelumnya saya mau memperkenalkan dlu nma sya yuli ,dok saya sudah menikah selma 1 tahun tpi belum mempunyai momongan ,bagaimna caranya dok agar bisa cepet punya dok
19 Apr 2017, 20:22
Dari : NeliWonk Duro

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Berbagai Upaya Mempercepat Kehamilan " :Pada beberapa pasangan yang ingin segera memiliki buah hati ditemukan beberapa kesulitan. Sulitnya mencapai kehamilan dipengaruhi beberapa faktor seperti yang telah Infobunda paparkan minggu lalu. Kesulitan itu bisa diatasi dengan mengetahui faktor kondisi ideal terjadinya kehamilan, yakni :
• Hubungan seksual normal (2-3 kali seminggu)
• Hubungan seksual tepat waktu (khususnya pada saat masa subur atau Ovulasi)
• Mulut rahim dan cairan mulut rahim dalam kondisi baik
• Saluran telur dapat berfungsi normal
• Rahim atau dinding rahim normal
• Adanya sperma dengan jumlah dan kualitas yang baik

Bila Bunda merasa sulit hamil, jangan langsung pesimis. Coba lakukan beberapa upaya di bawah ini :

- Melakukan hubungan seks tiga kali seminggu. Memang yang paling efektif adalah berhubungan seks pada masa subur, tetapi dengan melakukannya tiga kali seminggu kemungkinan lolosnya masa subur menjadi lebih kecil.
- Sebaiknya melakukan hubungan seks sebelum ovulasi. Mengapa? karena sel telur hanya mampu bertahan 24 jam, sedangkan sel sperma mampu bertahan satu sampai lima hari. Maka dari itu lebih baik melakukan hubungan seks dua atau tiga hari sebelum ovulasi.
- Hindari rasa tertekan saat berhubungan seksual. Kondisi tubuh serta mental Bunda dan suami harus relax. Berhubunganlah dengan perasaan bahagia sehingga keinginan untuk segera memiliki keturunan tidak akan membebani kondisi psikologis Bunda.
- Lakukan hubungan seksual dalam posisi misionaris (man on top). Dengan posisi ini kemungkinan sperma masuk dan bertahan lebih besar. Coba relax setelah berhubungan, jangan langsung bangkit dari tempat tidur.
- Bila dirasa berbagai upaya telah dilakukan kurang lebih satu tahun namun belum juga hamil, konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.


Kutipan dari berita yang berjudul " Makanan yang Disarankan dalam Program Kehamilan " :Apakah Anda sedang merencanakan program kehamilan dan ingin segera memiliki momongan? Bila ya, berikut ini adalah beberapa asupan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan Anda.

Bayam
Makanan tokok kartun si popeye ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya kaya akan antioksidan, zat besi, vitamin E, vitamin B, asam folat, sayuran berwarna hijau ini bisa menambah asam folik di dalam tubuh manusia. Bila asam folik meningkat maka akan dapat membantu proses pembentukan sperma serta indung telur. Dengan mengkonsumsi bayam juga baik untuk sistem reproduksi Anda.

Sayuran Organik
Jangan lupa untuk senantiasa memilih sayuran organik. Berbeda dengan sayuran non organik, sayuran organik bebas dari pestisida maupun zat kimia yang tidak baik untuk kesehatan dan kesuburan Anda.

Susu full fat dan kalsium
Tahukah Anda, bila dalam program kehamilan Anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak. Mengapa demikian? Karena dalam susu sapi, estrogen di dalam susu terikat pada globul lemak, sehingga dalam susu bebas lemak, banyak hormon estrogen yang terangkat. Jadi bila Anda terlalu banyak mengkonsumsi susu rendah atau bebas lemak akan mempengaruhi kesuburan wanita. Jadi sebaiknya Anda mengkonsumsi susu full fat atau susu yang kaya kalsium.

Salmon
Salmon diketahui kaya akan omega 3 dan omega 6. Kandungan ini bermanfaat untuk membantu kesuburan dan kesehatan reproduksi Anda dengan memperlancar aliran darah ke organ reproduksi Anda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " Bunda Irva " dengan judul pertanyaan " Masa subur " pada Tanya Dokter: dok,, sy mau tanya gimana caranya nentuin masa subur untuk yg punya siklus haed gak teratur..?? terus info yang saya baca lendir serviks akan berubah saat masa subur.. bening dan molor kalau diitung siklus 32harii seharusnya sy sudah msuk masa subur dok,, tpii kk sy belum dpt ciri" lendir serviks tersebut. apa tidk semua wanita bsa dibuktikan semacam itu atau gmn bund.. sy kebngungan menghitung masa subur.. terimakasih dok..

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari.Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:
Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus - 18
Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

Untuk mengetahui hari tepat jatuhnya masa subur memang sangat sulit, maka itu dihitunglah perkiraan masa subur seperti dijelaskan di atas. Lendir serviks saat masa subur memang berubah menjadi lebih elastis namun harus Bunda bandingkan dari hari ke hari. Bunda dapat menggunakan alat bantu untuk menentukan masa subur dengan menggunakan air ludah ataupun air seni. Penggunaan metode test pack untuk menentukan masa subur ini harus digunakan setiap hari, karena alat ini mendeteksi perubahan hormonal yang terjadi dan dengan cara membandingkan dari hari ke hari tidak hanya pada satu hari atau seketika saja.




Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Berita
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Apoteker
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :