SITE STATUS
Jumlah Member :
506.503 member
user online :
1286 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - apakah harus berhenti di berikan ASI


apakah harus berhenti di berikan ASI
dok sy mau bertanya, sekarang sy hamil anak ke dua. anak pertama msh umur 18 bln n masih ASI, apakah anak pertama harus berhenti ASI karena sy sdg hamil..? terima kasih
19 Apr 2017, 7:47
Dari : Emy Maulana Fitry

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul "Kemungkinan Hamil Saat Menyusui " :Boleh Terus Menyusui
Tetapi bagaimana bila Bunda ternyata memang hamil lagi? Pertama yang harus Bunda lakukan adalah menerima dan menikmati kembali kehamilan ini. Pikirkan sisi positif dari jarak kehamilan yang dekat dari hamil pertama dengan hamil saat ini. Hal ini sebagai upaya menghindari stress berlebihan karena hamil kembali. Tetapi, apakah selama hamil boleh menyusui?

Beberapa Bunda hamil memutuskan untuk tetap menyusui buah hati mereka saat hamil. Selama tidak ada masalah dengan nutrisi Bunda, nutrisi janin dan nutrisi si kecil, menyusui saat hamil boleh-boleh saja. Berikut fakta-fakta menyusui saat hamil:

-Kuantitas ASI mungkin akan berkurang di awal kehamilan. Jangan kuatir, karena pada beberapa wanita, hal ini hanya terjadi sementara saja. Kuantitas ASI akan kembali normal selama si kecil aktif menyusu.

-Bunda mungkin saja akan merasa lebih haus dari biasanya. Pastikan Bunda banyak minum air putih untuk mengurangi resiko dehidrasi. Untuk mengurangi rasa lelah yang berlebihan, berisitirahatlah dengan cukup.

-Puting Bunda akan terasa lebih sensitif dari biasanya sehingga lecet atau luka pada putting bisa terjadi. Tenang Bun! Itu bukan tandanya bahwa Bunda harus menghentikan pemberian ASI. Bunda masih bisa melakukan proses menyusui dengan tenang.

-Jatah nutrisi ke janin tidak akan berkurang meski Bunda tetap menyusui. Namun, pastikan asupan gizi Bunda terpenuhi.

Nah, bila Bunda ingin tetap menyusui saat hamil, pertimbangkan pula kondisi dan kesehatan Bunda, janin dan juga bayi Bunda. Bila memang ingin menghentikan prose’s menyusui, lakukan secara perlahan. Apabila si kecil telah terpenuhi melalui Makanan Pendamping ASI (MPASI), otomatis frekuensi menyusunya akan berkurang.

Tips:
-Konsultasikan ke dokter bila Bunda ingin tetap menyusui, terutama saat usia kehamilan Bunda semakin besar.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " jasver " dengan judul pertanyaan "Mengenai menyusui saat hamil kembali " pada Tanya Bidan:selamat sore dr.tanti....saya mau nanya sekarang kan saya posisi hamil 8w...sedangkan anak saya yang pertama posisi masi minum asi... pertanyaannya apakah saya masi bole menyusui asi hingga sekarang....ditunggu jawabannya... terima kasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Meskipun ada kontroversi bahwa menyusui saat hamil akan mengurangi nutrisi pada janin dan dapat menimbulkan kontraksi pada rahim, tetapi banyak yang berpendapat bahwa tidak ada pengaruh buruk bagi bayi yang di susui maupun yang di kandung bila bunda menyusui saat hamil. Saran saya, tidak apa menyusui anak Anda selama Bunda mengandung anak berikutnya dan tidak menimbulkan masalah seperti kontraksi dan lain-lain. Makanlah makanan yang begizi agar kesehatan dan status gizi Bunda selalu baik selama hamil dan menyusui. Jangan lupa meminum suplemen ibu hamil terutama zat besi dan asam folat.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :