SITE STATUS
Jumlah Member :
506.329 member
user online :
293 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - Sakit pinggang


Sakit pinggang
selamat pagi dokter .. saya sedang hamil 18minggu..
sekarang saya sering sakit pinggang dok .. apaalagi kalau habis duduk .. bangun tidur atau beres2..
kira kira itu normal nggak ya dok ?
boleh tau tips nya biar nggak sakit pinggang ?
03 Apr 2017, 5:19
Dari : Eka Dewi Lestari

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Rasa Tidak Nyaman pada Bunda Hamil " :Menjadi Bunda hamil, mau tidak mau akan mengalami perubahan baik secara fisik maupun emosional. Perubahan-perubahan ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Berikut beberapa perubahan yang bisa Bunda alami selama hamil:
1.Payudara sakit
Saat hamil, payudara mempersiapkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Tidak heran payudara Bunda mulai membengkak dan terkadang terasa sakit. Bahkan bisa mengeluarkan ASI sebelum si kecil lahir.

2.Kelelahan dan sakit kepala
Kelelahan muncul di sepanjang kehamilan. Di trimester ketiga di saat perut semakin membesar Bunda mudah sekali lelah bahkan sering sakit kepala. Jangan minum sembarang obat. Sebaiknya minum paracetamol yang masih tergolong aman.

3.Gusi berdarah
Gusi berdarah saat hamil disebabkan faktor hormonal. Perdarahan terjadi karena adanya pelebaran dan pelunakkan pembuluh darah di area gusi. Jaga selalu kebersihan gigi dan gusi. Jangan lupa untuk sikat gigi sebelum tidur.

4.Sulit tidur
Biasanya di trimester akhir Bunda akan mengalami sulit tidur karena posisi perut yang kian membesar. Bunda tak lagi nyaman diam pada satu posisi dalam waktu yang lama. Coba tidur dalam posisi miring ke kiri, gunakan bantal untuk mendukung tubuh.

5.Mual dan muntah
Mual dan muntah saat hamil terjadi karena perubahan hormonal yang meningkatkan asam lambung. Cara mengatasinya dengan menghindari makan dalam porsi besar. Makanlah dengan porsi kecil namun sering.

6.Napas pendek
Pada saat hamil, kerja jantung dan paru-paru Bunda semakin berat. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan dan berenang. Tidur dalam posisi miring juga dapat mengatasi napas pendek.

7.Bengkak
Beberapa Bunda hamil mengalami pembengkakan di wajah, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya. Kurangi makanan yang mengandung garam dan istirahat kaki lebih tinggi dari posisi tubuh. Bisa juga mengganjalnya dengan bantal saat Bunda tidur.

8.Keputihan
Karena perubahan hormon, cairan vagina biasanya akan bertambah banyak. Bila cairan berwarna kuning kehijauan, berbau, dan terasa gatal, konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda untuk mendapat pengobatan segera.

9.Nyeri punggung dan pinggang
Rahim yang membesar dan berat badan yang bertambah dapat melemahkan otot-otot tubuh di sekitar perut yang mengakibatkan tekanan pada punggung dan pinggang Bunda. Usahakan untuk tetap dalam posisi tegak saat berdiri dan duduk.

10. Wasir
Berawal dari masalah konstipasi Bunda bisa mengalami wasir. Faktor hormonal dan juga suplemen zat besi yang mempengaruhi saluran pencernaan. Besarnya ukuran janin juga dapat menyebabkan sembelit. Minumlah air putih minimal 2 liter sehari.

Nah, Bunda itulah 10 rasa tidak nyaman yang sering dialami Bunda hamil. Meski begitu, cobalah untuk menikmati kehamilan Bunda supaya Bunda tidak stress saat hamil.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda "Ayuuwewe " dengan judul pertanyaan "Hamil sakit Pinggang belakang saat duduk atau tidur " pada Tanya Bidan:saya mw nanya,sya hmil mendekati 4bln.tp knp ktika tidur/duduk pinggang belakang sblah kiri saya smpe ke paha sering sakit.m0h0n jawabanya..
Trimakasih

Bidan menjawab
Dear bunda Ayuuwewe,
Keluhan yang bunda rasakan dapat dipicu oleh kegiatan seperti berjalan, naik tangga, duduk dikursi, berguling ditempat tidur atau memutar dan mengangkat. Untuk mengurangi keluhan disarankan untuk saat duduk upayakan tulang punggung berada pada posisi sejajar dengan sandaran kursi dan kedua kaki menapak pada lantai, untuk mendapatkan posisi duduk yang lurus ganjal bagian punggung dengan bantal tipis, upayakan mengganti / koreksi posisi duduk setiap beberapa saat berselang, bila berdiri posisikan tegak punggung lurus dan sejajar bahu, lakikan senam ringan untuk relaksasi apabila keluhan timbul, bila ingin mengambil sesuatu dilantai sebaiknya jangan membungkuk. Apabila keluhan semakin mengganggu, sebaiknya bunda memeriksakan keadaan ini dengan dokter maupun bidan yang menangani bunda.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " eha hamdani " dengan judul pertanyaan " Sakit pinggang " pada Tanya Dokter: siang dok,, aku mw tanya apa ibu hamil di usia kandungan 18w sering sakit pinggang dan cepat cape. apa itu wajar dok??? mohon penjelasan nya dok. makasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda
Ketika hamil, terjadi perubahan-perubahan pada tubuh Bunda, termasuk perubahan hormonal, pertambahan berat badan dan juga postur tubuh sehingga menimbulkan beberapa keluhan termasuk keluhan cepat lelah dan nyeri pada otot. Hormon yang diproduksi saat hamil ada yang mempengaruhi relaksasi otot yaitu hormon relaxin. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah, nyeri pada daerah bokong bahkan paha. Bunda dapat memberikan kompres hangat pada daerah yang nyeri untuk meringankan keluhan. Tidur lah pada posisi menyamping (Sleep On Side) dan lebih baik jika tidur miring kiri untuk bertumpu. Stretching ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan, begitu juga dengan olahraga seperti renang. Bila keluhan sangat mengganggu, periksakan pada dokter, bila perlu, dilakukan fisioterapi untuk membantu mengatasi masalah ini.


Link yang disarankan :
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis :
Jenis :