SITE STATUS
Jumlah Member :
506.509 member
user online :
1044 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi
Pusat informasi - pinggul nyeri


pinggul nyeri
malam dok
kehamilan saya memasuki minggu ke 22 dok
dan beberapa minggu sebelumny sampai skrg pinggul sebelah kanan saya suka nyeri dok, tapi nyerinya sebentar datang dan sebentar hilang dok
apa itu msh dalam fase wajarnya atau enggak ya dok
dan apa boleh saya melakukan pijat untuk mengurangi rasa sakitnya dok?
terimakasih dok mohon jawabannya
02 Apr 2017, 21:50
Dari : Ummi Hani1

Jawaban
Hi Bunda,
Kami, dari Tim Helpdesk akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Bunda dengan memberikan link kasus maupun artikel yang serupa dengan keluhan Bunda. Untuk kasus-kasus yang berhubungan dengan kegawatdaruratan (Emergensi) ataupun menyangkut keluhan fisik lain yang harus segera diobati, kami menyarankan untuk segera menghubungi dokter Anda.


Kutipan dari artikel yang berjudul " Hal-hal Penting ini di Trimester Kedua Kehamilan " :Bila dua minggu lalu Infobunda membahas kehamilan trimester pertama, minggu ini kita akan membahas kehamilan trimester kedua. Hamil adalah perjalanan yang menyenangkan. Bersiaplah untuk merasakan perubahan menakjubkan lainnya di trimester kedua. Berikut hal penting yang perlu Bunda ketahui di trimester kedua kehamilan Bunda:

1. Memasuki trimester kedua mual-mual mulai berkurang. Tetapi mungkin Bunda akan sedikit merasa nyeri di bagian perut. Hal ini wajar karena rahim yang membesar dan mengakibatkan peregangan di sekitar ligamen.

2. Usia janin 15-16 minggu sudah sering bergerak meskipun Bunda belum terlalu merasakan gerakannya. Tulang tengkoraknya semakin solid dan ia sudah bisa mengisap jempolnya. Pada trimester kedua matanya sudah sensitif terhadap cahaya.

3. Beberapa Bunda merasakan sesak napas pada trimester ini. Jangan kuatir, hal ini masih normal. Paru-paru mulai terangkat naik karena rahim yang membesar. Jangan berlebihan makan supaya berat badan tidak meningkat pesat sehingga menambah sesak napas.

4. Lingkar pinggul dan pinggang Bunda mulai melebar. Mulailah membeli baju-baju hamil. Bunda tak nyaman lagi menggunakan t-shirt kesayangan Bunda. Pada minggu ke-27 berat badan Bunda akan bertambah 7-10kg. Berat badan yang naik bisa menimbulkan stretchmark. Nikmati saja Bunda! Stretchmark akan berkurang setelah melahirkan.

5. Produksi ASI mulai terasa pada trimester ini. Bunda mungkin merasa payudara Bunda bertambah besar dan keras. Mungkin Bunda harus membeli bra baru. Belilah bra untuk menyusui yang bisa dipakai saat si kecil sudah lahir nanti. Bila payudara terasa nyeri, Bunda bisa melakukan pemijatan memutar. Bersihkan puting dengan kapas basah.

6. Lebih bergairah. Memasuki bulan ke-4 dan 5 mungkin Bunda merasa lebih bergairah untuk berhubungan intim. Tubuh Bunda menghasilkan lebih banyak hormon estrogen sehingga membuat Bunda lebih bergairah.

7. Sakit punggung dan pinggang. Perut yang semakin membesar membuat Bunda malas untuk berdiri tegak dan memilih sedikit membungkuk. Akibatnya sakit punggung dan pinggang tak terhindarkan. Usahakan untuk tetap berdiri tegak. Lakukan stretching saat bangun tidur dapat mengurangi sakit punggung dan pinggang.

8. Beberapa wanita hamil mengalami kaki, tangan, leher bahkan wajah bengkak. Kurangi konsumsi garam supaya bengkak menurun. Pastikan posisi kaki lebih tinggi saat Bunda tidur. Gunakan bantal untuk meletakkan kaki.

Meski perubahan-perubahan terjadi dalam tubuh, tetaplah nikmati kehamilan Bunda. Karena Bunda hamil yang bahagia dapat membantu pertumbuhan janin. Sehat terus kehamilannya ya Bun!

Tips: konsultasikan dengan dokter bila Bunda merasa ragu dengan perubahan yang terjadi.


Berikut ini jawaban Bidan pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " nie.slanky.1 " dengan judul pertanyaan "sakit perut dan panggul sebelah kanan saat hamil " pada Tanya Bidan:Dok sya mau nanya kalau lagi hamil 2 bulan jalan tiga bulan suka merasa sakit perut dan panggul sebelah kanan wajar gak klau sdang hamil

Bidan menjawab
Dear bunda Nie.Slanky,
Keluhan yang bunda rasakan banyak dikeluhkan para bunda yang sedang hamil. Keluhan ini masih dianggap normal. Keluhan disebabkan karena otot ligament yang menopang rahim meregang seiring dengan membesarnya rahim, rasa nyeri akan menyebar sampai ke rahim, kadang menyebar keluar ke area sekitar perut, pinggul serta punggung bagian bawah.


Berikut ini jawaban Dokter pada kasus serupa yang pernah di tanyakan oleh Bunda " ayuali(26) " dengan judul pertanyaan " Pijat saat hamil " pada Tanya Dokter: dok saya mau nanya,apa ada pengaruh buat bayi saya kalau saya sering pijat di bagian kaki dan lengan..ya walaupun pijatnya ringan krn yg mijat keponakan2 saya,krn dengan pijat,...badan saya merasa lebih ringan dan tidak kaku2 lagi dok,gimna menurut dokter,makasih

dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Pijatan lembut dapat menimbulkan relaksasi, namun tidak disarankan untuk dilakukan di daerah perut dan sekitarnya. Apabila hanya pada daerah lengan dan kaki (tidak dalam posisi telungkup) cukup aman dilakukan, namun disarankan tidak menggunakan zat yang berbau wangi ataupun minyak yang tidak alami untuk memijat karena dapat diserap oleh kulit dan tidak baik untuk kehamilan Anda.



Link yang disarankan :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis :
Jenis :
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Tanya Dokter
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis : Artikel
Jenis :
Jenis :
Jenis : Berita
Jenis : Artikel