SITE STATUS
Jumlah Member :
505.229 member
user online :
356 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Ciri-ciri Bayi Sehat Yang Perlu Ibu Ketahui



Blog posted by

Ciri-ciri Bayi Sehat Yang Perlu Ibu Ketahui


Blog posted on 18-11-2015

Memiliki bayi yang sehat dan normal adalah keinginan setiap orang tua. Setelah bayi anda terlahir dengan normal, menjaga kesehatan bayi adalah sebuah hal yang pasti akan anda lakukan. Untuk menjaga kesehatan bayi, yang terlebih dahulu harus anda ketahui tentu saja adalah ciri-ciri bayi sehat itu sendiri. Anda harus mengetahui bagaimana dan apa saja yang menandakan seorang bayi itu sehat.



Banyak hal yang dapat dilihat dari si kecil yang menandakan apakah si kecil dalam keadaan sehat atau tidak. Ada beberapa ciri-ciri bayi sehat yang langsung dapat anda ketahui tanpa harus memeriksakannya, di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri bayi sehat :



Menangis Sesaat Setelah Dilahirkan



Normalnya bayi yang baru lahir akan menangis, hal ini menandakan jika bayi yang terlahir dalam keadaan sehat. Sebenarnya ada manfaat untuk bayi ketika ia menangis saat dilahirkan. Saat bayi menangis, ia melancarkan saluran pernafasan yang kadang tersendat karena sesuatu.



Berat badan bayi normal



Ciri-ciri bayi sehat selanjutnya adalah berat badan bayi normal saat terlahir. Berat badan normal bayi adalah di atas 2,5 kg. Jika bayi terlahir dengan berat di bawah itu, maka kemungkinan besar bayi perlu mendapatkan perawatan khusus.



Warna Kulit Bayi Kemerahan



Bayi sehat ditunjukkan dengan warna kulitnya yang kemerahan ketika dilahirkan. Sebaliknya jika bayi terlahir dengan warna kulit yang lebih kekuningan, tidak menutup kemungkinan bayi terlahir kurang sehat.



Pernafasan teratur



Bayi yang sehat memiliki pernafasan yang teratur dan juga tenang, tidak tersendat-sendat atau terlalu cepat.



Aktif



Bayi yang sehat dapat diketahui dari aktifnya lengan dan tungkai. Keadaan saat bayi baru dilahirkan normalnya tangan mengepal dengan siku sedikit menekuk.



Warna Mata



Ciri-ciri bayi sehat selanjutnya dapat dilihat dari warna putih dimatanya. Jika bagian putih pada mata si kecil lebih kekuningan atau kemerahan, bisa jadi si kecil dalam keadaan tidak sehat. Jika sudah demikian, lebih baik anda memeriksakan si kecil ke dokter.



Dapat Melakukan Kontak Mata



Bayi yang sehat dapat melakukan kontak mata dengan orang sekitar, pandangannya tidak kosong. Dapat merespon pergerakan sekitar dan dapat merespon saat diajak berbicara atau di hibur.



Menyukai Corak Atau Warna



Di usia tertentu, bayi sudah dapat mengetahui warna dan corak. Jika bayi dalam keadaan sehat, dia akan merespon baik corak dan warna yang menarik.



Suhu tubuh normal



Ciri-ciri bayi sehat yang terakhir adalah memiliki suhu tubuh yang normal, tidak terlalu dingin atau terlalu panas.



Demikian adalah beberapa ciri-ciri bayi sehat, masih ada banyak ciri-ciri bayi sehat lain yang belum dapat terekspos dalam artikel ini. Pada intinya jika anda merasa ada gangguan pada bayi anda, lebih baik langsung sesegara mungkin untuk diperiksakan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.



Baca juga artikel mengenai perkembangan bayi usia 9 bulan





Ditampilkan sebanyak : 905

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
Bunda Azkya's blog :