SITE STATUS
Jumlah Member :
501.919 member
user online :
812 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Blog -- Eksim pada Bayi



Blog posted by

Eksim pada Bayi


Blog posted on 27-12-2010
Bayi sering mengalami penyakit kulit yang disebut eksim. Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya bentol dan bercak-bercak merah pada kulit bayi. Pengertian eksim sendiri yaitu suatu kondisi dimana kulit menjadi sangat sensitif, kering dan gatal, disertai muncuknya bercak-bercak merah pada kulit.

Pada umumnya eksim muncul pada bayi usia kurang dari satu tahun, dan akan sembuh dengan sendirinya saat mereka memasuki usia 2 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan eksim juga berlanjut hingga si kecil dewasa.


Penyebab

Eksim pada bayi biasanya disebabkan karena adanya perubahan dalam kebiasaan makan, misalnya mengganti merek susu sapi bayi, perubahan cuaca, keringat, alergi serangga atau binatang tertentu, debu, serta beragam penyebab lain yang hingga kini belum bisa di simpulkan oleh para ahli. Namun yang  pasti, Eksim bukanlah penyakit menular dan bukan juga penyakit turunan, oleh sebab itu semua bayi bisa mengalaminya.


Gejala

Tanda-tanda yang paling nampak pada bayi yang mengalami eksim yaitu timbulnya bercak-bercak pada kulit yang akan terasa gatal dan membuat si kecil tidak tahan untuk menggaruknya. Namun, menggaruk bercak tersebut sebenarnya justru bisa membuat kulit rusak dan memperluas penyebarannya di area kulit. Bercak terebut biasanya dimulai dari wajah, siku, atau dengkul, yang kemudian akan menyebar ke bagian kulit yang lain, terutama bagian tangan.


Pengobatan

Hingga saat ini para ahli belum menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini, pengobatan yang diberikan hanya sebatas untuk pengurangi gejala dan gatalnya saja. Salah satu caranya yaitu dengan pemberian antiseptik dan antibiotik yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit serta krim kulit khusus yang membantu mengurangi bercak pada kulit. Selain pengobatan dokter, ibu juga bisa melakukan pengobatan alamiah dengan cara pemberian pelembab kulit dengan kanduangan kimia yang aman serta menyelimuti bayi dengan handuk basah untuk melembabkan kulit bayi yang kering. Sementara jika penyebabnya berasal dari alergi serangga tertentu, ibu harus segera menjauhkan si kecil dari serangga tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan untuk meredakan gatal dan bercaknya.


Pencegahan

Agar si kecil terhindar dari gatal-gatal eksim, berikut beberapa pencegahan yang bisa ibu terapkan dirumah:



  • Hindari si kecil terlalu banyak berkeringat, misalnya dengan mengurangi selimutnya saat udara panas, melepas topinya, dan segera mengganti pakaiannya yang basah oleh keringat dengan pakaian bersih yang kering.

  • Gunakan detergen yang aman untuk bayi.

  • Gunakan pakaian dari bahan yang alami dan lembut, seperti bahan katun.

  • Oleskan pelembab kulit khusus bayi pada kulitnya setidaknya dua kali sehari.

  • Aturlah kelembaban udara dari AC anda jika anda tinggal di lingkungan yang panas dan kering.

  • Hindari memandikan bayi anda dengan air hangat atau panas yang justru bisa membuat kulit kering.

  • Gunakan sabun dan lotion bebas pewangi, atau bahkan jika kondisi kulitnya sangat parah hindari penggunaan sabun sama sekali, ibu bisa menggantinya dengan mengoleskan baby bath oil atau cream.

  • Jauhkan bayi anda dari penyebab alergi seperti serangga, debu, dan binatang lainnya sebisa mungkin.







Ditampilkan sebanyak : 1888

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang blog ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman
 
Inez_kitajima's blog :