SITE STATUS
Jumlah Member :
465.348 member
user online :
2058 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Pentingnya Skrining Diabetes

(Posted:2016-11-16 13:49:32)

Senin kemarin 14 November 2016, dunia memperingati Hari Diabetes Sedunia. Tema untuk peringatan tahun ini yaitu “Eyes on Diabetes”. Berdasarkan tema tersebut, kegiatan dan materi tahun ini akan fokus pada mempromosikan pentingnya skrining untuk memastikan diagnosis awal diabetes tipe 2 dan pengobatan untuk mengurangi risiko komplikasi serius.



Diabetes Melitus (DM) terbagi menjadi dua tipe yakni, tipe 1 yang disebabkan keturunan dan tipe 2 yang disebabkan gaya hidup. Secara umum, dari semua penderita diabetes di dunia sekitar 80% menderita diabetes tipe 2. Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, SpM(K) mengatakan, Penyakit diabetes tidak hanya diderita oleh penduduk di kota. Penduduk yang tinggal di pedesaan pun bisa terkena penyakit yang dikenal dengan istilah kencing manis, karena penyebabnya adalah perilaku hidup masyarakat tersebut. Menkes juga meminta masyarakat mengubah mindset untuk melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Cara ini dianggap efektif mencegah penyakit tidak menular salah satunya DM. Kegiatan Germas ini salah satunya adalah menuntut masyarakat untuk makan sayur dan buah, melakukan aktivitas fisik, hingga jauhi rokok dan alkohol. 

Selain melakukan pola hidup sehat, upaya skrining merupakan salah satu pencegahan dalam diagnosis dini penyakit diabetes. Screening (Skrining) adalah deteksi dini dari suatu penyakit atau usaha untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan secara klinis yang belum jelas dengan menggunakan test, pemeriksaan atau prosedur tertentu yang dapat digunakan secara cepat untuk mengetahui seseorang memiliki penyakit atau kondisi tertentu sebelum menyebabkan gejala apapun. Tujuan skrining adalah menemukan penyakit sehingga pengobatan dapat dimulai sedini mungkin. Tes skrining dilakukan oleh petugas kesehatan dengan mengajukan pertanyaan pada penderita (anamnesa), kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan pemeriksaan laboratorium yang bervariasi sesuai dengan keadaan dan kebijakan lokal. Pemeriksaan laboratorium tersebut antara lain tes glukosa darah sewaktu, tes glukosa darah puasa, atau tes darah dua jam setelah konsumsi 75g glukosa. Banyak penyedia layanan kesehatan merekomendasikan skrining universal bagi semua orang, terutama yang memiliki riwayat keluarga diabetes, overweight, usia lebih dari 40 tahun. Lakukanlah konsultasi dokter secara rutin.


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman