SITE STATUS
Jumlah Member :
506.881 member
user online :
424 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Mudik Aman Bagi Wanita Hamil

(Posted:2014-07-23 13:21:15)

Lebaran hampir tiba, sebagian masyarakat sudah ada yang memilih untuk mudik, dan masih ada juga yang bersiap-siap untuk melakukan perjalanan jauh. Keinginan kuat untuk menemui sanak saudara di kampung halaman sangat di idam-idamkan oleh semua masyarakat.



Mudik saat lebaran merupakan tradisi yang sangat kuat dan tidak ada habisnya. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, orang tua, bahkan wanita hamil pun sangat antusias untuk mudik ke masing-masing daerah. Bagi wanita hamil, melakukan mudik perjalanan jauh harus diperhatikan kesehatannya, karena akan berpengaruh pada kehamilan. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh wanita hamil saat mudik, berikut penjelasannya.

1. Perhatikan kendaraan yang digunakan untuk perjalanan mudik, wanita hamil dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, mobil pribadi, bus, ataupun motor. Namun pilihlah kendaraan yang sebaiknya bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wanita hamil.

2. Usia kehamilan yang aman untuk mudik adalah 14-28 minggu atau trisemester kedua. Namun bagi wanita hamil yang ingin menggunakan pesawat disarankan untuk usia kehamilan 37 minggu ke bawah, karena biasanya pihak maskapai tidak mengijinkan wanita hamil dengan usia kehamilan diatas 36 minggu. Pada kehamilan kembar tidak disarankan naik pesawat sejak usia kehamilan 32 minggu, karena resiko untuk melahirkan lebih cepat sangat besar.

3. Pilih waktu perjalanan mudik lebih awal untuk menghindari desak-desakan naik bus atau kereta, antrian panjang saat check-in tiket pesawat, atau terjebak kemacetan jika naik mobil pribadi.

4. Lakukan pemeriksaan kehamilan sebelum melakukan perjalanan mudik, terutama bagi Bunda yang memiliki riwayat keguguran, konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda dan pastikan kehamilan Bunda tidak ada masalah untuk melakukan perjalanan.

5. Siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup perbanyak makanan yang mengandung asam folat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, sereal dan minumlah vitamin atau suplemen kehamilan yang diberikan oleh dokter untuk menguatkan kondisi fisik dan janin. Perbanyak minum air putih.

6. Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat dan nyaman saat dipakai, pakai alas kaki yang nyaman dipakai. 

7. Apabila naik kendaraan pribadi hindari jalanan rusak karena berpotensi keguguran khususnya bagi usia kehamilan kurang dari 20 minggu atau 5 bulan. Bagi pengendara yang membawa wanita hamil, hindari mengerem mendadak.

Buatlah perjalanan Bunda senyaman mungkin, apabila mengalami keluhan pada kehamilan segera bawa ke rumah sakit terdekat. Selama perjalanan menggunakan mobil berhentilah setiap 2 jam sekali untuk merilekskan tubuh. Selamat Mudik....!!


berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman