SITE STATUS
Jumlah Member :
253.403 member
user online :
3118 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

berita



Merawat Bayi yang Baru Lahir

(Posted:2013-03-13 18:34:43)

Kehadiran seorang bayi di tengah-tengah keluarga bisa membuat suasana rumah menjadi hangat dan menyenangkan, kebanyakan wanita menjelang melahirkan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah atau rumah sakit, lain halnya dengan Presenter kocak Ayu Dewi. Menurut sang suami, Regi Datau, sehari sebelum melahirkan Ayu malah senam aerobik dan sempat berjalan-jalan ke kawasan Bundaran HI sampai Monas. Bahkan, Regi mengatakan, sang istri sempat ikut latihan aerobik.

Ayu Dewi baru saja dikaruniai putri pertamanya pada Senin (11/3/2013) di RS Pondok Indah dengan berat badan 2.8 Kg dan panjang 46 cm, yang diberi nama Aqilah Dewi Humairah. Baru hitungan hari punya anak, Ayu ternyata sudah mahir mengurus anak. Namun ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan kita cermati dalam memahami cara perawatan bayi baru lahir, serta apa saja yang harus dilakukan ibu dan ayah dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi bayi. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan baik itu makanannya, tempat tidur, mainan dan tubuhnya.

Berikut ini ada beberapa tips cara perawatan bayi baru lahir,

 

a.    Menyusui bayi dengan ASI

Hal yang paling utama dilakukan seorang ibu adalah memberikan ASI, karena ASI pertama mengandung kolostrum yang mengandung antibody yang sangat berguna untuk buah hati kita. Berilah ASI sesering mungkin untuk menghindari gejala penyakit.

b.    Bedong

Beberapa dokter spesialis anak malah tidak menganjurkan untuk membedong bayi, disamping bisa merusak rangsangan gerak motorik sang bayi, bedong juga bisa membuat sang bayi mejadi kegerahan.

c.     Tali pusat

Balut dengan kasa steril yang dibasahi alkohol. Jangan pernah memberikan ramuan lain atau antiseptic pada tali pusat bayi karena bisa saja mengandung zat yang berbahaya.

d.    Popok dan pakain bayi

Bila bayi pipis, BAB ataupun berkeringat, gantilah popok atau pakaian yg basah, karena popok atau pakaian yang basah akan membuat kulit bayi terkena iritasi yang bisa menimbulkan ruam popok, gunakan baby lotions yang sudah teruji secara klinis, sesekali biarkan bayi bebas tanpa popok agar pori-pori kulitnya bisa menyerap udara.

e.    Memandikan dan memakaikan pakaian bayi

Mandikan bayi dua kali sehari pagi dan sore hari dengan menggunakan sabun dan shampo bayi yang lembut dan tidak perih di mata. Ritual memandikan bayi bisa membuat bayi tenang dan nyaman sehingga dapat tidur dengan pulas tanpa terbangun. Lakukan juga pijat bayi setelah mandi sebelum dikenakan pakaian, setiap sentuhan penuh kasih sayang akan menenangkan dan memberi rasa aman pada bayi.

 

f.     Penyakit yang biasa dialami oleh bayi baru lahir

Ruam popok, lidah berjamur, pilek dan kolik pada bayi adalah gejala fisiologis yang biasa dialami oleh bayi baru lahir, hal ini akan membuat bayi rewel dan terus-terusan menangis, kenali sejak dini dan segera konsultasikan ke dokter bila hal ini berlangsung lama.

 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menciptakan suasana nyaman dilingkungan bayi kita, suasana hati orang tua juga bisa berpengaruh besar terhadap ketenangan bayi, jagalah emosi kita ketika merawat bayi, curahkan kasih sayang kita sepenuhnya untuk sang buah hati. 
berita lainnya :

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman