SITE STATUS
Jumlah Member :
484.492 member
user online :
1948 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Berbagai Keluhan Bayi Baru Lahir (Part II)

   

Berbagai Keluhan Bayi Baru Lahir (Part II)



Hallo Bunda, minggu lalu situs kesayangan Bunda ini sudah membahas beberapa keluhan bayi baru lahir, seperti bercak merah di pipi, kulit kepala berkerak, dan biang keringat. Bunda yang sudah membaca dan memahaminya tentu merasa terbantu bila berbagai keluhan ini dialami juga oleh si kecil. Seperti janji Infobunda, minggu ini Kita akan membahas keluhan-keluhan lain yang dialami bayi baru lahir.

Bayi baru lahir memang biasanya akan sering menangis, karena ini adalah satu-satunya cara bayi berkomunikasi. Nah tugas Bunda mencari tahu kenapa sih si kecil menangis. Bayi menangis salah satunya karena mengalami berbagai keluhan bayi baru lahir. Berikut beberapa keluhan bayi baru lahir lainnya (sebelumnya dibahas minggu lalu) yang sering dialami si kecil:
1.      Lidah dan dinding mulut putih
Seringkali orang berpikir bahwa putih di lidah dan dinding mulut bayi pasti dikarenakan jamur. Padahal belum tentu jamur. Bercak putih yang hanya menutup lidah saja biasanya bukan jamur melainkan bekas susu yang menempel. Dan bekas susu ini kadang muncul kadang tidak. Ambillah kain kassa steril, usaplah dengan lembut bercak putih tersebut. Bila hilang, berarti hanya bekas susu. Tetapi bila sulit hilang, kemungkinan itu adalah jamur yang dikenal dengan Candida Albicans. Candida merupakan jamur yang biasanya ada pada mulut, usus dan genital. Candida tidak menular dari bayi satu ke bayi lainnya. Bayi bisa mendapatkannya saat melalui jalan lahir dari vagina yang terdapat Candida atau dari puting susu yang terinfeksi Candida. Upaya pencegahannya, pastikan puting Bunda selalu sehat dan bersih.
2.      Lipatan tubuh kemerahan dan luka
Lipatan tubuh seperti leher, lengan, belakang lutut, paha atau perut memang perlu diperhatikan. Karena biasanya area-area ini lembab sehingga menjadi tempat favorit tumbuhnya bakteri. Karena lipatan kulit ini seringkali bergesekan, sehingga timbul kemerahan bahkan sampai terluka. Jangan ditaburi bedak karena malah akan menambah parah luka. Usapkan tipis-tipis lotion anti ruam untuk mencegah iritasi pada kulit bayi. Keringkan lipatan kulit setelah mandi supaya area tersebut tidak lembab.
3.      Tanda lahir tak hilang
Tanda lahir (Hemangioma) adalah kumpulan darah yang melebar yang tampak merah kebiruan. Tanda lahir ada yang muncul saat lahir, ada juga yang muncul beberapa minggu setelah lahir. Sampai saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan penyebab munculnya tanda lahir. Apakah bisa hilang? Tanda lahir bisa hilang, tetapi tidak semua anak sama. Ada yang hilang saat anak beranjak satu tahun, tetapi ada juga yang baru benar-benar hilang pada saat berusia 5 tahun. Jangan kuatir, Bun! Tanda lahir tidak berbahaya selama tidak terlalu menonjol.

Nah, Bunda kini sudah tahu berbagai keluhan bayi baru lahir. Jangan kuatir lagi ya, Bun bila menghadapi keluhan-keluhan ini. Bunda bisa selalu membawanya ke dokter apabila Bunda masih ragu.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman