SITE STATUS
Jumlah Member :
482.259 member
user online :
2591 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Jangan Tinggalkan Olahraga Meski Berpuasa!

   

Jangan Tinggalkan Olahraga Meski Berpuasa!



Puasa bukan menjadi halangan untuk berolahraga. Meski kita sedang berpuasa olahraga juga bisa dilakukan. Hanya saja kita perlu tahu beberapa kuncinya supaya puasa dan olahraga lancar.

Dr. Ade Tobing, SpKO dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan sebenarnya di luar bulan Ramadhan pun kita juga berpuasa sekitar 10-12 jam sehari yakni pada saat kita tidur. Jumlah makanan yang dikonsumsi juga tidak jauh berbeda. Untuk itu tidak ada alasan yang siginifikan untuk menghentikan kegiatan berolahraga.
Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berpuasa, seperti :
FIT
Prinsip latihan FIT (Frekuensi, Intensitas dan Time) harus tetap diterapkan, hanya saja dosisnya dikurangi. Kalau biasanya kita berolahraga 3-4 kali seminggu dengan intensitas tinggi dan waktu berolahraga lebih dari 1 jam maka dosisnya bisa dikurangi misalnya menjadi 2 kali seminggu dengan intensitas lebih ringan dan cukup 20-30 menit saja.

Waktu

Ada 3 waktu berolahraga yang bisa dipilih saat Ramadhan, yakni :
  1. Menjelang berbuka puasa
    Ketika kita berolahraga kita banyak kehilangan cairan, jika kita melakukan olahraga menjelang berbuka maka cairan yang hilang akan cepat tergantikan.
  2. Setelah berbuka puasa.
    Bisa juga kita berolahraga setelah berbuka. Tetapi ingat, berikan tenggang waktu kira-kira 2-3 jam setelah makan. Karena pada saat kita makan, darah akan mengalir ke sistem pencernaan, sedangkan saat berolahraga darah akan mengalir ke otot yang aktif. Untuk itu butuh waktu supaya peredaran darah kembali normal. Karena kalau tidak makanan yang penuh bisa menyebabkan keluhan pada sistem pencernaan.
  3. Setelah selesai shalat tarawih.
    Pada waktu ini juga bisa dilakukan, namun yang perlu diingat adalah kegiatan olahraga harus selesai 3 jam sebelum tidur untuk menghindari gangguan tidur. Dan tentu saja itu sudah terlalu larut. Belum lagi kita harus bangun saat sahur nanti.
Dari ketiga waktu di atas dr. Ade menyarankan waktu berolahraga yang ideal adalah menjelang berbuka karena cairan dapat segera tergantikan, tetap bisa melakukan shalat tarawih dan tidak mengganggu waktu tidur.

TIPS :
  • Jangan lupa lakukan pemanasan, streching, sebelum masuk olahraga inti lalu lakukan pendinginan dan stretching setelah berolahraga.
  • Upayakan tetap mengonsumsi gizi seimbang saat sahur agar energi cadangan di dalam tubuh tetap tersedia
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman