SITE STATUS
Jumlah Member :
484.222 member
user online :
1606 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Peran Ayah Saat si Kecil Sakit

   

Peran Ayah Saat si Kecil Sakit



Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya selalu sehat dan ceria. Bunda pasti senang saat melihat ia begitu tangkas melatih motorik kasarnya. Ayah pasti bahagia melihat si kecil aktif ingin meraih benda di depannya. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri untuk Bunda dan Ayah. Namun, tentu saja ada masanya di mana si kecil sakit. Di waktu inilah peran Ayah diperlukan selain peran Bundanya.

Saat anak sakit tentu ia menjadi sangat rewel. Terkadang Bunda sampai ikut sakit karena kelelahan mengurus si kecil dan rumah tangga. Ayah bisa melakukan hal berikut untuk membantu Bunda dan menyamankan si kecil yang sedang sakit :

1. Gendong bayi dalam gendongan di depan dada Ayah.
Gendongan yang dimaksud ini merupakan gaya  gendongan kanguru, di mana bayi didudukkan di gendongan dengan sabuk pengaman dan tali yang dipasangkan ke bahu ayah. Posisi ini membuat bayi merasa nyaman di dekat Ayah, merasakan hangatnya ada Ayah.

2. Bacakan cerita
Membacakan cerita saat ia sedang sakit membuatnya senang. Itu adalah salah satu hiburan baginya karena aktivitas yang berkurang. Mintalah ia memilih buku dongeng favoritnya dan bacakan terutama saat menjelang tidur.

3. Terjaga di malam hari
Bayi demam atau batuk, biasanya akan rewel dan butuh dipeluk. Di saat inilah ayah dapat bergantian menggendong dengan ibu. Bunda sebaiknya berisitirahat saat si kecil dijaga Ayah. Hal ini untuk menghindari Bunda sakit karena lelah.

4. Buatkan susu botol (ASIP beku ataupun susu formula) tengah malam
Bila si kecil tebiasa diberikan susu botol, baik berisi ASI Perah (ASIP) ataupun susu formula, Ayah bisa membantu membuatkannya saat tengah malam. Jangan lupa untuk mendendangkan lagu lembut untuk membuatnya terlelap kembali.

5. Gantikan popok bayi
Bayi akan menangis saat diapers-nya penuh. Bantulah Bunda mengganti popok bayinya. Saat Ayah mengatakan, "Bunda kembali tidur saja, biar Ayah yang mengganti popok Dede.". Bunda akan merasa senang dan si kecil pun akan kembali nyaman dengan diapers yang kering.
 
Setelah Ayah membantu Bunda, Bunda perlu memberi perhatian lebih pada Ayah. Buatkanlah teh manis hangat supaya Ayah makin sayang pada Bunda. Bekerjasama mengurus anak yang sakit akan menambah rasa cinta Bunda dan Ayah. Dan si kecil akan merasa bahagia, meskipun sakit Bunda dan Ayah selalu sabar memperhatikan dan memenuhi kebutuhannya.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman