SITE STATUS
Jumlah Member :
484.346 member
user online :
1791 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Mengenali Kelahiran Prematur

   

Mengenali Kelahiran Prematur



Menyambut kelahiran buah hati adalah hal yang dinantikan setiap calon orangtua. Tetapi bagaimana bila ternyata bayi lahir sebelum waktunya alias prematur.
Sebagai orangtua Bunda pasti sedih dan sangat sulit untuk menerima kenyataan ini. Tetapi dengan perawatan yang tepat, seorang bayi prematur dapat tumbuh dan berkembang seperti bayi yang dilahirkan normal. Yuk, kenali tentang kelahiran bayi prematur lebih dekat!
Tercatat sekitar 7% bayi lahir prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir kurang dari 37 minggu pada usia kehamilan Bunda. Bayi prematur lahir di saat perkembangan janin belum sempurna, sehingga bayi cenderung mengalami masalah kesehatan.
 
Penyebab
Belum ada penelitian yang pasti apa penyebab lahirnya bayi prematur. Tetapi ada beberapa faktor resiko yang memicu terjadinya kelahiran prematur, sepeti merokok, obesitas, berbagai penyakit; diabetes, hipertensi, infeksi saluran kemih, kondisi rahim yang tidak normal dan pernah melahirkan secara prematur sebelumnya. Aktivitas Bunda dan makanan juga dapat memicu terjadinya kontraksi lebih dini dan berlebihan. Meski begitu, kelahiran prematur bisa saja terjadi meski Bunda menghindari faktor resiko tersebut.
 
Tanda-tanda
Tanda yang paling dapat dikenali adalah adanya pecah ketuban dini. Saat ketuban pecah bayi harus segera dilahirkan karena air ketuban akan segera habis sehingga dapat membahayakan janin. Kalau ini terjadi Bunda harus segera ke Rumah Sakit atau memanggil Bidan terdekat. Tanda lainnya yang bisa muncul, seperti:
-       rasa nyeri di bagian perut bawah seperti saki saat menstruasi
-       adanya tekanan di daerah vagina
-       perdarahan vagina
-       kontraksi yang teratur setiap 10 menit
-       gerakan janin berkurang
-       janin sudah terlihat di jalan lahir.
 
Tindakan
Bila Bunda mengalami tanda lain di luar pecah ketuban dini bisa saja dokter atau bidan hanya menyarankan Bunda untuk bedrest. Atau mungkin Bunda akan diberikan Steroid untuk mematangkan paru-paru bayi.
Bila Bunda harus melahirkan bayi prematur, jangan kuatir! Bayi prematur yang lahir di usia kehamilan 7 bulan atau kurang bisa selamat  meski harus tinggal lebih lama di Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.
Perlu Bunda ketahui bahwa pemberian imunisasi pada bayi prematur tidak sama seperti bayi yang lahir cukup bulan. Konsultasikan dengan dokter spesialis anak tentang hal ini. Pastikan Bunda memberikan Air Susu Ibu (ASI) untuk nutrisi terbaiknya.
 
Tips:
-       Bila Bunda merasakan kontraksi dini, catat setiap kontraksi terjadi, bila semakin cepat waspadalah.
-       Packing persiapan persalinan saat usia kehamilan memasuki 20 minggu. Sehingga bila pecah ketuban dini terjadi Bunda dan suami bisa cepat ke Rumah Sakit.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman