SITE STATUS
Jumlah Member :
496.019 member
user online :
3506 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui

   

Kontrasepsi untuk Ibu Menyusui



Bunda ingin menunda kehamilan pasca melahirkan? Segeralah menggunakan kontrasepsi. Pilih kontrasepsi yang tepat untuk Ibu Menyusui (Busui).

Sekedar informasi, Infobunda pernah membahas tentang kontrasepsi alami bila Bunda memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif.  Tetapi mungkin Bunda masih merasa kuatir ‘kebobolan’ bila hanya mengandalkan KB alami. Untuk Bunda yang ingin menggunakan alat kontrasepsi pasca melahirkan, berikut ulasannya.

Kontrasepsi Hormonal

Ada dua jenis kontrasepsi hormonal, yakni estrogen dan progesteron.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  merekomendasikan sebaiknya Busui tidak menggunakan jenis kontrasepsi hormonal yang mengandung estrogen. Karena hormon estrogen dapat mempengaruhi kualitas dan produksi ASI. Bila Bunda memberikan Asi eksklusif, setidaknya paling sedikit enam bulan Bunda jangan menggunakan kontrasepsi jens ini.

Bagaimana dengan kontrasepsi hormonal yang mengandung progesteron?

Sebelum dilakukan penelitian, banyak pihak yang mengkuatirkan hormon progesteron bisa berdampak negatif pada hati dan ginjal bayi. Namun, setelah dilakukan penelitian, hal itu tidak terbukti. Meski aman, WHO menganjurkan kontrasepsi hormon progesteron ini diberikan setelah enam minggu pasca melahirkan karena pola produksi ASI masih dibentuk dalam enam minggu tersebut. Penggunaan KB hormonal progesteron berdampak pada pola menstruasi. Pola menstruasi bisa menjadi tidak teratur, bisa tidak menstruasi atau hanya flek dalam waktu yang cukup lama.

IUD

KB IUD adalah kontrasepsi Intra Uterine Device (IUD) berbentuk T berbahan plastik yang lentur, dengan tali di ujung bagian bawah. Ujung tali ini dimasukkan dalam rahim untuk mencegah sperma bertemu sel telur sehingga kehamilan tidak akan terjadi. KB jenis IUD ini ada yang mengandung hormon ada yang tidak.

IUD tidak mempengaruhi kualitas dan produksi ASI, untuk itu aman bagi Bunda yang menyusui si kecil. Bukan hanya itu, KB IUD tidak memiliki efek samping yang berlebihan. Beberapa Bunda mengaku merasa mulas tetapi tidak terlalu hebat. Efek samping lainnya seperti timbul flek, dan keputihan. Tetapi itu tidak selalu terjadi.

Nah, Bunda sudah tahu KB jenis apa saja yang aman selama masa menyusui. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter KB jenis mana yang benar-benar cocok untuk Bunda.

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman