SITE STATUS
Jumlah Member :
480.459 member
user online :
1632 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bahan Kosmetik yang Berbahaya pada Kehamilan

   

Bahan Kosmetik yang Berbahaya pada Kehamilan



Menjadi ibu hamil (bumil) bukan berarti tidak bisa tampil cantik. Kalau biasanya Bunda menggunakan beberapa produk kosmetik untuk merawat dan mempercantik diri, kini Bunda harus ekstra hati-hati. Karena beberapa bahan di dalam kosmetik dapat membahayakan janin.

Sebelum menggunakan produk kosmetik pastikan Bunda membaca kandungan di dalamnya terlebih dahulu. Umumnya kandungan yang berbahan dasar aluminium, timah hitam dan metil merkuri dapat terserap pori-pori dan meracuni janin. Sebaiknya urungkan niat bila menemukan bahan-bahan seperti :

1. Salicylic Acid (BHA atau Beta Hydroxy Acid) dan Benzoil Peroksida
Bahan ini biasanya ada pada produk-produk untuk mencegah dan mengobati jerawat dan juga pada obat anti penuaan kulit. Bila Bunda mengonsumsi aspirin dan menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan ini dapat mengakibatkan keguguran dan terjadi komplikasi pada kehamilan.
2. Retinol A
Retinol A merupakan jenis Vitamin A untuk mengobati jerawat dan pengelupasan kulit mati. Dosis yang tinggi dapat mengganggu pertumbuhan janin.
3. Parabens
Parabens marak dipakai pada kosmetik untuk perawatan kulit seperti body lotion. Walau pun belum dibuktikan, beberapa dokter kulit mencurigai Parabens dapat mempengaruhi alat reproduksi janin, khususnya yang berjenis kelamin laki-laki.
4. Phathalates
Bahan ini umumnya ditulis Dibutyl Phathalate (DBP). DBP ini dapat dideteksi bila adanya aroma tertentu yang tercantum pada label kemasan. Bahan ini banyak terdapat dalam produk seperti cat kuku, deodoran, hair spray atau parfum. Sebaiknya pilih produk yang non parfum.
5. Accutane
Pengobatan oral untuk mengobati jerawat biasanya mengandung Accutane. Bila dikonsumsi bumil, bahan ini dapat mengakibatkan keguguran dan membuat bayi lahir cacat serius.
6. Hidrokortison
Krim tropikal paling sering menggunakan bahan ini untuk mengobati jerawat. Dipercaya bahan ini dapat meracuni janin yang berujung pada lahir dalam kondisi cacat.
 
Kini Bunda sudah tahu bahan-bahan kosmetik yang perlu dihindari. Ada pula kiat-kiat yang harus Bunda lakukan untuk tetap sehat dan cantik, adalah :
1.     Utamakan kebersihan. Mandi minimal 2 kali sehari.
2.     Jika kulit terlalu berminyak, gunakan bedak tabur, dan jika kering gunakan bedak padat.
3.     Pilih kosmetik berbahan dasar air dan terdaftar di Depkes/Badan POM.
4.     Hindari segala produk pemutih (pasta gigi, lotion tubuh dan wajah)

Tips:
 -  selalu konsultasikan ke dokter Bunda bila menerima obat, khususnya obat oral. Perlu diketahui obat oral tidak diberikan pada bumil dengan usia kandungan di bawah 16 Minggu.
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman