SITE STATUS
Jumlah Member :
485.621 member
user online :
2024 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenali si Penyakit Lupus

   

Kenali si Penyakit Lupus



Bunda pasti pernah mendengar tentang penyakit Lupus. Penyakit Lupus memang tidak asing di telinga kita, tetapi mungkin kita belum tahu dan mengerti apa sih sebenarnya penyakit itu.

Lupus adalah penyakit sistem imunitas. Bila sistem imunitas biasanya menyerang penyakit, kebalikan dengan orang yang menderita Lupus, sistem inilah yang justru menyerang organ tubuh. Reaksinya bisa dideteksi pada organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, pembuluh darah serta sel-sel darah. Diduga penyakit ini disebabkan sistem imunologi yang berlebihan.
 
Ciri-ciri penderita Lupus dapat dilihat pada warna kulit yang timbul bercak-bercak merah seperti di pipi, hidung, lengan dan bagian lainnya. Gejala lainnya yakni penderita akan terasa panas dan lelah berlebihan. Rambut rontok, persendian bengkak, demam, nyeri sendi dan sariawan juga kerap kali dikeluhkan penderita Lupus.
 
Penyebab, Pencegahan & Pengobatan
 
Penyebab pasti penyakit Lupus belum diketahui. Hanya diketahui faktror pencetusnya saja seperti adanya infeksi. Pemakaian obat-obatan berlebih, terkena paparan sinar matahari langsung, penggunaan pil Kb dan stress juga menjadi faktor pemicunya.

Penyakit ini dapat menyerang setiap lapisan masyarakat. Lupus tidak menular tetapi bersifat genetik yang artinya dapat diturunkan. Dikabarkan wanita dengan rentang usia 15-40 tahun memiliki kecenderungan lebih tinggi terjangkit Lupus dibandingkan laki-laki karena ada dugaan penyakit ini berhubungan dengan hormon estrogen.
 
Untuk mencegah penyakit Lupus disarankan memiliki Lifestyle yang sehat. Diet sehat, tidur cukup dan teratur, serta olahraga rutin. Meski pun belum ada klinis yang membuktikan saran itu benar, tetapi memiliki Lifestyle yang sehat sangatlah penting untuk membuat stamina tetap sehat dan menghindari kelelahan.

Pengobatan penyakit Lupus sampai tuntas rasanya sulit. Tetapi pemberian vitamin herbal atau pun suplemen dapat membantu penderita Lupus dari rasa lelah berlebihan. 
 
Lupus pada ibu hamil
Wanita yang menderita Lupus bukan berarti tidak bisa hamil. Namun, Lupus dapat meningkatkan resiko komplikasi pada kehamilan. Misalnya resiko keguguran dan kelahiran dini.

Resiko pada bayi yakni ukuran bayi yang lebih kecil dari biasanya dan resiko turunnya penyakit Lupus pada bayi.
 
 
Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman