SITE STATUS
Jumlah Member :
489.478 member
user online :
723 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Mengenal Seluk Beluk Kanker

   

Mengenal Seluk Beluk Kanker



Untuk memperingati Hari Kanker yang jatuh tepat tanggal 4 Februari, mari kita mengenal lebih dekat dengan penyakit mematikan ini. Apakah definisi kanker dan apakah sebenarnya kanker itu  sama dengan tumor?

Kanker adalah suatu penyakit yang timbul karena pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Proses penyebaran kanker sangat cepat bahkan bisa dibilang tidak terkendali. Mungkin Bunda sering mendengar setelah pasien dioperasi kanker, beberapa bulan kemudian ternyata kanker ditemukan masih bersarang di tubuhnya. Mengapa demikian?

Ini karena kanker cepat membelah diri dan terus menyusup ke jaringan sekitarnya yang akan menyerang organ-organ serta syaraf tulang belakang.
Kalau orang yang tidak terkena kanker, sel hanya akan membelah diri bila ada sel yang rusak atau mati. berbeda dengan kasus kanker, sel membelah terus menerus sehingga terjadi penumpukan yang disebut tumor ganas.

Kanker Sama dengan Tumor?

Beberapa orang bertanya-tanya apakah tumor sama dengan kanker. Tumor dibagi dua, ada tumor jinak dan tumor ganas. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa tumor jinak adalah tumor yang tidak terlalu berbahaya. Tumor jinak hanya tumbuh dan berkembang saja tidak sampai menyebar ke berbagai jaringan. Sedangkan tumor ganas adalah apa yang kita sebut dengan kanker.

Gejala
Bila kanker timbul di luar tubuh tentunya kita bisa langsung mendeteksinya. Sulitnya bila kanker ternyata tumbuh di dalam tubuh karena umumnya kanker tidak menampakan gejala-gejala khusus di stadium dini. Maka dari itu biasanya pasien penderita kanker mengetahuinya setelah stadium lanjut sehingga sulit diobati.

Kanker Serviks vs Kanker Payudara
Kanker yang paling sering menyerang wanita adalah kanker serviks atau kanker rahim dan kanker payudara. Dari tahun ke tahun jumlah penderita yang meninggal karena kedua kanker ini terus meningkat.
Sebagai upaya pencegahan kanker payudara Bunda bisa melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) sebulan sekali setelah menstruasi. Bila terdapat benjolan segera ke dokter. Sangat dianjurkan melakukan cek rutin setiap tahunnya.
Untuk menghindari kanker serviks lakukanlah papsmear setahun sekali.

Bunda bisa menghubungi beberapa yayasan yang ada di Ibu kota :
Yayasan Kanker Indonesia (YKI)
Jl. Samratulangi No. 33 Menteng
Jakarta Pusat 10230
Telp : 3152606, 3152603, 3920568

Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ)
RSK Dharmais Lt. Basement
Jl Let Jent S.Parman
Kav 84-86 Jakarta 11420
www.pitapink.com
Telp : 56967762

http://www.cancerhelps.com/kanker.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker

Tolong beritahu kami apa pendapat Anda tentang artikel ini


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman